Pentingkah Nomor LOT(LOT Number) Transistor Thosiba, Dll?

Nomor LOT atau LOT Number hangat diperbincangkan dimana-mana di forum audio yang bertebaran. Nomor LOT yang umum dibicarakan tersebut adalah LOT Number Transistor Final THOSIBA 2SC5200 dan complementarynya yaitu 2SA1943, ya karena memang banyak diaplikasikan untuk penguat akhir berbagai power amplifier dari bermacam kelas dan daya. Lalu pentingkah memperhatikan LOT number transistor final terutama Thosiba?

Memahami Apa Itu Nomor LOT Khususnya Lot Transistor Final Thosiba

Nomor LOT Thosiba

Definisi Nomor LOT (Lot number)

Lot Code, Lot Number, dan Batch Number, adalah istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi kelompok atau kumpulan produk yang diproduksi dalam satu proses atau siklus produksi tertentu. Istilah-istilah ini sering digunakan dalam sebuah manufaktur, pengemasan, dan distribusi produk oleh pabrik untuk tujuan pelacakan, pengendalian kualitas, dan manajemen stok. Lot number adalah satu yang sering digunakan, tetapi memiliki istilah lain yang digunakan secara bergantian, namun memiliki maksud yang mirip:

Lot Code:

Ini adalah kode atau angka yang diberikan kepada suatu kelompok produk yang diproduksi atau dikemas dalam satu waktu atau tempat tertentu. Kode ini biasanya unik untuk setiap kelompok dan digunakan untuk melacak produk dalam hal pemeriksaan kualitas, pelacakan masalah yang potensial, atau pengembalian produk jika ada masalah. Hal ini juga digunakan untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa produk.

Lot Number:

Lot Number adalah nomor identifikasi yang diberikan kepada kelompok produk yang dihasilkan dalam satu proses produksi. Hal ini sering digunakan untuk tujuan pelacakan, dan seperti halnya Lot Code, setiap kelompok produk memiliki Lot Number yang berbeda. Lot Number sering kali mencakup informasi tambahan, seperti tanggal produksi atau informasi lain yang relevan.

Batch Number:

Batch Number adalah istilah lain yang digunakan secara serupa dengan Lot Number maupun Lot Code. Ini mengacu pada kelompok produk yang diproduksi dalam satu periode waktu atau dalam satu batch proses produksi. Batch Number juga digunakan untuk melacak produk, mengidentifikasi produk yang mungkin memiliki masalah, atau memastikan konsistensi dari kualitasnya.

Penggunaan Kode Lot, Lot Number dan Batch Number

Kode-kode tersevut digunakan untuk membantu perusahaan untuk memantau produksi dan kualitas produknya, juga untuk memfasilitasi pelacakan jika terjadi masalah atau penarikan produk jika diperlukan. Pemahaman tentang istilah-istilah ini sangat penting dalam dunia industri yang memproduksi produk atau part dalam jumlah besar, seperti makanan, obat-obatan, kosmetik, dan banyak industri manufaktur lainnya termasuk komponen elektronika khususnya Transistor Final.

Tetapi istilah yang paling banyak digunakan di kalangan pengguna transistor Final Amplifier, adalah Nomor Lot atau Lot number dan itu merujuk kepada hal yang sama.

Sebenarnya tidak perlu berbelit-belit untuk menjelaskan ini, tetapi untuk menambah wawasan kita saya rasa juga perlu dijelaskan secara mendetail. Jadi bisa kita jelaskan secara sederhana saja, bahwa nomor LOT adalah kode produksi yang ditambahkan pabrik, yang digunakan untuk membantu suatu saat jika ada masalah dengan siklus produksi tersebut untuk ditarik atau dianalisa kembali. Dengan demikian pabrik akan dengan mudah memantau produknya, sehingga pabrik bisa mempertahankan konsistensi mutu untuk produk-produk dalam siklus produksi selanjutnya.

Jadi Pentingkah Memperhatikan nomor LOT Transistor Final Thosiba?

Jika ditanyakan demikian ya saya rasa penting juga tuh. Sebagai konsumen kita bisa mengenali transistor mana yang dibuat pada siklus produksi tertentu yang memiliki kualitas terbaiknya, atau bahkan terburuknya. Dengan demikian kita juga bisa memilih dan memilah untuk menggunakan atau tidak menggunakan transistor final dengan Lot number tertentu. Jadi sudah jelas ya?

Baca Juga :  Fungsi Equalizer, jenis, kegunaan, dan manfaatnya untuk Sound System

Ya, ini mugkin sama dengan produk cap sayap dengan rangka ngesapnya, bahwa satu produk dengan kode sekian sekian bermasalah pada rangka nganunya sehingga semua unit perlu direcall segera. Dan kemudian dari sisi kita sebagai konsumen bisa membuat keputusan untuk tetap membeli produk tersebut, atau tidak.

Mengidentifikasi kualitas Transistor melihat dari Nomor Lotnya

Sering kali dibahas bahwa transistor thosiba dengan nomor lot sekian adalah yang paling bagus, paling tahan dengan kondisi tertentu. Yang membicarakan demikain tentunya punya dasar atas statemennya. Lalu apa dasarnya? jawabannya adalah penelitian atau pengujian tapi pengujian yang ilmiah bukan hanya main perasaan doang, ya kan?

Bagi saya pribadi tak akan begitu percaya sebelum mengetesnya sendiri, sebab nama baik kadang susah dipulihkan. Ya setidaknya kita tidak terjerumus atau terjebak dengan membeli transistor Thosiba abal-abal, saya rasa itu sudah sangat bagus untuk aplikasi power amplifier kita.

Permainan Penjual

Karena istilah nomor Lot ini viral atau mungkin para penjual yang membuatnya viral, maka sebaiknya hati-hati dengan statement yang tidak valid atau tidak ilmiah. Bahwa nomor LOT sekian sekian adalah transistor final Thosiba yang paling bagus, tahan ini tahan itu bahkan juga tahan malu tanpa bisa membuktikan apa-apa.

Bisa jadi itu hanyalah permainan beberapa oknum penjual saja untuk mengelabuhi kamu, padahal yang dijual adalah produk abal-abal, nah loh. Makanya hati-hati, jangan asal telen informasi yang tak jelas, yakan? Bukannya berprasangka buruk tetapi kita juga perlu hati-hati supaya tidak terjadi peristiwa merugikan dan dirugikan.

Baca juga sob : Pentingnya Nilai Hfe Transistor Untuk Power Amplifier

Ono Rego Ono Rupo

Ada harga ada barang, adalah istilah umum yang merujuk kepada pengertian barang bagus pasti ada harga yang kita bayarkan. Tetapi reputasi penjual atau produsen mungkin yang lebih baik. Kuncinya jangan hanya bermodal katanya, semua perlu dibuktikan sendiri, diuji dan dipahami. Bener nggak lur?

Kesimpulan

Begtulah, saya rasa sudah cukup jelas apa yang sudah saya sampaikan diatas dari awal hingga akhir tentang Lot number trasistor final terutamanya thosiba. Kode Lot juga digunakan oleh produk lain selain transistor dengan maksud dan tujuan yang sama oleh produsen. Hal ini meskipun mungkin ada penggunaan istilah lain seperti Batch Number.

Nomor lot penting bagi produsen untuk keperluan idenifikasi dalam rangka pemantauan produk yang sudah beredar di market. Dan itu mungkin penting juga bagi kita, jika berlangganan sebuah produk tersebut secara berkelanjutan. Ini mungkin bisa dijadikan sebagai satu acuan untuk meningkatkan kinerja dari hasil karya kita, yaitu power amplifier. Karena ini tidak main-main, bahwa transistor daya final amplifier memiliki peranan yang sangat krusial dan menentukan. Selain itu harganya juga mahal sehingga, kita juga perlu cermat untuk mengenali produknya dan memahami nomor Lotnya.

Demikian sobat pembahasan kali inti tentang Pentingkah Nomor LOT(LOT Number) Transistor Thosiba, semoga menjadai secuil tambahan ilmu untuk sobat sekalian. Jika sobat setuju dengan saya atau tak setuju silakan tulis dikolom komentar saja, sebab saya juga tak selalu berkata valid. Kita sama-sama saling belajar dan saling meluruskan, supaya kita bisa maju bersama membangun dunia.

Tags:

Leave a Reply