Solusi Jika Tidak Menemukan Trafo dengan Tegangan 70V Keatas Dipasaran

Ada komentar yang cukup menarik, “Om saya membutuhkan tegangan untuk driver amplifier saya tegangan sebesar 70V akan tetapi saya tidak menemukan trafo dengan tegangan segitu dipasaran”. Sebenarnya selalu saja ada solusi untuk problem-problem elektronika apapun, termasuk untuk power amplifier jika tidak menemukan komponen tertentu yang tidak ditemukan dipasaran. Jika komponen semokonduktor bisa cari persamaannya, kalau resistor atau capasitor/elco bisa dipararel atau diseri untuk mendapat nilai tertentu.

Termasuk problem trafo susah didapatkan juga masih ada seribu jalan yang bisa kita lewati, eh kita dapatkan. Ya, trafo kotak yang banyak beredar dipasaran umumnya tegangan yang tersedia berkisar maksimal 45V yang lebih tinggi jarang ditemui. Mungkin karena kurang laku kali ya, karena toko kulakan/nyetok sesuai permintaan terbanyak.

Nah begini Cara-cara jika tidak menemukan trafo dengan tegangan tertentu dipasaran.

1.  Menggunakan SMPS

SMPS Solusi tak menemukan trafo 70-90v

Sumber gambar : NSTR Electronic shopee

SMPS adalah jenis Power Supply baru yang lagi naik daun, yang memiliki banyak keistimewaan dibanding dengan trafo frekwensi rendah/power supply linier. Selain hemat energi dan bentuknya kecil dan ringan, SMPS juga banyak menyediakan ouput tegangan yang lebih tinggi dari trafo kebanyakan yaitu tegangan ouput antara 45V-90V sangat umum untuk SMPS yang dijual khusus untuk power amplifier. SMPS untuk power ampli banyak kelebihan, tetapi ada juga sih kekurangannya. Baca :Kelebihan Kekurangan SMPS untuk Audio Sound Lapangan

Bahkan kalau mau bisa merakit SMPS gacun untuk tegangan sesuka hati, baca Cara Membuat SMPS Dari Gacun CT Untuk Power Amplifier Yang Stabil

2. Menggunakan Trafo Donat/Toroid

Trafo donat atau toroid

Trafo donat atau toroid ini lebih mudah dikerjakan secara home industri sehingga banyak lapak yang menerima pre-order sesuai pesanan baik ampere maupun tegangan output sesuai keinginan pemesan. Di toko online juga banyak yang menerima pre-order. Akan tetapi yang dijual sudah siap pakai dengan tegangan lebih tinggi juga banyak karena umumnya trafo toroid dijual untuk memenuhi kebutuhan power supply untuk driver amplifier daya sedang hingga tinggi.

Bikin sendiri juga lebih mudah daripada bikin trafo kotak, asal telaten. Kenapa lebih mudah? karena keren/inti besi dari trafo donat lebih mudah bisa dipesan dibengkel las. Semudah bikin donat, Hehe…

Lihat Juga :  Listrik Tenaga Surya

3. Memesan Custom kepada ahli pembuat trafo

Jangan diketawakan, karena ini adalah solusi yang banyak dipakai oleh kawan-kawan sound sistem jaman dulu. Ditempat saya dulu banyak tukang gulung trafo, kita bisa memesan trafo berapa tegangan yang kita inginkan kepada mereka. Saat inipun mungkin masih banyak ahli trafo yang buka jasa gulung.

Nah saya suka berburu trafo bekas yang besar-besar yang sudah rusak dipasar loakan, lalu digulung ulang sesuai keinginan. Jika kamu tertarik, bisa saja mempelajari cara menggulung trafo untuk menentukan tegangan dan amperenya, sayangnya saya belum bikin artikel yang bahas itu tapi sudah banyak digoogle tutorialnya.

Menggabung 2 trafo tegangan rendah untuk mendapat tegangan sesuai keinginan.

Ini adalah solusi paling gampang dan cepat. Umumnya kebanyakan dipasaran tersedia Trafo dengan tegangan 12-18-25-32-. Sebagai contoh jika kita menginginkan tegangan trafo sekitar 70V sedangkan trafo dipasaran tidak ada yang segitu maka kita bisa membeli 2 trafo CT yang ada tegangan 25V. Kedua trafo tersebut bisa kita gabungkan untuk mendapat tegangan supply sebesar 70VDC atau ketika sudah disearahkan. Begini gambar skema rangkaiannya :

2 trafo digabung untuk menaikkan tegangan

 

Lalu bagaimana jika butuh tegangan lebih tinggi tapi non-CT?

Maka hanya membutuhkan 1 Trafo CT saja, berikut gambar skemanya :

Cara mudah menaikkan tegangan trafo non ct

Ini hanya sebagai tambahan saja sebab jarang sekarang driver yang tidak pakai trafo CT, tapi ya begitulah cara gampangnya. Sekaligus mengantisipasi jika pertanyaan seperti itu tidak ada salahnya saya gambar sekalian biar lengkap!

Kok bisa 25V CT menjadi 70VDC, darimana? 

Karena ini pakai 2 pin trafo CT 25v maka 25 x 2 = 50VAC , dan ketika disearahkan menggunakan dioda bridge dan diratakan dengan elco maka outputnya akan menjadi 70,7VDC. Hal ini ada hitunganya, tapi disini saya pakai rumus gampangnya saja yang hasilnya menjadi 70VDC bahkan lebih 0,7V sbb :

50 x 1.414 = 70,7VDC

Kalau tidak percaya dengan hitungan tersebut silahkan praktek lalu uji ouputnya dengan Multimeter karen dalam kelistrikan semua bisa dibuktikan. 😀

Oke ya sahabat semua, demikian solusi yang paling sering diambil oleh perakit audio amatir sampai profesional ketika tidak menemukan trafo dengan tegangan ouput tinggi dipasaran. Jangan sampai pasar membatasi kreatifitas kita dibidang rakit-merakit peralatan audio dalam menciptakan driver dengan daya yang tak terbatas hehe. Salam audio!

One Response

  1. Hasanuddin Mei 21, 2021

Leave a Reply