Tanda-tanda Aki Mobil Yang Sudah Mau Soak dan Perlu Diganti

Suda saya jelaskan sebelumnya bahwa aki memiliki 3 siklus dalam hidupnya yang disebut dengan Calendar Live. Tidak perlu saya jelaskan lagi, karena Anda bisa mengunjungi link ini jika ingin membacanya dan mengetahui secara detail; dan disini saya hanya menjelaskan siklus yang ke tiga yaitu masa Decline atau Penurunan dimana dalam masa ini aki harus lebih diperhatikan bahkan kalau perlu diganti dengan yang baru.

Kita tentu tahu bahwa aki adalah komponen vital yang memberikan kehidupan awal pada mesin mobil. Tanpa aki, mobil Anda tidak bisa dihidupkan kecuali didorong dulu. Tentu Anda tak menginginkan hal ini terjadi karena pasti akan menyusahkan terutama jika terjadi di tengah perjalanan.

Nah supaya aki anda tidak mati mendadak, maka Anda wajib tahu saat yang tepat bagi Anda untuk mengganti aki atau memperbaikinya jika masih memungkinkan.

Berikut Tanda-tanda Umum ketika AKi mobil sudah tiba saatnya untuk diganti

Tanda Aki mau Soak dan Harus Diganti

IMAGE SOURCE: Flickr

Tak semua dari tanda-tanda berikut menunjukkan bahwa baterai harus diganti, karena bisa saja hanya karena ada sedikit masalah perawatan yang kurang bagus; misalnya banyak korosi pada terminal aki atau aki sedan kekurangan cairan. Sebaiknya periksa dulu, tapi apabila Anda merasa telah memberikan yang terbaik untuk perawatan aki Anda. maka gejala berikut bisa jadi merupakan pertanda jika Aki mobil Anda memang sudah masuk fase decline dan harus segera diganti dengan yang baru atau direkondisi.

Tanda#1 Lebih lama distart daripada biasanya

Hal yang paling Anda rasakan ketika Aki sudah mau mati atau tak mau lagi menghidupkan motor starter, adalah penurunan kinerja – dimana mobil Anda agak lambat merespon untuk menyala ketika kontak distart. Motor starter adalah komponen mobil yang sangat banyak membutuhkan arus dari aki agar bisa memutar poros engkol untuk menghidupkan siklus hidup mesin.

Meskipun hal ini bisa juga disebabkan oleh masalah pada motor strater atau relainya, namun sebagian besar ini disebabkan oleh ampere atau arus aki yang sudah mulai berkurang. Aki mobil Anda mungkin masih bagus untuk menyalakan lampu atau audio, namun penurunan ampere walaupun sedikit akan mempengaruhi kinerja starter.

Tanda#2 Lampu Indikator Mesin Menyala

Lampu indikator mesin yang ada didashboard adalah pertanda yang bisa Anda lihat termasuk ketika ada masalah dengan baterai mobil. Daya aki yang sudah lemah akan menyalakan lampu indikator mesin ini. Ini bisa jadi sinyal untuk Anda agar segera memeriksa arus aki mobil Anda untuk melihat apakah memang benar-benar ada penurunan daya baterai.

Namun mobil keluaran baru mungkin sudah banyak yang dilengkapi dengan lampu indikator khusus untuk memperingatkan jika baterai sedang tidak sehat atau sudah masuk usia harus diganti.

Lihat Juga :  Contoh membuat table bag. 2

Tanda#3 Umur

Dengan perawatan yang bagus, aki bisa berumur hingga 5 tahun atau sesuai dengan Celendar Lifenya. Jika Anda merasa sudah menggunakan aki Anda selama itu, maka tiba saatnya bagi Anda untuk segera mencari penggantinya sebelum aki tiba-tiba mati ditengah perjalanan.

Tanda#4 Ada masalah dengan komponen listrik

Jika aki mobil sudah mengalami penurunan, biasanya ada masalah dengan beberapa fungsi yang membutuhkan tenaga dari baterai yang cukup besar. Misalnya lampu head yang sudah berkurang penerangannya, lampu wiper yang lebih lambat dari biasanya, atau central lock yang terkadang macet terkadang bisa. Lampu sein dan klakson juga biasanya terpengaruh sehingga mungkin kedipnya lebih lambat untuk sein dan bunyinya yang kurang kuat seperti biasanya.

Tanda#5 Baterai Kembung

Tak hanya baterai handphone saja yang kembung apabila sudah mau mati. Aki mobil juga sama, bisa bengkak yang disebabkan oleh suhu yang tinggi dan merupakan indikator fisik yang paling bisa dilihat jika baterai harus segera diganti sebelum mati tiba-tiba.

Tanda#6 Aki Mengeluarkan Bau Belerang

Bau menyengat mirip belerang dari aki mobil adalah pertanda adanya kebocoran zat asam yang ada didalamnya. Kebocoran ini bisa mempengaruhi logam yang ada disekitar baterai dan membuatnya berkarat dan bisa merusaknya jika tak segera ditangani. JIka Aki Anda masih memiliki fungsi yang baik dan umurnya masih baru, maka hal ini bisa diatasi oleh ahli aki sebelum bisa digunakan lagi. JIka tak segera ditangani maka suatu saat bisa secara tiba-tiba aki mogok dan tak kuat untuk menstart mesin.

Tanda#7 Anda Sudah Mulai Membutuhkan Jumper Untuk Menghidupkan Mobil Anda

Tanda terakhir dan paling kelihatan adalah Anda beberapa kali harus menjamper Aki untuk menghidupkan mobil Anda.  Mungkin ketika mobil Anda 1 minggu tak dipakai, kemudian ketika mau dipakai Anda tak bisa menstarternya kecuali harus meminjam aki lain atau mencharge-nya terlebih dulu.

Ingat, jangan sering-sering menjamper mobil Anda dengan aki lain karena ini berisiko merusak komponen kelistrikan mobil Anda yang lebih sensitif, misalnya sistem injeksi bahan bakar atau EFI. Untuk itu Anda harus segera mengganti aki Anda sebelum kerusakan mobil Anda yang jauh lebih besar kerugiannya daripada jika dibandingkan dengan menggeluarkan uang untuk membeli aki baru benar-benar terjadi.

Aki mobil Adalah komponen vital, dan sangat perlu untuk dirawat agar tidak mudah rusak sebelum saatnya tiba masa umur pakainya. JIka Anda menemui 1 dari ke 7 tanda diatas atau semuanya, mungkin Anda harus segera menggantinya agar jangan sampai merepotkan terutama ketika ditengah perjalanan Anda berkendaraan.

Iklan

Satu pemikiran “Tanda-tanda Aki Mobil Yang Sudah Mau Soak dan Perlu Diganti

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *