Cara Memasang Saklar By-pass 3PDT Foot Switch, Jek, & LED Efek Gitar

Efek gitar stombox analog atau Efek gitar DIY umumnya menggunakan saklar 3PDT Switch sebagai by-pass antara input dan output. Hal ini tentu sangat dibutuhkan, kan soalnya main gitar bisa memerlukan efek tersebut atau tidak. Pada efek gitar DIY sering menggunakan saklar analog ini untuk menyederhanakan rangkaian, sebab saklar secara elektronik tidak begitu simpel karena membutuhkan part inti yang cukup susah didapat biasanya JFET atau IC.

3PDT ini casingnya terbuat dari logam yang lebih kuat daripada PDT sejenis lainnya misalnya DPDT switch karena memang dioperasikan pakai kaki ketika diaplikasikan untuk efek gitar pedal. Selain itu bagian dalamnya juga harus kuat yang tidak mudah aus karena seringkali dioperasikan, sebab kalau aus fatal akibatnya efek bisa tidak berfungsi.

Cara pasang Saklar 3PDT Foot Switch pada rangkaian Efek gitar electric

Disini saya akan membahas bagaimana caranya merangkai saklar tersebut, dimana yang memiliki pin sejumlah 9 dan bisa dipergunakan semuanya.

Prinsip kerja saklar 3PDT

Sebelum memasang 3PDT pada efek, pertama harus paham dulu bagaimana cara kerjanya. Selanjutnya baru kita bisa memikirkan logika rangkaian by-passnya, seperti yang kita harapkan.

Gambar 3PDT

switch 3PDT pedal gitar

 

Prinsip kerja saklar 3PDT Swittch

Keterangan gambar:

3PDT dilihat dalam posisi memanjangnya, yang diberi warna merah adalah koneksi pin pada saat posisi saklar 1 kiri dan 2 yang kanan.

Pada saat bebas anggap saja pada posisi satu, dalam posisi bebas artinya sedang by-pass dan efek gitar tidak terhubung lampu LED padam. Dimana 3 pin ditengah yang selalu terhubung sedang terkoneksi dengan 3 pin diatasnya.

Dan posisi 2 sebaliknya, efek dalam keadaan on ditandai dengan lampu LED menyala maka 3 pin tetap ditengah terhubung dengan 3 pin dibawahnya.

Bagaimana cara mengetahui posisi pin?

Tatanan posisi pin biasanya tidak membentuk titik kubus tapi titik persegi empat, lihat gambar diatas. Dalam posisi itu kita bisa menentukan koneksi antar pin. Posisi 1 atau 2 by-pass atau terhubung tidak bisa dilihat dengan mata seperti DPDT dimana jika tombol memendek saklar terhubung, tapi akan diketahui saat efek digunakan dan hanya bisa diketahui melalui indikator LED menyala atau tidak. Jadi cukup hanya mengetahui posisi koneksi pin seperti pada gambar diatas.

Lihat Juga :  Cara Membuat Casan/Charger HP Dari Aki Motor Atau Mobil Yang Aman

Baca juga : Layout PCB Efek Delay Untuk Gitar Electric Maupun Akustik Simpel Tapi Joss

Posisi 1 saklar aktif, efek bekerja

 

pengkabelan saklar bypass 3PDT efek gitar

  1. Sinyal gitar dari jek input – saklar -masuk ke input kit efek.
  2. Sinyal gitar yang sudah diolah oleh kit efek dari output – saklar – jek output gitar – ke amplifier.

Dalam posisi aktif, sinyal dari gitar diteruskan ke kit efek, lalu out kit efek dilanjutkan ke jek output terus ke gitar. Sementara itu ground terhubung ke -negatif LED sehingga menyala.

Posisi 2 saklar by-pass, efek tidak aktif

carakerja saklar 3PDT efek gitar posisi bypass

  1. Pada posisi 2 by-pass, input dari gitar melalui saklar – jumper biru – ke jek output.
  2. Ground ke saklar – ke jumper hitam – keluar ke input kit efek.

Dalam posisi ini jek input dari gitar dilanjutkan ke jek output, sekaligus ground menuju ke input kit efek sehingga sinyal audio dari kit tertutup dan output dari kit efek terputus. Sementara dalam posisi ini – negatif LED tidak terhubung ke ground sehingga LED tidak menyala.

Pengkabelan saklar by-pass 3PDT lengkap

Berikut diagram pengkabelan saklar 3PDT Foot Switch, jika ingin menambahkan volume efek siliakan lihat cara menambahkan potensio volume.

 


Demikian tentang pemasangan saklar by-pass menggunakan 3PDT Foot Switch pada efek gitar sekaligus penjelasan rangkaian. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply