Penyebab Bass Sound Lapangan Tidak Bisa Jauh Dan Kurang Bulat/Pecah

Bass sound sistem lapangan yang tidak bisa jauh bisa disebabkan oleh sejumlah faktor utama, bisa dimulai dari sistem audio hingga yang paling sering adalah karena box speaker yang kurang bagus. Persoalan suara adalah hal yang rumit, dan ini biasanya hanya akan dikuasai melalui banyak praktek. Sound sistem tanpa bass yang oke adalah mimpi buruk, ini persoalan lebih rumit dari yang lain misalnya suara nada menengah hingga tinggi. Lebih-lebih ketika berbicara tentang bass jauh, maka setingkat bertambah lagi tingkat kerumitannya.

Bass jauh bisa dipengaruhi oleh jenis speaker yang dipakai, untuk itu bisa memilih speaker jenis tertentu yaitu speaker type horn subwoofer yang memang didesain untuk bass yang bisa menjangkau jarak yang jauh. Dan masalah akan terjadi ketika sudah menggunakan box speaker khusus bass jauh, akan tetapi hasil yang diharapkan tidak seperti harapan – misalnya suara bass hanya bisa terdengar puluhan meter saja, ini jelas ada yang salah. Permasalahan lainnya, biasanya disertai kualitas suara bass yang  tidak seperti harapan, lalu ada apakah?

Bass tidak bisa jauh dan tidak bulat atau bass pecah dan penyebabnya

 Power dan Speaker tidak seimbang

Misalnya kemampuan power tidak seimbang dengan speaker, power kurang besar dibanding dengan kemampuan speaker dan desain yang kurang baik bisa menjadi penyebabnya bisa menyebabkan bass tidak bisa jauh dan pecah. Karena dorongan power yang kurang maksimal bisa menyebabkan bass kurang kuat untuk menjangkau jarak lebih jauh serta dapat menyebabkan bass tidak bulat atau pecah. Jadi pastikan dulu performa driver dan power amplifiernya memadai. Baca juga : Cara Menghitung Kemampuan Trafo Terhadap Watt Power Amplifier

Jika power dan driver bisa dipastikan bagus performanya, maka semua permasalahan kuta diduga bersumber dari box speakernya. Jadi sekarang mulailah untuk menginpeksi box speaker yang Kamu pakai.

Permasalahan box speaker yang menyebabkan performanya kurang maksimal, bass tidak bisa jauh dan suara pecah/tidak bulat

1. Bahan yang kurang bagus

Bahan atau material papan yang digunakan kurang bagus, misalnya terlalu lentur/lembek tidak sesuai dengan kemampuan driver dan power amplifier sangat mungkin menjadi penyebabnya. Hal ini akan menyebabkan box speaker rentan bergetar ketika terkena bass. Baca juga : 5 Bahan Terbaik Untuk Membuat Box Speaker Dan Subwoofer

Yang bisa mempengaruhi kualitas material :

  • Misalnya triplek, bahan kayu yang dipergunakan berkualitas rendah. Jadi untuk speaker lapangan, sebaiknya pilih bahan yang berkualitas bagus misalnya triplek kayu meranti.
  • Ketebalan papan yang kurang juga menyebabkan box speaker mudah bergetar. Jadi pastikan ketebalan papan sesuai, misalnya untuk driver 18 inch setidaknya menggunakan material dengan ketebalan  18mm.
Lihat Juga :  Daftar Harga Speaker JBL Portabel Bluetooth Termurah 2019

2.  Brace kurang atau tidak ada.

Desain yang salah tentu saja sangat mungkin menyebabkan bass jauh yang diharapakan tidak maksimal. Tetapi yang paling penting juga adalah memberikan kekuatan tambahan yaitu dengan menambahkan BRACE atau penjepit sescukupnya supaya box tidak bergetar manakala menerima hantaman bass. Brace ini gunanya untuk menahan dinding box speaker, terutama pada bagian sisi yang lebih luas atau yang terkena tendangan speaker secara langsung. Jadi jika brace kurang atau tidak ada menyebabkan box mudah bergetar terutama untuk bass yang lebih keras.

Bass speaker sember tidak bulat

3. Sambungan yang kurang kuat atau kurang rapat

Sambungan yang kurang kuat bisa menyebabkan box speaker mudah bergetar, dan lem yang kurang bisa menyebabkan udara bocor. ini juga sangat mengurangi performa bass. Untuk itu pastikan menggunakan kombinasi lem yang kuat misalnya epoxy, skrup atau paku, tapi jangan terlalu banyak paku justru bisa menyebabkan material rusak

 

Jika perlu box speaker ditambahkan penguat tambahan pada setiap sudut sambungan, seperti pada gambar berikut :

Menambahkan penguat

 

Ini tak hanya memperkuat sambungan, juga berfungsi mengurangi hambatan suara sehingga keluarnya suara lebih los.

Tips:

  • Biar menjadi semakin maksimal, box speaker sebaiknya dilapisi dempul besi atau dilapisi dengan ressin supaya bahan menjadi lebih padat. Misalnya, Kamu juga bisa menambahkan resin pada cat tekstur. Ini tak hanya memperkuat material, juga bisa membuatnya lebih tahan lama/tak mudah rusak karena bahan tidak akan bisa menyerap air. Kalau perlu bagian dalamnya juga diresin.
  • Memasang bahan peredam pada dinding dalam box khususnya pada kompartemen speaker juga penting supaya dinding box speaker bisa menyerap getaran dan tidak diteruskan ke material sehingga rawan bergetar.penyebab bass tidak bisa jauh

Demikian tentang penyebab utama bass speaker lapangan tidak bisa jauh, suara pecah atau tidak bulat yaitu pada intinya karena box speaker yang kurang kuat. Karena kapasitas daya power amplifier yang besar, maka permasalahan box speaker ini menjadi lebih sulit daripada menagani speaker rumahan. JIka ingin hasil maksimal, maka semua juga harus diperhatikan mulai dari pangkal hingga ujung.

 

Tags:

Leave a Reply