Penyebab knalpot motor keluar asap putih

penyebab knalpot berasap putihAsap berwarna putih yang keluar dari knalpot motor itu bisa dipastikan adalah adanya pelumas/olie yang ikut terbakar bersama bensin+oksigen didalam ruang bakar. Tapi pada motor berjenis mesin 2 Tak, keluar asap berwarna putih justru adalah pertanda bagus, karena artinya olie samping sudah tercampur dengan bahan bakar dengan baik.

Lalu bagaimana jika yang keluar asap putih itu dari knalpot motor 4 tak?

Contoh motor yang menggunakan mesin 4tak adalah merk Honda dari sebagian besar type yang dijual di Indonesia. Contoh motor mesin 4tak pabrikan lainnya adalah yamaha vega, jupiter, scorpio, dll atau pada suzuki yaitu suzuki smash dan shogun, dll. Jika belum paham tentang sistem kerja mesin otomotif 4 langkah, baca : Sistem kerja Mesin 4 tak

Ini yang menjadi masalah.

Pada motor 4 tak tidak menggunakan oli samping seperti pada motor 2 tak, jadi jika keluar asap putih maka bisa dipastikan adanya olie mesin yang merembet kedalam ruang bakar. Nah, olie mesin yang merembet kedalam ruang bakar inilah yang terbakar sehingga keluar asap putih pada knalpot.

Penyebab Olie merembet kedalam silinder mesin:

  1. Piston yang sudah oblak terhadap dinding silinder, hal ini disebabkan oleh silinder liner yang sudah aus atau diameternya bertambah akibat gesekan terus-menerus. Akibatnya cengkeraman ring olie terhadap dinding silinder menjadi berkurang, lalu kemudian pelumas tidak bisa dibesut sampai bersih dari dinding silinder – akhirnya sisa pelumas ini akan terdorong lagi masuk kedalam ruang bakar dan ikut terbakar. Cara mengatasinya: Harus mengganti piston dengan ukuran (size) yang lebih besar. Dalam istilah perbengkelan hal ini dikenal dengan sebutan “Oversize”. Tanda tanda silinder harus oversize ditandai juga dengan semakin loyonya tenaga motor selain keluar asap putih. Tidak asal ganti saja, karena ukuran piston tersedia berdasarkan angka oversize, bisa 25, 50, atau 100. Karena keausan dinding silinder ini tidak mengenal angka, maka supaya sesuai silinder harus di kolter dengan mesin bubut sesuai dengan angka kebutuhan yang paling mendekati angka ukuran oversize pada sebuah piston. Bagaimana mengukur keausan cylinder liner? pakai alat yang namanya jangka sorong.
  2. Piston yang aus juga bisa mengakibatkan kebocoran olie. Jika keausan silinder tidak ditemukan, maka piston harus diperiksa apakah ada kerusakan.
  3. Ring olie yang aus juga menjadi penyebab utama motor mengeluarkan asap putih. Tugas ring Ring oli adalah memberikan pelumasan kepada dinding silinder. Salah satu Akibat dari ring olie yang aus adalah tidak mampu menahan olie agar tidak merembet kedalam ruang silinder. JIka piston tidak menunjukkan tanda keausan juga, maka ring olie bisa menjadi masalahnya.
  4. Sil klep yang sudah mengeras atau sobek juga bisa mengakibatkan olie bocor kedalam ruang bakar. Sil klep yang sudah mengeras akan menyebabkan batang klep menjadi longgar sehingga menjadi jalan bagi olie untuk masuk kedalam ruang bakar.
  5. Paking antara blok dan kop silinder yang tidak terpasang dengan baik juga bisa mengakibatkan olie bocor kedalam ruang bakar. Walaupun hal ini kecil kemungkinannya, namun bisa saja terjadi pada mesin motor anda.

CATATAN:

  • Silinder yang aus bukan berarti harus dikolter, karena Anda bisa menggantinya dengan suku cadang yang baru sehingga kondisi mesin masih terjaga tetap standard. Sebab kalau silinder di kolter/oversize maka CC motor akan bertambah sehingga mesin akan menjadi lebih boros bahan bakar.
  • Pada motor keluaran terbaru mungkin sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan kolter atau oversize; sehingga jika ditemukan dan sudah bisa dipastikan silinder mengalami keausan maka jalan satu-satunya adalah menggantinya dengan suku cadang yang baru.

Apa Akibat jika mesin sepeda motor 4tak berasap?

