Kulkas Tidak Dingin, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Jika Anda merasa Kulkas tidak dingin atau freezer juga, maka hal yang perlu diketahui adalah berapa tingkat pendinginan kulkas atau freezer? Kulkas sekitar 5ºC atau freezer sekitar -18ºC atau 0ºF. Tentu sangat menyebalkan jika kulkas yang seharusnya bekerja dengan maksimal, namun nyatanya tidak mampu menjaga makanan agar awet atau tetap beku.

Jika kulkas Anda tidak dingin dan menimbulkan masalah pada makanan yang disimpan, disini kami akan menjelaskan beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebabnya. Banyak faktor, bisa yang dimulai dari satu kesalahan pemakaian hingga adanya kerusakan pada sistem pendinginan. Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan awal terlebih dahulu sebelum mengambil kesimpulan bahwa ada kerusakan.

Kesalahan penggunaan, kabel listrik dan steker/stop kontak

Kulkas tidak dingin

1. Kabel dan Steker

Tentunya kulkas butuh energi listrik agar bisa bekerja. Bagi seorang teknisi, kerusakan kabel atau steker tak perlu dibahas. Tapi kasus ini sering dilupakan oleh awam. Kabel atau steker bisa rusak atau tidak mampu menghantarkan listrik dengan baik karena karat atau aus, jika kabel mungkin putus didalam. Apakah sudah terhubung dengan baik? coba dipastikan dulu.

2. Pengatur suhu belum diatur

Pengatur suhu atau termostat apakah sudah diatur sesuai dengan kebutuhan? Ini tampak sepele, namun terkadang kita lupa untuk mengeceknya.

3. Pintu kulkas tidak rapat

Pintu kulkas yang tidak tertutup rapat akan memasukkan udara lembab atau hangat kedalam kulkas, sehingga memberatkan kerja kulkas sehingga tidak bisa dingin seperti seharusnya. Pertama pastikan pintu kulkas bisa tertutup dengan baik. Pintu kulkas dilengkapi dengan karet tipis elastis yang berfungsi sebagai gasket untuk menahan udara luar untuk bisa masuk. Jika pintu kulkas tidak tertutup dengan benar, maka gasket ini kehilangan fungsinya. Selain itu, gasket tersebut bisa sobek atau rusak sehingga tak bisa bekerja dengan baik. Maka periksa sekalian apakah gasket juga masih baik.

4. Udara dalam kulkas tidak bisa bersirkulasi dengan benar

Kotak makanan bisa menghalangi ventilasi udara didalam kulkas, sehingga udara tidak bisa mengalir dengan benar dan menyebabkan suhu tidak dingin seperti seharusnya. Jangan mengisi kulkas terlalu penuh sesak karena menyebabkan udara tidak bersirkulasi dengan baik.

Bunga es yang tebal didalam freezer juga menyebabkan lubang sirkulasi tertutup, maka akibatnya menghalangi sirkulasi udara. Nah untuk itu periksa bagaimana kondisi freezer, apakah bunga es sudah tebal dan menutup lubang udara? Cara membersihkannya biasanya sudah ada tombolnya didalam kulkas, namun supaya bunga es lebih cepat mencair anda bisa menggunakan kipas angin untuk meniupnya.

Seringlah membersihkan bunga es secara rutin supaya kerja kulkas Anda tetap prima dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

5. Menyimpan Makanan panas dalam kulkas

Menyimpan makanan yang masih panas kedalam kulkas sebaiknya dihindari, ini akan menyebabkan kulkas tidak dingin sesuai dengan hukum dasar fisika. Jika ini sering Anda lakukan maka kulkas akan bekerja lebih keras dari biasanya, maka akibatnya menjadi boros listrik bahkan bisa memperpendek umur kulkas Anda.

6. Ada cacat atau bagian dinding freezer yang pecah

Pabrikan biasanya menyertakan sebuah peringatan bahwa dilarang membersihkan bunga es dengan sendok, pisau, gunting bahkan kayu atau benda-benda lainnya yang bisa melubangi dinding freezer. Jika ini terjadi maka freezer tidak akan bisa mendinginkan dengan baik. Jika sudah terlanjur ada lubang sebaiknya panggil tukang service mungkin mereka tahu cara untuk menambalnya.

Jika 6 masalah diatas bisa dipastikan tidak menjadi persoalan penyebab kulkas tidak dingin, maka bisa dipastikan ada masalah tertentu pada sistem pendingin kulkas.

Baca juga : Cara Merawat Kulkas Bengan baik dan Benar Sehingga Efektif dan Awet

Masalah pada sistem pendingin kulkas

freonImage source: flickr

Kompresor/freon habis

Freon adalah merk dagang dari zat refrigerant yaitu kimia yang bisa menguap menjadi gas, memiliki titik didih rendah. Refrigerator ini ditempatkan didalam tabung yang bernama kompresor. Dalam kulkas refrigerant berfungsi untuk menyerap panas udara yang melewati evaporator sehingga udara yang keluar menjadi dingin. Zat refrigeran didalam kompressor ini tidak berubah unsur kimianya, namun bisa hilang atau berkurang yang disebabkan oleh kebocoran pipa instalasi sistem pendingin kulkas. Karena berfungsi sebagai pendingin kulkas, maka akibatnya jika refrigerant berkurang maka kulkas menjadi tidak dingin lagi.

Lihat Juga :  Untung dan Ruginya AC Portabel

Anda mungkin tidak bisa mengisi refrigerant kedalam kompresor sendiri, ini butuh keahlian dan alat tertentu dan berisiko karena jika terhirup bisa menyebabkan keracunan. Tapi Anda bisa mengetahui jika freon sudah berkurang atau habis kemudian hanya tinggal memanggil tukang service untuk meminta mengisi kompressornya lagi dengan refrigerant.

Cara mengetahui jika freon sudah habis adalah dengan mendekatkan telapak tangan kedepan grill yang ada dibelakang kulkas bawah. Dari situlah udara panas yang diserap freon dibuang dari evaporator menggunakan kipas. Jika udara yang bertiup terasa panas berarti freon masih ada, tapi jika hanya terasa hangat biasa saja maka bisa diduga freon sudah menipis dan perlu diisi.

Koil kondensor kotor

Koil kondensor membawa gas panas yang dihasilkan oleh koil kompresor ke koil evaporator. Saat refrigeran mengalir melalui koil dengan tekanan tinggi, maka refrigeran akan dingin dan berubah menjadi cairan. Kondensor yang tersumbat bisa menyebabkan sirkulasi udara terhambat, sehingga mengurangi kemampuan kulka untuk tetap dingin.

Koil kondensor terletak di bagian bawah kulkas bagian belakang, yang mengarah dari kompresor dan menuju freezer. Jika koil tersumbat, mungkin perlu dibersihkan. Putuskan listrik sebelum memulai, bersihkan menggunakan sikat gelung untuk mengeluarkan debu yang telah menumpuk disana. Kemudian Anda bisa menyedot debu dan pasang kembali.

Kipas Kondensor kotor /motor rusak

Kipas kondensor bekerja mendinginkan kompresor dan koil kondensor. Kipas ini harus bekerja ketika kompresor bekerja. Jika kipas kondensor tidak berfungsi dengan baik, maka suhu kulkas bisa naik dan kompresor bisa menjadi terlalu panas.

Kipas kondensor terletak di bawah kompresor dan koil kondensor. Tapi untuk lemari es dengan koil kondensor di belakang biasanya tidak memiliki kipas.

Pertama pastikan kipas kondensor ini bisa berputar dengan bebas atau tidak terhalang oleh benda apa pun. Bisa saja debu atau benda lain menghalangi kipas atau motor. Jika tidak penghalang dan kipas tidak bisa berputar, mungkin perlu mengganti motor kipas kondensor.

Kipas Evaporator Terganggu/ motor rusak

Kipas evaporator adalah kipas yang meniupkan udara dingin yang bisa Anda rasakan ketika membuka pintu kulkas. Kipas ini menarik udara melintasi kumparan evaporator yang mendinginkannya, dan kemudian meniupkan udara ke freezer dan kulkas. Jika kipas evaporator tidak bekerja atau menendang ketika kompresor menyala, maka kulkas tidak menghasilkan udara dingin.

Kipas evaporator terletak di belakang dinding kulkas. Anda harus mengosongkan isi freezer  dan rak sebelum bisa menjangkaunya. Jika kipas terlihat tidak berfungsi, Anda mungkin perlu mengganti motor kipas

Damper Udara tidak bekerja

Damper atau peredam udara bekerja mengontrol seberapa banyak udara dingin dibagi dari freezer ke dalam kulkas. Jika damper udara tidak bisa lagi menutup atau membuka, maka bisa berdampak pada suhu lemari es tapi suhu freezer tetap normal.Jika damper udara tidak bisa terbuka,maka  udara dingin tidak bisa berpindah dari freezer ke kompartemen kulkas sehingga tidak dingin

Damper udara ini terletak di antara kompartemen makanan segar dan freezer.

Baca juga : 10 Tips Membeli Kulkas Baru Agar Mendapatkan yang Terbaik

Kulkas Baru

Jika Kukas Anda masih baru saja datang dari toko, tapi tidak dingin Anda mungkin butuh mengetesnya. Coba periksa pengaturan suhu kulkas yang masih baru karena biasanya masih beroperasi pada suhu yang tinggi/kurang dingin untuk beberapa lama pemakaian. Coba test dulu dengan pengaturan suhu maksimal untuk kulkas baru, nanti akan ketahuan seberapa baik kualitas kulkas baru Anda.

Demikian penyebab kulkas tidak dingin, yang bisa dimulai dari cara pengguaan, kabel listrik, steker atau stop kontak hingga kemungkinan kerusakan pada komponen sistem pendinginan.

Leave a Reply