Cara Efektif Mengatasi Berbagai Masalah Pengecasan(charging) HP Android

Masalah pengecasan pada handphone android segala merk segala type(lenovo, xiaomi, oppo, vivo, evercoss, samsung, asus, polytron, advan, dll) bahkan i-phone juga termasuk; pengecasan terlalu lama, dicas berjam-jam tapi masih belum mengisi, hanya bisa dicas saat dimatikan, dicas malah baterai berkurang bukannya nambah, hingga tidak bisa dicas samasekali. Ini adalah masalah umum men-charge baterai smartphone yang hampir semua pengguna pernah mengalaminya. Jangan panik dan menuduh yang bukan-bukan terhadap smartphone kamu karena umum juga ternyata masalahnya cuma sepele. Tak perlu membawa ke tukang servis dulu sebelum melakukan beberapa langkah mudah dibawah!

Berikut langkah demi langkah mengatasi permasalahan handphone Android segala merk yang susah dicas, dicas tapi tidak mengisi hingga tidak bisa dicas samasekali.

mengatasi hp lama ngecas

Diagnosa masalah pengecasan pada handphone android harus dimulai dari yang paling sederhana dulu agar tidak menambah biaya perbaikan yang lebih mahal karena salah diagnosa.

1. Masalah Kabel MICRO USB

hp dicas tidak bisa penuh

Kabel MICRO-USB charger hp android tampaknya sepele, mana mungkin kabel sih begitu pendapat kebanyakan orang. Kabel ini sangat penting karena ini adalah jalur penghantar yang mentransfer energi ke handphone kamu. Kabel yang buruk tentu tidak akan akan mampu menghantarkan arus secara optimal.

Dalam memeriksa masalah peralatan listrik, hal paling mendasar adalah memeriksa arus dan tegangan. Ampere dan tegangan yang dibawah standar tidak akan bisa mentransfer pengecasan dengan optimal. Kabel yang buruk bisa mengurangi arus dan tegangan yang disarankan supaya bisa mengecas baterai dengan baik.

Kabel yang cacat sering tidak bisa dideteksi dengan mata biasa, tapi bisa diperiksa dengan ampere-meter atau volt-meter. Misalnya arus dari adapter 1000mA tapi setelah diperiksa diujung kabel ternyata cuma 300mA, ini bisa menjadi masalah dalam pengecasan. Kabel MICRO-USB yang sering ditekuk, terinjak, dll meningkatkan potensi kerusakannya.

Dalam kasus kabel MICRO-USB, masalah penghambat arus bukan hanya pada kabelnya tapi juga pada ujung konektor micro-usb nya, tapi konektor inikan sifatnya paten jadi tak bisa diperbaiki. Jadi cobalah cek kabel micro USB menggunakan multitester, kalau kamu tak paham soal itu bisa pinjam kabel casan teman yang bisa dipakai olehnya. Pinjam Ini cara yang lebih mudah.

Tapi ingat, pakai kabel orisinil. Kenapa? karena kabel orisinil dibuat dengan perhitungan listrik yang matang sesuai perangkat kamu.

Belum beres? lanjut cara diagnosa selanjutnya

2. Kamu menggunakan perangkat yang lemah

Apa yang saya maksud? Misalnya yaitu kamu menggunakan casan yang tidak sesuai dengan spesifikasi HP kamu, misalnya menggunakan cas dari komputer/laptop dll. Misalnya saja HP kamu dilengkapi baterai 5000mA tapi kapasitas perangkat pengecasan kamu cuma 1000mA, mungkin masih mengisi (tanda petir pengisian berjalan) tapi baterai tidak penuh dalam jangka waktu yang lama, atau malah isi tegangan baterai malah menurun.

Jadi pastikan kamu menggunakan perangkat charging yang sesuai. Hindari juga casan non-ori, Bukan hanya bisa kurang kapasitasnya atau malah melebihi kapasitas sehingga justru merusak baterai bahkan hp kamu. Casan non-ori yang tidak dijamin kualitasnya bisa saja dibuat asal-asalan sehingga tanpa filter tegangan yang benar, ini dapat merusak komponen dan chips smartphone. Coba gunakan casan yang seharusnya.

3. Adapter/Casan(charger) sudah tua dan melemah

Masalah charger rusak tidak bisa mengisi

Charger bekerja mengolah tegangan sumber (jala-jala) supaya seusai untuk mengecas baterai handphone. Tegangan keluaran adapter sudah disesuaikan dengan perangkat kamu, ya umumnya tegangan keluaran adalah sekitar 5V tapi amperenya bisa berbeda-beda sesuai kapasitas baterai hpnya. Jika adapter ini sudah lemah, maka arus yang keluar bisa dibawah dari standar pengecasan sehingga mengecas menjadi lebih lama bahkan tidak mengisi samasekali. Waktu pengisian normal sekitar 2 jam dari 0 sampai penuh.

Alat cas-casan atau adapter ini bisa mengalami kerusakan karena pemakaian yaitu menurunnya kuat arus atau tegangan akibat komponen yang melemah, atau PORT MICRO-USB mulai longgar sehingga menghambat arus atau ada solderan dikaki USB yang retak karena sering ditekan dsb. Ingat, jangan gunakan casan non-ori.

Cobalah pinjam casan yang normal, atau perangkat casan lain yang arusnya sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Belum beres? lanjut

4. Baterai HP Android kamu sudah soak

Baterai susah dicas

Baterai ini perlu dicurigai jika umurnya sudah lama yang kira-kira sudah lebih dari sekian ribu pengecasan. Gejala umumnya susah dicas, atau cepat sekali habis padahal sudah dicas sampai penuh. Tapi coba dulu bersihkan 3 terminal baterai yang terhubung dengan terminal baterai handphone(jika baterai lepasan) dengan alkohol dan kapas sampai bersih lalu coba kembali.

Jika HP pakai baterai tanam, ya tentu tidak bisa ngapa-ngapain untuk memeriksa baterai sehingga jika cepat drop setelah diisi penuh maka kemungkinan besar baterai rusak karena tidak ada kemungkinan koneksi arus terhalang oleh kotoran/karat..

Coba dicas pakai cas protable/cas duduk apakah baterai bisa mengisi atau tidak.

Tapi boros baterai bisa saja disebabkan oleh penggunaan aplikasi yang berlebihan, sehingga memaksa prosesor bekerja keras sehingga penggunaan baterai menjadi terlalu tinggi. Coba bersihkan dulu cache handphone, atau nonaktifkan sementara semua aplikasi pihak ketiga(bukan system). Banyak aplikasi diplaystore utk manajemen baterai atau membersihkan cache/sampah. Ada baiknya dicoba dulu.

Jika ke-3 langkah diatas sudah dipastikan tidak ada masalah, maka berikutnya mari kita lanjut untuk langkah yang sedikit naik tingkatnya yaitu memeriksa handphone.

 

5. Port MICRO-USB Handphone Bermasalah

Ini adalah masalah paling umum, yaitu kinerja konektor PORT MICRO-USB HandPhone yang mulai menurun. Penurunan kinerja PORT MICRO-USB ini bisa karena kotor, ngefong/longgar, sampai rusak sama sekali misalnya pecah atau patah. Jika port ini rusak tentu tidak akan bisa melakukan pengecasan samasekali, jadi dari awal pasti sudah diketahui.

Yang kita bahas adalah konektor/PORT MICRO-USB kotor dan ngefong. PORT MICRO-USB yang kotor ataupun ngefong ini akan menurunkan arus pengisian dari charger sehingga pengisian menjadi lebih lama bahkan sampai semalaman charging, baterai nggak penuh-penuh.

Cara memeriksanya bagaimana? kamu bisa menggunakan multimeter digital jika HP tidak menggunakan baterai tanam melalui pin – dan + di terminal baterai, periksa dari situ yang sebelumnya. Pastikan tegangan antara keluaran charger yaitu 5V tidak jauh beda, misalnya 4.5V berarti masalah tidak berasal dari port micro-USB. Lain halnya misalnya tegangan ternyata tersisa 3V kebawah, berarti ada masalah dengan konektor micro-USBnya.

Lihat Juga :  Cara Mengatasi HP Android OPPO Error "Maaf, Launcher Telah Berhenti"

Jika baterai tanam gimana? Bisa dites menggunakan alat pengukur amper pengisian HP tapi alat ini hanya dimiliki oleh tukang servis saja biasanya. Untuk awam coba saja menggunakan aplikasi free di-playstore yang namanya “Ampere” coba cari dengan kata kunci ampere diplaystore. Instal dan jalankan, arus optimal pengisian biasanya 350mA-900mA, jika dibawah itu misalnya cuma 100mA, maka bisa dibilang ada masalah diport konektor.

Cara perbaikan konektor(port micro-USB) HP awal

Cara ini adalah cara yang masih bisa dilakukan oleh umum atau non-teknisi. Coba bersihkan lubang port/konektor yang dipermukaan pelat tipis yang berada didalam, disitu adalah terminal yang berupa pin kuningan berjejer yang menghubungkan konektor kabel dengan port usb HP.

Buat alat dari batang lidi atau tusuk gigi yang dipipihkan(asal bisa masuk kedalam permukaan konektor yang sangat sempit itu, lalu ujungnya di kasih sedikit kain atau kapas. Celupkan ujungnya dengan alkohol, kemudian gosokan dengan penekanan tapi harus hati hati supaya pin tidak patah. Lakukan beberapa kali gosokan kecil secukupnya, diamkan sebentar sampai alkohol kering lalu cobalah dicas.

Atau kalau mau yang lebih sedikit keras tapi efektif, yaitu dengan kertas gosok yang paling halus. Potong kertas gosok dengan gunting , lipat 2-3 secara memanjang dengan lebar sesuai lebar lubang port, lalu gosokkan perlahan dan hati-hati kedalam lubang port tepat diatas permukaan pin didalam. Beberapa kali gosokan saja, 5-10 kali dengan perlahan dan sedikit tekanan.

HP TIDAK BISA NGECAS

Masih belum selesai juga masalahnya? lanjut

6. Me-reset Handphone Kembali ke setelan Awal/Pabrik

Sebenarnya dari ke-empat langkah diatas harusnya sudah bisa menyelesaikan masalah pengecasan hp. Tapi jika tidak menyelesaikan masalah, maka saya bisa memastikan bahwa kerusakan ada pada port micro-USB handphone kamu. Dan ini tidak ada cara lain kecuali menggantinya, atau bisa juga karena kerusakan pada hardware bagian blok pengisian pada handphone(kemungkinan lain jika port USB tak ada masalah).

Tapi… ada tapinya nih,  masalah hardware ini hanya bisa didiagnosa dan ditangani oleh teknisi handphone yang punya pengalaman dan alat yang lengkap. Bagi yang awam jangan coba-coba membongkar sendiri karena ukurannya sangat kecil, butuh alat dan penanganan khusus.

Jadi sampai disini jika kamu tidak paham soal hardware saya sarankan bawa saja ke tukang servis handphone yang menurut kamu paling berpengalaman ditempat Kamu. 

JIKA KAMU MASIH BANDEL PENGEN MENGATASI MASALAH PENGECASAN INI SENDIRI DIRUMAH.

Kamu bisa mencoba mereset setelan pabrik atau bisa sekalian hard reset hp kamu! kali aja bisa.

Ya, memang ada juga kemungkinan kerusakan firmware atau program-program sistem yang bentrok atau bisa juga kena malware dsb yang menyebabkan masalah pengecasan ini. Tapi kemungkinan ini kecil, tapi bisa saja kamu coba kali aja bisa yaitu mereset handphone ke setelan pabrik atau hard reset.

Risikonya kamu akan kehilangan data-data yang ada didalam hp kamu untuk itu lakukan backup/menyimpan cadangan terlebih dahulu sebelum melakukan reset pabrikan atau hard reset. Ingat sebelum reset HP lepaskan kartu SD, sebaiknya kartu seluler utama ada kuota internet atau ada wifi, juga siapkan password akun googlenya jangan lupa kalau lupa ubah password akun email gmail dan ingat/catat password baru supaya tidak susah karena akan diminta nanti.

Langkahnya reset hp android ke setelan pabrik:

  1. Pastikan baterai 50% keatas, kalau tidak bisa dicash di HP gunakan casan portable/duduk
  2. Masuk Setelan Hp
  3. Masuk ke Buat cadangan & setel ulang
  4. Kembalikan ke pengaturan pabrik
  5. Lalu lakukan proses sesuai petunjuk melakukan reset atau setel ulang.
  6. Tunggu sampai reboot dan menyelesaikan semua proses reset sampai disuruh mengisi wizard setelan akun Google dan menyelesaikannya.

Langkahnya hard reset hp android:

  1. Pastikan baterai 50% keatas, kalau tidak bisa dicash di HP gunakan casan portable/duduk
  2. Matikan hp beberapa detik misalnya 30 detik supaya benar-benar mati
  3. Masuk ke mode recovery, sebelumnya tekan tombol power dan volume atas/bawah/ bersamaan(bisa beda-beda tiap merk)
  4. Tap tombol recovery
  5. Pointer ke Wipe data/factory reset (gunakan tombol volume -/+ untuk navigasi) tombol power untuk masuk.
  6. Pilih wipe data/factory reset, tunggu sampai proses selesai sendiri
  7. Kemudian pilih lagi masuk ke Wipe cache partition tunggu sampai proses selesai sendiri
  8. Terakhir pilih ke reboot now
  9. Tunggu sampai hp selesai reboot, mungkin lebih lama dari reboot seperti biasanya
  10. Tunggu saja sampai selesai, jangan diapa-apain lagi sampai disuruh mengisi wizard setelan akun Google dan menyelesaikannya.

Cara hard reset handphone android

Seharusnya reset ke setelan pabrik atau hard reset ini sudah bisa mengatasi semua permasalahan software yang disebabkan oleh aplikasi/program yang bentrok(jika itu masalahnya), dimana yang membuat hp kamu menjadi seperti baru lagi, harusnya. Tapi jika kamu masih kurang sreg, bisa juga melakukan flash firmware, tapi ini sangat berisiko BOTLOOP atau HP gagal booting jika gagal. Flashing ini bisa dilakukan dengan beberapa metode yaitu menggunakan software di komputer atau melalui kartu SD di hp via OTA. Cara flashing berbeda sesuai type/merk hp kamu, jadi pikirkan ulang untuk flashing HP sendiri.

Kemungkinan flashing bisa menyelesaikan masalah pengecasan menurut saya kecil, jadi sebaiknya tidak usah diflash sendiri jika tidak paham – bawa saja ke teknisi HP demi menghindari biaya reparasi yang lebih banyak karena satu kesalahan yang menyebabkan kerusakan malah merembet kemana-mana.

hp bisa dicas saat mati

Tapi jika reset ke setelan awal pabrik ini saja saya sudah yakin 99% saya yakin kerusakan handphone kamu yang kenapa tidak bisa charging, mengisi baterai yang terlalu lama, tak bisa mengisi tapi saat hp dimatikan, disebabkan oleh hardware termasuk port micro-USB dimana yang hanya bisa ditangani oleh ahlinya. Jika kamu merasa bisa mengatasi masalah hardaware ini sendiri ya silakan 😀

Demikian saja yang bisa saya bagikan mengenai cara mengatasi berbagai masalah pengecasan HP android segala merek untuk awam sebelum membawanya ke tukang servis, kali saja bisa teratasi jika masalahnya cukup di soal perangkat luarnya saja.

Tags:

Leave a Reply