  1. Karena asap tersebut dari kebocoran olie, maka akibat yang sudah jelas adalah cepat habisnya olie mesin. Jika olie habis dan tidak ketahuan, maka pada akhirnya bisa sangat fatal terhadap mesin secara keseluruhan jika tidak segera di tambah.
  2. Jika diakibatkan oleh ausnya dinding silinder atau piston, maka sudah jelas bahwa motor akan kehilangan tenaganya alias motor menjadi loyo.
  3. Ruang bakar akan cepat dipenuhi oleh kerak yang menebal, akibatnya ruang bakar menjadi sempit dan pembakaran menjadi tidak sempurna. Hal ini juga akan sangat berpengaruh terhadap performa mesin.
Lihat Juga :  Tips Modifikasi Mobil bagi Pemula

Cara memeriksa mengatasi motor 4 tak mengeluarkan asap putih

  1. Langkah pertama, lihatlah apa ada tanda-tanda rembesan oli disekitar silinder head/kop. Dan jika tenaga mesin masih terasa bagus, maka bisa jadi hanya ada rembesan oli yang disebabkan paking silinder kop mesin atau sil klep yang bocor.
  2. Jika tenaga motor terasa sangat loyo, maka bisa jadi yang terjadi adalah keausan pada ring oli atau silinder sudah harus oversize. Untuk memastikannya, Anda perlu menggunakan alat uji tekanan kompresi. Tekanan kompresi yang rendah selain disebabkan karena ausnya ring oli, silinder yang oversize, juga bisa krena keausan piston. Pemeriksaan ini hanya bisa dilakukan dibengkel yang memiliki alat tersebut dan dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.
  3. Jika umur motor lebih dari lima tahun, ada kemungkinan jika silinder memang sudah harus oversize.

Untuk memeriksa penyebabnya secara pasti, tentu harus membongkar blok mesin, kemudian memeriksa bagian komponen mana yang menjadi penyebab keluarnya asap putih. Jika anda tidak mengerti mesin sebaiknya motor di bawa kebengkel, karena ini tergolong reparasi tingkat advance yang butuh skil dan pengalaman mesin. Disini saya tidak memberikan tutorial cara membongkar, memeriksa dan mengganti sparepart yang diperlukan, karena jika Anda memutuskan membongkar sendiri, maka saya anggap Anda sudah mengetahui dasar-dasar mesin otomotif/terutama motor.

Tip-tip penting :

  • Jika anda memutuskan untuk membongkar mesin sendiri, ganti sekalian sil klep/katup, skir klep dan bersihkan ruang bakar. Ingat juga!!!,, jangan menggunakan onderdil KW, gunakanlah yang orisinil. Karena ini tergolong reparasi motor tingkat tinggi, jadi jangan sampai belum berapa lama anda sudah harus membongkar silinder lagi dan keluar asap putih lagi. Repot lagi kan?.. 🙂 .
  • Onderdil KW juga belum tentu menggunakan campuran bahan yang sesuai dengan komponen yang bergesakan lain, bisa jadi lebih keras atau lebih lunak. Perlu diketahui, campuran bahan untuk membuat komponen mesin itu tidak sembarangan, perlu uji dan penelitian khusus. Jadi jika bahan dari onderdil KW yang tingkat kekerasannya melebihi standart pabrik, maka justru bisa mempercepat keausan komponen lain yang orisinil yang bergesekan dengannya. Jika bahan yang digunakan terlalu lembek dari standard, maka umur pemakaiannya tentu tak akan lama. Nah, onderdil orisinil sudah diukur kemampuan, kekuatan, daya tahan, umur pakai normal, dll sehingga sesuai dan aman dengan komponen yang ada lainnya.
  • Agar motor tidak mengalami kerusakan seperti diatas secara dini, maka sebaiknya secara rutin mengganti minyak pelumas sesuai dengan kilometer yang disarankan; dan gunakan minyak pelumas atau olie yang spesifikasinya disetujui oleh produsen – awas olie palsu!. Hal ini penting terutama agar dinding silinder tak cepat aus atau terjadi goresan yang menyebabkan knalpot keluar asap putih
  • Gunakan gigi percepatan sesuai dengan kecepatan (pada motor manual/motor bebek non matic), saat kondisi di mana jalan menanjak, mana jalan lurus, saat motor dijalankan gigi persneling harus sesuai. Hal ini agar ring dan piston tidak cepat lembek yang bisa menyebabkan masalah kenalpot berasap putih.

12 Comments

  1. Rival April 4, 2018
    • Supri April 6, 2018
  2. Saifulloh Juli 14, 2017
    • Supri Agustus 6, 2017
  3. risfal Juni 20, 2017
  4. Bima Aji Januari 26, 2017
    • Supri Januari 27, 2017
  5. sanna sapputra April 6, 2016
  6. billy reza putra Desember 22, 2013
  7. habiby nda Januari 28, 2013
    • Supri Adi Januari 29, 2013
    • Mohamad Roynal Guma November 14, 2013

Leave a Reply