Penyebab mesin motor berisik

Memang perlu bagi pemilik sepeda motor adalah untuk lebih dekat dan lebih mengenal  tungganganya tersebut, sehingga ketika ada gejala sekecil apapun bisa segera tahu sehingga bisa segera melakukan antisipasi dan terhindar dari kerusakan yang lebih parah. Termasuk gejala suara mesin motor yang berisik, awalnya kecil tapi lama kelamaan bisa merembet yang menyebabkan mesin motor butuh perbaikan besar yang banyak manak biaya. Antara komponen motor antar yang satu dengan yang lain ada keterikatan erat, Jadi sebaiknya pemilik segera mencari tahu apa penyebabnya dan segera memperbaikinya.
Suara mesin yang berisik ini seringkali dialami oleh mesin 4tak. Hal ini karena timbulnya suara paling banyak adalah ada pada sistem pembakarannya. Gejala mesin berisik memang tak serta merta membuat motor tidak bisa dikendarai, bisa saja namun pada beberapa kasus sangat berpengaruh kepada performa mesin. Jangan dibiarkan, segera perbaiki sebelum merembet mengenai komponen mesin yang lain!.

Berikut penyebab umum gejala suara berisik pada mesin sepeda motor:

Penyebab mesin motor berisik

Olie Encer/ berkurang

Olie yang tidak sesuai bisa menyebabkan mesin lebih berisik. jadi selalu gunakan olie rekomendasi dan jangan suka gonta ganti olie mesin. Lihat spesifikasi olie yang digunakan serta memperhatikan batas kilometer kapan harus diganti.

Olie mesin yang dipakai melebihi batas pemakaian bisa menyebabkan suara mesin berisik karena viskositas yang sudah encer dan sudah tak meredam panas lagi. ya oli selain untuk melumasi komponen mesin, juga berguna untuk mendinginkan.
Olie yang sudah berkurang karena pemakian juga bisa menyebabkan mesin berisik. Maka rajinlah memeriksa oli dengan menggunakan tutup pengukurnya. kenapa olie lebih cepat habis sebelum mencapai kilometer ganti, biasanya karena ada kebocoran pada gasket mesin, oversize atau kerusakan ring olie. Jika ring olie yang aus atau silinder waktunya oversize,  biasanya ditandai dengan keluarnya asap putih dari knalpot karena olie yang merembes ke-ruang bakar dan ikut terbakar bersama bensin.

Baut tertentu pada mesin ada yang kendor

Ini pernah saya alami. Suara berisik timbul akibat lupa mengencangkan baut dengan baik pada gear rantai kamprat. Akibatnya suara berisik terdengar keras dari mesin. Kemungkinan seperti ini kecil namun bisa saja terjadi oleh akibat yang lain.

Setelan Klep/Katup longgar

Setelan katup yang sudah longgar juga bisa menyebabkan mesin menjadi berisik. Setelan klep ini bisa berubah dengan sendirinya oleh berbagai sebab, oleh karena itu dianjurkan untuk melakukan service berkala sesuai dengan kilometer yang ditentukan.

Lihat Juga :  Bahan bakar alternatif pengganti Minyak Bumi

Rantai Kamprat Kendor

Rantai kamprat juga bisa mengeluarkan suara yang bersisik disebelah kiri mesin jika sudah mulai kendor. Untuk itu harus dilakukan penyetelan supaya kencang dan tidak berisik. Bisa jadi rantai kamprat tersebut memang sudah waktunya untuk diganti. Sebaiknya untuk segera menangani masalah ini apabila terjadi pada rantai kamprat motor anda.

Ring Piston/ring olie Aus

Jika ring piston aus, maka kerapatan piston dan dinding silinder akan berkurang. Akibatnya piston bisa bergetar sehingga mengeluarkan bunyi berisik. Bisa juga memang silinder minta dioversize karena jam terbangnya sudah tinggi atau sebab keausan yang lain. Jika ring olie yang aus, maka olie tidak akan melumasi silinder dengan maksimal. Hal ini juga akan menyebabkan mesin berisik, dan piston akan lebih cepat aus juga. Jika ini yang terjadi, mesin akan lebih cepat panas dan tenaga yang menurun drastis.

Kualitas bahan bakar

Bensin bisa bermacam macam. Biasanya bensin dinilai dari titik bakar atau oktan, bensin premium dikatakan bernilai oktan 90, lalu pertalite berangka oktan 92 – jadi jika menurut oktan, jenis pertalite lebih bagus daripada premium. Pada motor yang disarankan menggunakan oktan 92, bisa menyebabkan kinerja yang tak optimal dan berisik ketika diberi bensin dengan oktan 90 atau kebawah. Biasanya motor injeksi meminta kualitas bensin yang bersih supaya penyemprotan bahan bakar oleh injektor maksimal sehingga pembakaran sempurna dan tidak berisik.

Busi yang sudah tidak layak

Busi yang sudah tidak layak berarti tidak bisa memberikan percikan api yang baik. Api yang terlalu kecil atau tidak konsisten bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Pembakaran yang tidak sempurna ini bisa menjadi penyebab suara bersisik. Nyala busi yang normal berwarna biru, tidak memecah dan konsisten.

Penyetelan yang tidak tepat

Suara bersisik bisa diakibatkan oleh benturan antara piston dan klep akibat setelan derajat pengapian yang kurang tepat. Setelan klep yang terlalu longgar juga bisa mengakibatkan demikian.

Suara berisik akibat tertentu biasanya akan dibarengi mesin yang cepat panas. Suara berisik pada mesin motor harus segera ditangani, karena bisa saja penyebab awal kerusakan yang lebih parah.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *