Skema Pemasangan Modul Mp3 ke Ampli

Skema pemasangan modul mp3 ke amplifier berikut khusus saya buat bagi teman-teman yang masih baru saja di dunia elektronika rakitan yang mau mencoba memasang sendiri modul yang ringkas multifitur tersebut ke amplifier. Selain untuk amplifier, modul mp3 ini banyak ditambahkan ke speaker aktif atau tape compo jadul yang belum memiliki fitur flasdisk maupun bluetooth. Selain murah harganya juga mudah pemasangannya dan ampli menjadi kaya fitur audio modern.

Skema pemasangan modul mp3 bluetooth pada amplifier atau speaker aktif

skema pemasangan modul mp3 ke ampli

PENJELASAN SKEMA :

Sebelum memasang modul mp3 ini ke ampli atau speaker aktif, teman-teman cukup bisa memahami dulu apa itu fungsi power supply, soket RCa, soket ouput L dan R, soket input L dan R.

Hal ini karena modul mp3 ini tentunya membutuhkan tegangan sebesar 12V dari power supply, yang dilengkapi juga dengan jek baik input maupun outputnya.

Fungsi soket yang ada pada modul mp3

Soket Output: terdiri dari 3 pin yaitu LO GND dan RO, LO adalah Output L(kiri) dan RO adalah Output R(kanan). Sementara GND adalah ground yang terhubung dengan negatif power supply.

Soket Input : terdiri dari 3 pin yaitu Lin GND dan Rin , Lin terhubung dengan pin RCA dari Aux input sebelah kiri, dan Rin terhubung dengan RCA Aux input sebelah kanan. Aux ini adalah fitur supaya amplifier tetap bisa terhubung dengan perangkat luar seperti CD palyer atau televisi, dan nantinya bisa dipilih melalui tombol MODE pada modul mp3.

Baca Juga :  Menurunkan Tegangan 20V,25V30V,35V Menjadi 12Volt Untuk Modul USB Bluetooth

Vcc : Vcc adalah tegangan catudaya yang terdiri dari kutub negatif (-) dan positif (+)12V dari power supply.  Teman-teman bisa merakit sendiri power supply yang terdiri dari 1 trafo 1-2A CT 12V, 2 buah dioda silikon penyearah dan 1 buah elco 1000uf/16V sebagai filter. VCC tak harus diperoleh dengan membuat rangkaian power supply sendiri, tetapi bisa juga menggunakan casan HP yang tak dipakai atau bisa juga mengambil dari tegangan amplifier yang digunakan apabila tegangannya sama yaitu 12V.

Jika tegangan catudaya amplifier lebih besar dari 12V, teman teman harus membuat catudaya sendiri untuk modul mp3 atau mengambil tegangan dari amplifier maksimal 25V tetapi dengan cara khusus seperti yang sudah saya terbitkan artikelnya di : Menurunkan Tegangan 20V,25V30V,35V Menjadi 12Volt Untuk Modul USB Bluetooth

Antena : Karena modul mp3 umumnya dilengkapi juga dengan radio FM maka harus ada antena. Tetapi antena ini tak harus panjang jika radio FM jarakna tkda terlalu jauh dari rumah teman-teman, cukup berikan kabel secukupnya saja.

Demikian teman-teman skema pemasangan modul mp3 ke amplifier bagi pemula yang saya rasa cukup jelas dengan beberapa kata panduan supaya lebih mudah dan enjoy. Selamat Mencoba!

Leave a Reply