20 Tips Trik Serbaguna Menggunakan Ponsel Android Anda

Ponsel makin hari makin canggih saja. Tak hanya spesifikasi saja yang makin baik, namun berbagai fitur yang bermanfaat juga semakin banyak ditambahkan. Begitu pentingya ponsel sejak ia mulai diperkenalkan, bahkan versi mutakhir sudah seperti asisten pribadi saja.

Namun begitu besar spesifikasi dan kemajuan fitur ini, tak akan membantu banyak apabila Anda tak bisa maksimal dalam menggunakannya. Bahkan bisa jadi malah justru  menjengkelkan Anda.

Memaksimalkan fungsi ponsel Android; untuk memudahkan pekerjaan hingga membuatnya menjadi efisien, sebaiknya Anda tahu tips triknya berikut ini:

Tips-trik Ponsel Android Serbaguna

1.Tips Menghemat daya Ponsel Android

Banyak aplikasi yang tetap berjalan meskipun sedang tidak Anda buka. Hal ini tentu  akan membuat prosesor dan memori terus berjaga untuk menerima dan menampilkan pemberitahuan dari berbagai aplikasi tersebut termasuk aplikasi chat, medsos dll. Hal ini tentu akan sangat menguras daya baterai, karena koneksi ke jaringan seluler membutuhkan daya besar apalagi ketika jaringan internet sedang lemot/sibuk. Dan ini berlangsung secara nonstop terus menerus selama Anda tidak menonaktifkan aplikasi tsb.

Nah ketika Anda sedang ingin berhemat, maka Anda bisa membatasi aplikasi yang berjalan dibelakang layar dengan cara : Masuk Pengaturan => penggunaan data => Ketuk pada aplikasi yang ingin dibatasi => gulir kebawah untuk membatasinya terhubung data ke jaringan seluler Anda.

Baca juga : Dampak Buruk Menggunakan Charger yang bukan Orinya bagi Ponsel dan Baterai

2. Matikan notifikasi dari aplikasi yang sebenarnya tak Anda perlukan

Banyak aplikasi yang rutin mengirim pemberitahuan melalui layar ponsel android Anda. Selain email atau WA yang Anda anggap penting, ada beberapa aplikasi yang hanya menampilkan iklan atau notifikasi spam yang sangat mengganggu. Disisi lain aplikasi-aplikasi ini tentu sama dengan poin 1 diatas, yaitu berjaga terus-menerus dan secara otomatis selalu terhubung dengan data sehingga sangat menguras baterai ponsel Anda.

Caranya : Ketika sebuah aplikasi mengirim dalam daftar notifikasi/pemberitahuan, ketuk dan tahan agak lama pada notifikasi yang masuk tersebut. Selanjutnya masuk ke info aplikasi => Hilangkan centang pada “Tampilkan pemberitahuan” => OK.

3. Nonaktifkan penggunaan data aplikasi tertentu

Nonaktifkan penggunaan data untuk fitur tertentu yang tidak penting akan membantu menghemat baterai Anda. Buka pengaturan => Penggunaan Data => Nonaktifkan penggunaan data untuk aplikasi yang tidak Anda harapkan / yang banyak menggunakan data. Kecuali kalau Anda sedang membutuhkannya atau Anda sedang tak peduli dengan daya baterai Anda .

4. Kalau penting, Gunakan aplikasi berbayar

Sebenarnya aplikasi berbayar itu tak terlalu mahal, mungkin dikisaran IDR50 ribu. Aplikasi berbayar biasanya akan menghilangkan fitur iklannya; dan ini sebenarnya sangat membantu Anda jika ingin berhemat baterai. Pengambilan data untuk menampilkan iklan cukup besar, disamping hal ini juga memakan daya baterai. Nah untuk aplikasi terutama yang paling sering Anda pakai dan sukai, Anda bisa mengambil yang versi pro tanpa iklan.

