Cara Memasang Filter Subwoofer Pada Amplifier Rakitan

Filter Subwoofer adalah rangkaian yang disebut juga sebagai Low Pass Filter, yang artinya berfungsi untuk menyaring nada rendah. Jadi jika pada asesoris ditambahkan Filter subwoofer ini maka yang akan keluar dari speaker hanyalah nada rendah atau nada bass dengan frekwensi 30Hz – 160Hz. Nada ini yang bisa membuat audio menjadi terdengar mantab, bassnya terasa sampai dada dug glerr.

Pada dasarnya penggunaan Filter subwoofer ini mirip seperti crossover passive, hanya saja tanpa HPF atau filter nada tinggi karena memang khusus untuk diaplikasikan teruntuk subwoofer aktif misalnya pada audio 2.1. Jadi mari kita bahas lebih jauh aplikasinya supaya tidak salah penerapannya nanti sehingga hasilnya bisa mempermanis audio Anda. Baca juga : Skema Box Subwoofer 12 Inch Rumahan Bass Paling Mantab

Cara Memasang Filter Subwoofer

Ada macam-macam produk kit filter subwoofer ini yang dijual dipasaran, ada yang 1 potensio, 2 potensio atau 3 potensio semua bisa dipilih berdasarkan kebutuhan Anda.

1. Kit Filter Subwoofer 1 potensio :

Potensio satu-satunya ini hanya berfungsi sebagai gain atau volume, sementara range/tingkat frekwensi sudah tidak bisa diotak-atik lagi alias sudah menjadi bawaan.

kit filter subwoofer 1pot

2. Kit Filter Subwoofer 2 potensio:

Potensio yang satu berfungsi sebagai gain, dan potensio satunya lagi sebagai pengatur frekwensi – jadi bisa diatur seberapa dalam bassnya nanti.

cara pasang filter subwoofer 2pot

3. Kit Filter Subwoofer 3 potensio :

Ini adalah model Kit Filter subwoofer yang paling lengkap dan praktis yang cocok untuk diaplikasikan untuk merakit hifi audio 2.1.

Pada kit subwoofer 3 potensio ini ada 2 line output yaitu :

  1.  line output nada rendah(jalur ke subwoofer)
  2. line output ke speaker aktif atau speaker satelite.

Potensio pertama berfungsi sebagai gain/volume bass, potensio kedua berungsi sebagai pengatur frekwensi nada rendah/bass, lalu potensio yang ketiga berfungsi sebagai volume total yang mempengaruhi keduanya yaitu subwoofer maupun speaker aktif/speaker satelit.

Sebagai contoh : Jika Kamu sudah memiliki speaker aktif sebelumnya, maka Kamu bisa menggunakan filter subwoofer 3 potensio ini lalu menambahkan power amplifier mono dan speaker subwoofer. Maka jadilah audio 2.1 yang praktis.

Subwoofer filter untuk audio 2.1

Mana yang akan saya pilih?

Kit filter subwoofer yang nomor 1 atau nomor 2 diatas, adalah model kit yang bisa Anda pilih jika Anda hanya ingin membangun sebuah speaker subwoofer aktif misalnya untuk ditambahkan di audio mobil atau melengkapi speaker aktif yang sudah ada(sistem audio 2.1).

Sementara pilihan mana, kit yang satu potensio atau dua potensio adalah masalah selera saja.  Kedua model kit tersebut bisa juga Anda tambahkan pada amplifier biasa mono/stereo(audio 2.0) untuk menyuntikkan bass sehingga bass lebih mantab daripada biasanya.

Lihat Juga :  Box Speaker Mini Scoop: Skema dan Cara Membuatnya

Khusus untuk kit model no 3 ini sudah lengkap jika ingin merakit audio 2.1, jadi Anda hanya tinggal menyediakan amplifier untuk subwoofer dan amplifier untuk speaker satelit – bisa juga memakai speaker aktif yang sudah anda miliki sebagai ganti speaker satelite.

Cara Pemasangan kit subwoofer filter 1 potensio/2 potensio dengan tambahan Tone control

Kit subwoofer filter 1 potensio atau 2 potensio sama saja jalur input dan outputnya sehingga cara aplikasinya-pun sama. Cara pasang filter subwoofer seperti ini adalah dengan menyuntikkan nada rendah sehingga bass pada audio stereo biasa atau 2.0 menjadi lebih mantab. Cara ini umum diterapkan pada speaker aktif.

Cara memasang filter subwoofer

Cara pasang Filter subwoofer tanpa tambahan tone control

Audio Tanpa tone control umum sekarang sebab sudah banyak yang memutar audio hanya dari smartphone atau komputer karena sudah dilengkapi dengan equalizer. Jika ingin bass lebih mantab, maka bisa menyuntikkan nada rendah dengan memanfaatkan kit filter subwoofer ini. Berikut skemanya :

cara pasang filter subwoofer tanpa tone control 2

Cara pasang Filter subwoofer untuk merakit audio 2.1

Cara memasang subwoofer filter pada audio 2.0 seperti diatas mungkin masih banyak kelemahannya sebab sangat susah bagi speaker untuk bisa mengakomodasi seluruh nada dengan baik. Maka jika Anda ingin audio lebih detail dan lebih mantab lagi bassnya tentu audio 2.1 lebih baik. Merakit audio 2.1 atau multimedia active speaker tidaklah begitu sulit dengan memanfaatkan kit yang banyak dijual ditoko, bisa mencoba skema dibawah ini :

Cara memasang filter subwoofer untuk audio 2.1

Baca juga : Skema Dan Ukuran Box Subwoofer Audio Mobil 12 Inch Single General

Dari cara-cara memasang filter subwoofer pada diagram diatas selalu ada resistor pada jalur in/outnya. Mengapa? Tujuan memasang resistor disini adalah supaya tidak saling bentrok/saling mempengaruhi terutama pada volume potensio, sehingga tidak mengganggu satu sama lain sehingga suara tetap utuh dan normal. Bisa juga Anda ganti-ganti nilai resistor dengan yang lebih tinggi atau rendah untuk menemukan setelan yang pas.

Dijamin makin mantap bassnya. Rata rata speaker aktif yang banyak dijual dipasaran menggunakan cara menyuntikkan bass seperti pada gambar diagram pertama, sehingga suara bass rata-rata terdengar lebih dalam dan besar.

Jika ingin praktis membuat audio 2.1 dan Anda ingin repot-repot merangkai dan sudah memiliki speaker aktif nganggur, maka bisa menggunakan modul kit subwoofer filter 3 potensio yang sudah saya jelaskan diatas.

Demikianlah cara-cara memasang filter subwoofer untuk audio stereo umumnya atau 2.0 dan audio 2.1. Semoga bisa menjelaskan pertanyaan Anda. Selamat berkreasi!

Tags:

7 Comments

  1. aud Juni 2, 2020
    • Supri Juni 2, 2020
  2. reza valiano Februari 26, 2020
    • Supri Mei 10, 2020
  3. Singgih Nurwantoro Desember 16, 2019
    • Supri Desember 16, 2019
      • Singgih Nurwantoro Desember 17, 2019

Leave a Reply