Untuk Apa Sih Box Speaker, Untuk Menambah Suara Bass?

Apa gunanya Box Speaker untuk Menambah Suara Bass? Ini pertanyaan iseng tetapi kadang ada saja yang bertanya begitu. Secara pemahaman awam, speaker sekedar untuk meningkatkan suara bass dan ada juga yang mengatakan supaya speaker/drivernya aman karena ada wadahnya atau mengatakan untuk keduanya. Itu betul, tidak salah karena setelah driver ditempatkan kedalam boxnya maka suara nada bassnya lebih besar karena beresonansi dan juga lebih aman karena conus atau daun speaker rentan rusak jika terbentur atau terkena benda cair.

Tapi jika ada yang bertanya apakah box speaker bisa meningkatkan suara bass berkali-kali sehingga mampu merontokkan genteng? Tak perlu dijawab, sebaiknya mari kita-baca baca dulu saja.

Box Speaker Itu Bukan Untuk Menambah Bass?

Box speaker bisa nambah bass

Tujuan perancangan box speaker

Boleh suara bass yang “horeg” , tapi kalau untuk merontokkan genteng itu ya butuh buldozer atau beghou 😀

Bukan seperti itu karena tujuan dari desain suatu box speaker adalah disesuaikan dengan kebutuhan, terutama yang berkaitan dengan frekwensi range dari speaker itu untuk jenis speaker apa misalnya sebagai mid-bass, mid-low, mid-hi atau subwoofer.

Fungsi yang diharapkan selanjutnya adala jangkauan/luasan jangkauan pendengar , misalnya diinginkan sebuah speaker bisa menjangkau lokasi yang lebih jauh baik itu untuk jenis subwoofer, mid-low, atau mid-hi.

Kemudian bagaimana speaker itu memiliki karakteristik khusus misalnya bass yang lebih rendah yaitu pada subwoofer. Lihat juga Skema Box Speaker Hog Scoop 18 Inch Untuk Subwoofer Lapangan

Atau speaker memiliki karakteristik hentakan yang kuat yaitu pada jenis speaker mid-low atau kick-bass(ini mengacu kepada suara snare drum, bass drum, tom-tom drum, kendang dst). Lihat juga : Skema Box Speaker Midlow, Cubo Kick 15 Inch Untuk Lapangan

Satu lagi yaitu speaker yang menyangkut semua range frekwensi audio yaitu box jenis mid-bass, jadi bassnya ada, mid-nya ada dan hi-nya ada. Jenis speaker ini menggunakan crossover pasive yang juga memiliki jalur distribusi 2-way atau 3-way tetapi sudah built-in dengan box-nya. Lihat juga : Skema Desain Box Speaker Mid-Bass 12 Inch 2 Way 

Untuk itulah bagaimana box speaker itu dirancang untuk satu kebutuhan audio. Perancangan lain termasuk bagaimana supaya box speaker bisa diangkut dengan mudah, bisa melindungi speaker, juga enak dipandang.

Untuk jenis speaker nyaring yaitu jenis mid-hi, soal box umumnya dibuat bagaimana suara bisa lebih jauh dengan desain tertentu. Lihat juga : Skema Desain Box Speaker Mid-hi type Horn Loaded 

Lalu bagaimana dengan suara bass yang menggelegar bahkan bisa memecahkan kaca? katanya sound brewog bisa ya? bahkan merontokkan genteng jenis kluntung 😀 . Ya saya percaya bisa jika sebuah sub-woofer memiliki daya yang sedemikian besarnya hingga mendekati bahkan menyamai supersonic.

Lihat Juga :  Skema & Layout Efek Gitar Distorsi, Sederhana Tapi Ampuh Era 70-an

Jadi soal hal yang merontokkan genteng memecahkan kaca, adalah berkaitan dengan daya atau kekuatan dari power amplifiernya sedangkan box speaker yang tepat hanya untuk mengakomodasinya saja. Apalah gunanya juga power dengan daya yang besar akan tetapi speaker tidak mampu mendukungnya? Nggak bisa juga kan?

Juga sebaliknya, misalnya daya dari power amplifier yang terbatas lalu diberikan box speaker yang konon terbaik itu tidak serta merta membuat amplifier tersebut menjadi glerr…. hanya gara-gara box speaker. Hal ini karena dalam dunia listrik tidak ada hal yang namanya MAGIC, semua ada logikanya ada hitung-hitungannya.

Fungsi  utama dari box speaker

Kegunaan utama dari box speaker adalah untuk mencegah gelombang suara yang dihasilkan oleh membran bagian belakang driver speaker yang terbuka berinteraksi dengan gelombang suara yang dihasilkan oleh bagian depan dari membran driver speaker. Karena suara yang dihasilkan dari maju dan mundur berada di luar fase satu sama lain, interaksi apa pun antara keduanya di ruang dengar akan menciptakan distorsi sinyal asli seperti yang dimaksudkan untuk direproduksi.

Oleh karena itu driver atau loudspeaker tidak dapat digunakan tanpa memasangnya di beberapa jenis box speaker yang ada. Selain itu, karena gelombang suara akan menempuh jalur yang berbeda melalui ruang pendengaran maka gelombang suara di speaker yang tidak terpasang pada box akan tiba di posisi pendengar pada waktu yang sedikit berbeda, yang bisa menimbulkan gema dimana itu yang bukan bagian dari suara aslinya.

Box speaker juga berperan dalam mengelola getaran yang disebabkan oleh driver dan massa udara yang bergerak di dalam box speaker, serta panas yang dihasilkan oleh koil driver. Ini khususnya untuk woofer dan subwoofer.

Selain daripada itu, box speaker juga bisa dirancang sehingga meningkatkan gain suara bass menjadi lebih besar akan tetapi itu bukan suara aslinya. Ada penikmat audio yang menyukai karakter box seperti ini ada juga yang tidak menyukainya. Contoh, cobalah praktek sebuah driver diletakkan pada drum/tong kosong. Dijamin suaranya lebih besar karena efek gema atau sustainnya akan tetapi ini bukan suara yang asli sehingga mungkin tidak enak untuk didengar meskipun lebih besar suaranya daripada jika pakai box speaker umumnya.

Nah sekian artikel entermeso dari saya kali ini yang mungkin Kamu juga perlu tahu, atau ada pendapat lain?

Leave a Reply