5. Tidak menggunakan ponsel saat sedang di cas/isi ulang

Kebanyakan produk ponsel saat ini hanya memberikan kabel data yang pendek. Bukan mereka ingin memotong cost produksi, tapi ini untuk mencegah Anda menggunakan ponsel ketika sedang di charge. Selain perlakuan seperti ini bisa membuat baterai ponsel meledak,  atau setidaknya memotong umur baterai – hmm terutama hati-hati kalau ponsel Anda menggunakan baterai tanam. Sebagian besar ponsel saat ini masih menggunakan baterai Li-Ion yang tak tahan panas, yang jika dipaksa akan sangat mempersingkat umur pakainya.

6. Membuat screenshoot

Saat musim media sosial seperti sekarang ini, beragam quotes atau pendapat orang atau gambar yang dibagikan disosmed menarik perhatian Anda dan ingin menyimpannya kemudian ingin membagikannya lagi suatu saat . Nah fitur screenshoot atau gambar tangkapan layar akan sangat menyenangkan sekali.

Untuk kebanyakan ponsel android carannya sangat mudah, untuk mengambil tangkapan layar ini Anda cukup dengan menekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan beberapa detik. Tapi untuk versi android lama mungkin Anda butuh aplikasi pihak ketiga diplaystore seperti Airdroid.

7. Aplikasi keyboard

Setiap ponsel tentu memiliki aplikasi bawaan supaya Anda bisa mengetik, namanya aplikasi keyboard. Namun aplikasi bawaan terkadang kurang nyaman atau kurang lengkap untuk dipakai, seperti prediksi kata atau getaran yang sangat membingungkan.

Jika Anda bingung dengan prediksi kata atau getaran saat keyboard ditekan, anda bisa menonaktifkan fitur ini di Pengaturan => Bahasa dan masukan/bahasa & keyboard. Mungkin Anda ingin fitur yang lebih luas dengan beragam tampilan keyboard yang lebih menarik, Anda bisa menginstal aplikasi seperti Swift keyboard dari playstore.

8. Membuka tab baru

Ketika Anda butuh banyak informasi, membandingkannya, atau memadankan preferensi, Anda bisa membuka beberapa tautan ditab baru. Dengan cara ini anda tak perlu bolak-balik kesana kesini, karena ini akan sangat lama, disamping boros kuota dan baterai.

Cara membuka tab baru untuk browser bawaan Android misalnya chrome, caranya cukup ketuk dan tahan pada link/URL beberapa detik sampai muncul opsi buka tautan di tab baru.

9. Install aplikasi manajemen memori

Memori ini sepertinya cukup wajib untuk ponsel Android, Apalagi saat ini banyak aplikasi yang Anda install, sering browsing atau main game, maka memori Anda akan cepat penuh dan sampah digital akan cepat menumpuk. JIka tak segera dibersihkan, sampah-sampah ini akan memenuhi ruang dan memori juga sehingga ponsel pintar Anda akan lemot, panas, dan boros baterai.

Nah, menginstal aplikasi manajemen memori akan sangat membantu Anda. Selain bisa membersihkan sampah secara instan, aplikasi seperti ini juga bisa untuk mematikan fitur pemberitahuan atau aplikasi berjalan dibelakang yang tak diinginkan dimana yang sangat memberatkan ponsel dari berbagai sisi. Kalau saya suka pakai CCleaner.

10. Menggunakan tombol volume untuk mengambil gambar

Nah ini adalah fitur penting ketika Anda swafoto atau mengambil foto selfi, karena tombol dilayar terkadang agak sulit karena posisi tangan yang kurang menguntungkan untuk menyentuhnya.

Nah, tombol volume bisa Anda gunakan untuk mengambil foto secara lebih mudah saat swafoto daripada menggunakan tombol virtula di layar ponsel Anda. Fitur ini tak banyak yang tahu, dan anda akan terus menggunakannya setelah mencoba untuk pertamakalinya. Oh ya, ini juga berfungsi untuk layar belakang.

11. Manfaatkan kamera ponsel secara maksimal

Mungkin Anda adalah Ibu-ibu yang suka bawa catatan belanjaan saat pergi kepasar agar jangan sampai sayur atau bumbu penting yak terbeli karena lupa. Mungkin Anda bisa membuat catatan di buku atau kertas, tapi dengan kamera ponsel Anda bisa melakukannya dengan cepat tanpa harus cari bolpoin atau kertas.

Cukup anda foto semua isi kulkas atau dapur Anda, dan buka foto tersebut ketika Anda sedang belanja dipasar.

Kalau saya pribadi, biasanya saya akan memfoto kabel-kabel dari suatu alat yang akan saya bongkar untuk diperbaiki supaya tidak lupa dan salah menempatkan kembali pada posisi sebelumnya. Ya, kamera androind sangat bermanfaat untuk teknisis elektronika seperti saya.

Lihat Juga :  Cara agar TV tidak rusak terkena petir

12. Menggunakan ponsel sebagai scanner dokumen kertas

Scanner adalah alat yang dibutuhkan untuk mengcopy obyek misalnya gambar atau dokumen, memproses, dan menyimpannya menjadi dalam bentuk digital. Ini berbeda dengan printer, dimana yang mengubah obyek digital menjadi obyek benda dalam bentuk cetakan di kertas.

Kalau dulu kita memang membutuhkan alat scanner yang dihubungkan dengan PC atau laptop, tapi kini dengan android Anda bisa menscan dokumen “nyata” tanpa scanner analog dan PC untuk menjadi obyek digital kemudian menyimpannya di cloud seperti google drive atau dropbox , cukup menggunakan android dan aplikasi scanner. Aplikasi tersebut seperti Camscanner,.

13. Jangan menggunakan fitur ZOOM digital Kamera Ponsel

Salah satu fitur ponsel pintar yang digemari adalah kamera. Kamera ponsel makin canggih, piksel makin besar dan gambar makin jernih. Tapi bagaimanapun masih kalah dengan kamera DSLR, khusunya karena tak bisa mengambil obyek yang jauh yang di ZOOM sebaik DSLR. Kenapa?

Pada kamera DSLR, zoom dilakukan secara optical dengan cara menggeser lensa untuk mendekatkan obyek yang jauh dari kamera – menggunakan optical zoom. Ini berbeda dengan ponsel Anda, karena ruangannya yang sempit dan tak memungkinkan untuk memasang optical zoom maka pada ponsel diberikan zoom digital untuk memperbesar obyek yang jauh. Cara kerja digital zoom adalah dengan cara menyebarkan banyak piksel, sehingga hasilnya buram dan tentu saja tak sama dengan hasil optical zoom pada kamera DSLR atau kamera saku.

Nah bagaimana caranya agar bisa mendapatkan gambar yang dekat dari suatu obyek yang jauh? Untuk ponsel yang menggunakan digital zoom, mulai sekarang jangan dipakai untuk mendekatkan gambar yang jauh, karena hasilnya sudah pasti akan buruk atau buram. Untuk itu Anda bisa memfotonya tanpa efek pembesaran, tapi jika anda ingin menshoot obyek tertentu, fokuskan saja kamera pada obyek dan jepret. Nah untuk memperbesarkan obyek yang diinginkan, Anda bisa meng-crop nya menggunakan aplikasi bawaan ponsel.

Gambar yang dihasilkan masih lebih tajam daripada  gambar yang diambil dengan cara di zoom, mengingat piksel kamera saat ini sudah sangat besar bahkan diatas 12MPX.

Namun jjika fitur kamera adalah sangat penting, Anda bisa menambahkan lensa tambahan multilensa yang bisa dibongkar pasang dengan mudah untuk mendapatkan obyek yang tak kalah dengan DSLR.

14. Manfaatkan penyimpanan cloud untuk backup foto

Penyimpanan cloud seperti google drive, dropbox atau masih banyak yang lain. Banyak manfaat cloud terutama ketika berbicara mengenai fotografi ponsel, dalam hal ini adalah untuk membackup dan berbagi foto dengan kerabat. Tentu saja Anda tak ingin kehilangan foto Anda, karena terkadang momen disuatu tempat tak akan terulang lagi. Untuk itu cadangkanlah foto Anda, karena bisa hilang suatau saat apabila ada kerusakan ponsel. Membuat backup melalui cloud bisa dilakukan saat itu juga dan dalam jumlah yang besar. Jadi sangat penting jika Anda gemar menyimpan tiap momen berharga Anda.

Backup Kontak

Android dan google adalah satu kesatuan, sehingga menggunakan android maka anda harus menggunakan akun google. Ini termasuk Gmail, Google play, Google Map, Youtube, Contact, Calendar, dsb.

jadi sebelum Anda menggunakan android baru Anda, pertama buatlah akun Google di Laptop atau dekstop Anda. Menggunakan laptop akan membuat Anda lebih leluasa sehingga melakukan pekerjaan tanpa kesalahan dan tanpa ada yang terlewat. Disamping itu Google juga menggabungkan system kontak dengan Gmail yang ada dibrowser. Pada saat Anda sudah memiliki banyak kontak, maka anda bisa mengimpornya kesana dan kemudian mengelolanya dengan mudah melalui komputer.

Anda mungkin bisa mengimpor kontak ke kartu SD atau kartu SIM. Namun yang paling aman adalah membackupnya dari ponsel ke komputer, kemudian mengimpornya ke google. Pasti nantinya akan berguna dan memudahkan.

15. Mengunduh video atau musik sebelum penerbangan

Jika Anda sedang bepergian jauh, manfaatkanlah ponsel Anda secara maksimal. Salh satunya adalah dengan mengunduh video atau lagu sebagai sarana hiburan ketika di mode pesawat. Bukankah sekarang ini sudah banyak kafe atau warung yang free wifi? Atau dibandara, Anda bisa lakukan disitu sembari menunggu jadwal penerbangan Anda.

17. Manfaatkan port USB televisi untuk mengisi Daya ponsel

Mungkin Anda sedang menggunakan charger Anda untuk mengisi powerbank di hotel anda menginap. Dan anda cuma bawa charger satru-satunya, nah sekarang bagaimana dengan ponsel Anda? Ternyata Anda bisa mengisi daya ponsel Anda melalui USB yang ada dikompartemen belakang televisi. Memang tak semua TV memiliki USB, setidaknya Anda tahu cara ini dan menggunakannya sebagai satu alternatif emngisi daya.

18. Menggunakan Aplikasi untuk panggilan

Sudah bukan barang baru, aplikasi seperti google voice,  skype atau WA bisa dipakai untuk memanggil tanpa harus menggunakan jaringan suara seluler. Nah aplikasi ini bisa sangat menghemat ketika Anda berwisata yaitu bisa memanfaatkan wifi gratis dibandara atau di kafe, anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi seperti itu. Hmmm apalagi ketika diluar negeri, biaya panggilan akan sangat-sangat mahal.

19. Mengidentifkasi benda apapun

Jika Anda bebergian keluar negeri yang memiliki adat, bahasa, dan budaya asing maka anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Googles. JIka adna menemukan benda atau tulisan yang tak Anda ketahui, Anda bisa memfotonya lalu mengunggahnya via google googles untuk mencari informasi atau mengidentifikasinya untuk Anda. Aplikasi tersebut menyimpan jutaan database yang akan mencocokkan dengan temuan yang Anda unggah tersebut, ,kemudian menjelaskannya kepada Anda.

20. Gunakan ponsel cerdas anda untuk mengetahui kerusakan remote TV.

Remote TV menggunakan sinar infrared untuk mengirimkan perintah kepada mesin televisi, apakah itu volume, memindah channel dsb. Ketika remot rusak atau baterai habis, maka tandanya infrared tak akan menyala. Lalu bagaimmana cara melihatnya, nyala atau tidak?

Anda bisa melihat nyala dari infrared pada remote menggunakan kamera ponsel anda. Aktifkan kamera, lalu lihat lampu yang ada diujung remote. Tekan tombol remot Anda, kalau remote berfungsi anda pasti akan melihat ada cahaya merah dilayar ponsel Anda. Jika tidak menyala lampu infrared remote anda, maka bisa jadi remote anda rusak atau kehabisan daya. Catatan : kerusakan remote macam-macam, lampu infrared nyala bukan juga berarti remote masih normal – bisa jadi hanya ada error sedikit.

Demikian aneka manfaat serta tips trik ponsel pintar terutama android, yang penting untuk diketahui Anda sebagai pengguna supaya bisa lebih maksimal dalam memanfaatkannya. Mungkin masih banyak lagi yang perlu dieksplore dari si layar ajaib ini.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *