Cara Memasang Saklar Ganda 3 Kabel

Cara Memasang Saklar Ganda 3 Kabel tidaklah susah, yang penting bisa menyambung kabel dengan baik dan mengetahui mana jalur listrik positif dan 0. Meskipun mudah dan sederhana, memasang kabel intalasi listrik 220v harulah dilakukan dengan hati-hati supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Berikut tentang cara memasang saklar 3 kabel untuk dirumah

Jika anda tidak memahami sekali tenang listrik sebaiknya berhati-hati atau kalau perlu meminta bantuan orang yang paham tentang kelistrikan rumah tangga. Memasang instalasi dan saklar listrik ac220v bukan masalah sepele, tidak boleh ada kesalahan yang bisa menyebabkan konsleting listrik. Penyambungan kabel dan terminal harus sesuai prosedur yang benar sehingga tidak menyebabkan masalah baik hari itu juga atau dikemudian hari..

Sediakan bahan

  1. Kabel 3 warna (biru, hitam, merah) engkel ukuran sesuai kebutuhan
  2. Saklar 3 terminal atau 3 kabel atau saklar seri
  3. 2 fiting lampu
  4. Benang besar/geber
  5. Solatep/knop kabel

Cara pemasangan/instalasi saklar ganda 3 kabel

cara pasang saklar ganda 3 kabel

Untuk saklar broco biasanya tidak dilengkai dengan baut untuk memasang ujung kabel diterminalnya, tetapi menggunakan penjepit kabel. Potong kabel biru menjadi 2 bagian, jepitkan ujung masing-masing kabel warna biru ke terminal saklar yang ada(biasanya penjepit berwarna putih). Masukkan ujung kabel berwarna merah ke penjepit sakar yang berwarna merah.

Baca juga : Cara memasang saklar lampu dan stop kontak 2 atau 3 kabel

Pada kedua fiting lampu masing-masing terminal dihubungkan dengan masing-masing ujung kabel warna biru. Pastikan kabel warna biru sudah benar terpasang di terminal fiting positif. Pada masing-masing terminal negatif pada fiting lampu disambungkan ke ujung kabel warna hitam.

Baca Juga :  Cara Pasang Set Top Box Ke TV Tabung

Terakhir, ujung kabel warna merah dari saklar dihubungkan ke jalur positif sumber listrik/instalasi jala-jala. Sementara kabel warna hitam dihubungkan ke 0/negatifnya.

Buat sambungan kabel dengan baik, puntir bebrapa kalu menggunakan tang dengan kuat dan rapat jangan sampai longgar . Ikat ujung sambungan yang melintir dengan benang dengan kuat sampai penuh, lalu di tambahkan solatape, kemudian tutup ujungnya dengan knop.

Catatan :

Kabel 3 warna dimaksud sebagai kode supaya jangan sampai keliru. Warna kabel hitam untuk listrik negatif dan merah untuk listrik positif yang terubung langsung dengan jaringan,  dan kabel warna biru adalah kabel positif yang terhubung antar terminal. Di kemudian hari jika ada orang lain yang memperbaiki jaringan listrik bisa mudah mengenalinya berdasarkan warna kabel.

Untuk mencari kabel listrik positif pada sebuah intalasi biasanya diandai dengan warna merah bisa saja warna lainnya dan negatif selalu warna hitam. Wajib untuk memastikan kabel positif, gunakan tespen untuk mengenali.

Instalasi yang benar menggunakan kabel berwarna standar, tidak terbolak balik antara mana negatif dan positif. Yang penting pastikan sambungan tidak longgar sebab jika longgar bisa menyebabkan masalah pada peralatan listrik dan bisa membahayakan. Kabel sambungan yang longgar biasanya susah untuk dicari pada ssbuah intalasi jika dikemudian hari ada masalah.

Demikian cara memasang saklar ganda 3 kabel untuk 2 lampu yang bisa dinyalakan atau dimatikan sendiri-sendiri sesuai keperluan , dan sedikit tips ringan kelistrikan rumah tangga. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply