Apakah Aki Kering Motor Yang Soak Bisa Diperbaiki? Begini cara-caranya.

Aki kering motor soak direparasi bisa normal lagi, hoax atau bukan ya? Aki ini adalah suku cadang yang termasuk vital, karena selain menghidupkan starter juga menghidupkan lampu tanda seperti lampu sign, lampu rem dan headlamp yang harganya lumayan juga terutama aki kering atau free maintenance battery. Nah tak sedikit orang yang berfikiran dan bertanya pada diri sendiri ” Apakah  aki ini bisa diperbaiki?”

Merestore Aki Motor Soak, Memang Bisa?

Sebelum kita berbicara tentang aki, sebaiknya mengenal seperti apa aki dibuat dan bagaimana cara kerjanya supaya bisa menjawab pertanyaan tersebut dan bisa menemukan permasalahan yang umum terjadi pada aki yaitu :

  • Ngedrop, dicas bisa tapi tak lama habis kembali
  • Bisa untuk lampu tapi untuk starter tidak bisa
  • Ada strum tapi kecil dan tak bisa dicas
  • Mati total alias tidak ada tegangan samasekali
  • Dll

Permasalahan diatas bisa saja terjadi pada aki baru atau yang belum 2 tahun dimana yang belum mencapai batas umur atau calendar live.

INI PENTING UNTUK DIPAHAMI : yaitu calendar live atau umur pemakaian dari aki itu sendiri, yakni jika sudah mencapai umur pemakaian tersebut.

Jika kita melihat vidio di yutube, kayaknya mudah merestorasi aki yang soak, hanya tinggal menyuntikkan air aki dengan cairan aki merah atau biru maka aki sudah bisa jreng kembali. Ini susah diterima akal karena aki kering hanya menggunakan sedikit air aki tapi disuntik dengan air aki yang berCC banyak.  Padahal ketika aki sudah tidak normal tegangannya berarti ada masalah didalam terutama cell akinya.

Penyebab kerusakan aki kering untuk motor?

Jika aki kering sudah mencapai batas umur pakai, komponen tertentu memang sudah diperkirakan akan rusak dalam rentang umur pakai tersebut yaitu :

  1. Bisa cairannya kering atau habis total
  2. Bisa elemennya sudah tipis dan berlubang-lubang
  3. Bisa koneksi antar cell kendor bahkan putus
  4. Antara cell positif aki dan cell negatif saling bersentuhan/short karena bahan isolatornya rusak

Dalam keadaan diatas salah satu saja(apalagi semua) maka tak mungkin aki bisa jreng kembali hanya disuntik air aki jenis apapun. 😀

Jika aki kering belum mencapai batas umur pakai, tapi sudah bermasalah maka masalah yang bisa terjadi pada komponen aki adalah :

  • Koneksi antar cell ada yang kendor sehingga ampere turun atau bahkan putus yang menyebabkan aki tidak mengeluarkan tegangan lagi.
  • Cell aki ada yang rusak atau short atau cairan kering

Kerusakan bisa saja karena mungkin aki digunakan secara salah, misalnya mesin yang susah distarter tapi selalu dipaksa pakai electric starter. Salah dari proses pembuatan juga bisa saja misalnya cairan kurang.

Nah kalau yang ini kasusnya, maka disuntik air aki bisa saja aki bisa berhasil jreng lagi. Tapi bisa juga  bisa tidak berhasil. Tidak bisa berhasil apabila aki yang lemah itu rusak pada jalur koneksi antar cell, dan atau elemen sudah rusak atau short.

Bisa jreng kembali setelah disuntik apabila aki hanya kekurangan cairan? tapi kemungkinan bisa normal kembali kecil.

Jadi kesimpulannya jangan terlalu berharap menyuntik aki kering yang bermasalah lalu aki bisa jreng kembali. Kalau sekedar ujicoba sih ya tak masalah pokoknya jangan terlalu berharap. Apalagi aki yang sudah berumur.

Jadi apakah aki kering soak bisa diperbaiki lagi?

Jawabnya bisa saja! asal ngerti permasalahannya dan ini harus dipastikan dengan cara mengujinya. Bagaimana mengujinya? ya harus dibuka dulu casingnya baru kita bisa mengetahui dan memastikan penyebabnya aki kering bermasalah baik pada arus yang kurang sehingga tak bisa starter  atau tidak keluar arus samasekali.

Bagaimana cara bongkar aki kering? Tidak bisa karena dibuat permanen oleh pabrik, kecuali dengan jalan menggergaji tutup bagian atasnya. Berikut garis untuk memotong aki kering dengan gergaji untuk membukanya. Ini adalah ketika kita hanya perlu memeriksanya dan memperbaiki kerusakan ringan jika ada misalnya menyolder kembali koneksi antar cell jika ada yang putus. Hanya itu atau sekalian menambahkan air aki jika cell hampir kering.

Jadi jika masalahnya adalah cell yang rusak maka cara memotong demikian tidak mungkin jika akan memperbaiki cell atau menggantinya. Jadi hanya untuk aki yang belum lama saja, jika aki yang sudah experied ya sebaiknya tidak perlu karena buang-buang waktu saja kecuali kalau memang mau memperbaiki secara total(dibahas dibawah)

cara perbaiki aki kering soak

Nah setelah dipotong atasnya seperti gambar diatas, maka akan tampak isi aki kering yaitu koneksi antar pin cell aki dan ruang cell yang ada seperti berikut:

Memperbaiki aki kering

Keterangan gambar :

  • Warna Merah kutub positif aki, warna hitam kutub negatif aki
  • Angka 1-3-5-7-9 adalah kutub cell NEGATIF. Angka selain itu adalah kutub cell positif.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Memeriksa cell dengan cara melihat dengan mata saja. Cari kemungkinan masalah, yaitu apakah cairan aki sudah benar-benar tidak ada samasekali atau bahkan cell terlihat rusak dan berkarat.  Jika cell terlihat rusak dan berkarat, maka artinya kita harus mengganti atau memperbaiki cell jika mungkin(dibahas dibawah).

Memeriksa setiap cell dalam aki.  Dalam gambar diatas tampak ada 6 kolom, yaitu perkolomnya adalah cell-cell dari aki kering tersebut. Tiap kolom menghasilkan tegangan 2 Volt lebih dikit, dan ini daripabrik sudah dihubungkan secara seri antar kolom sehingga nanti keluar 12Volt dari kutub aki karena ada 6 kolom. Jika tiap cell aki terlihat airnya sudah kering(harusnya terlihat airnya nyemek atau basah) maka berikan air aki merah atau biru secukupnya asal terlihat basah dulu.

Lihat Juga :  Ciri Kerusakan Kopling Mobil Transmisi Manual Paling Umum

Periksa tegangan : Gunakan voltmeter, apakah aki dalam keadaan tanpa tegangan atau ada meskipun kurang atau bahkan tidak ada tegangan samasekali?  Coba deh di cas dulu, dan lihat apakah ada reaksi cell terlihat ada pengisian yaitu ditandai bergelembung diantara cell. Jika tidak ada reaksi, bisa jadi koneksi antar cell ada yang putus!(dibahas dibawah)

Jika ada reaksi pengisian, maka biarkan dulu 1/2 jam jika pakai charger 5A. Jika sudah selesai dicas kemudian periksa dulu tegangan antar kutub aki dengan voltmeter, yaitu :

  1. Cell 1/Kolom 1 : Periksa, probe merah pada kutub aki positif dan probe hitam pada angka 1 pada gambar.
  2. Cell 2/Kolom 2 : Periksa probe merah pada angka 2 dan probe hitam pada angka 3 pada gambar.
  3. Cell 3/Kolom 3 : Periksa probe merah pada angka 4 dan probe hitam pada angka 5 pada gambar.
  4. Cell 4/Kolom 4 : Periksa probe merah pada angka 6 dan probe hitam pada angka 7 pada gambar.
  5. Cell 5/Kolom 5 : Periksa probe merah pada angka 8 dan probe hitam pada angka 9 pada gambar.
  6. Cell 6/Kolom 6 : Periksa probe merah pada angka 10 dan probe hitam pada kutub negatif aki pada gambar.

Jika tiap cell aki keenamnya bisa mengeluarkan tegangan 2v lebih sementara pada kutub aki positif dan negatif terukur 12V lebih mungkin setiap cell masih bagus kondisinya. Jika ada salah satu yang tegangannya dibawah itu, maka bisa jadi cell tersebut sudah drop maka harus dicek kondisi cellnya(dibahas dibawah). Dan ini tak mungkin aki bisa normal lagi selama cell tersebut tegangannya tidak normal.

Lanjut. Jika ternyata tiap cellnya mengeluarkan tegangan yang sama 2V, maka sekarang coba diuji dengan starter apakah bisa? tapi dengan catatan harus dicas dulu sampai penuh(pakai charger yang otomatis) biar tahu betul. Jika 3 kali starter ternyata bisa, maka kemungkinan aki sudah normal tapi hanya kekurangan cairan. Jika hanya kuat sekali starter atau cuma bunyi relai ceklek ceklek saja, maka bisa jadi ada koneksi antar cell yang kurang baik. Untuk memperbaikinya coba :

Soder dan sambungkan setiap kutub cell yang ada yaitu pada gambar pada angka 1 dan 2 , 3 dan 4, 5 dan 6, 7 dan 8, 9 dan 10. Bagaimana cara menyambungnya? Alatnya cuma solder tapi yang wattnya 150 lebih tapi terlebih dahulu bersihkan sebelum disoder dengan cara dikerik menggunakan kater dan dipancing dengan timah solder sebelumnya. Kemudian hubungkan pin tiap cell tadi dengan cara dilumuri dengan timah, sebab kalau pakai kabel akan korosi dan putus lagi.

Jika sudah selesai, cas lagi sampai penuh. Coba dipakai hidupkan starter pada motor! Harusnya sudah bisa jreng untuk beberapa kali starter. Jika tidak bisa juga, maka bisa dipastikan bahwa cell cell sudah ada yang berlubang sehingga arusnya turun. Maka kita harus mengganti cell tersebut, atau membuangnya saja.

Memperbaiki aki kering yang cell-nya rusak.

Memperbaiki cell aki kering mungkin bisa kalau hanya sekedar putus pinnya dengan cara disoder disatukan kembali. Atau jika berlubang 1 atau cuma 2 saja maka mungkin bisa ditambal walau susah hampir tidak mungkin. Yang paling mungkin adalah menggantinya dengan cell baru, atau copotan dari aki lain yang masih baik.

Jika isolator antar cell negatif dan positif yang rusak, ini bisa diganti dengan tissu basah dan ditata ulang seperti cell aki negatif dan positif pada umumnya.

Jika semua sudah dilakukan dengan baik, selanjutnya adalah mengisi ulang cairan aki merah atau biru hanya untuk membasahi saja. Kemudian diicas sambil dilihat apakah cairan kering, jika iya maka tambah lagi cairan secukupnya karena yang sebelumnya sudah meresap kebawah. Cas lagi aki sampai indikator penuh .

Untuk merestore cell aki begini butuh pengalaman dan tahu ilmu baterai kering, dan memotongnya harus penuh supaya memungkinkan untuk mengeluarkan cell yang ada. Kamu bisa melihat vidio tentang merestore aki diyutub banyak.

Merestore cell seperti ini bisa berhasil dengan baik jika dilakukan dengan benar, meskipun bisa gagal juga. Tapi saya kira rugi karena butuh waktu lama untuk mereparasi cell aki terutama total semuanya, dan juga berisiko gagal jika ada kesalahan. Saran saya mending kamu beli aki baru saja, tapi kalau sebagai media pembelajaran ya tidak ada ruginya orang belajar.

Sekarang bagaimana ? apakah memutuskan mereparasi sendiri aki kering sepeda motor yang sudah soak, atau beli baru saja? Kalau menurut saya tergantung. Jika aki-nya rusak terlalu dini (belum habis masa calendar lifenya) oke-oke saja karena masih ada peluang berhasil karena ada kemungkinan cell-nya masih bagus. Kalau aki kering sudah lewat umur pakainya, lebih baik dijual saja atau tukar tambah daripada buang-buang waktu tapi gagal karena kemungkinan besar cellnya sudah rusak semua. 😀

Hoax atau bukan merestorasi aki kering? Saya kira tidak hoax karena kenyataanya banyak tukang aki yang menjual aki bekas. Hanya saja tukang aki tidak b0d0h, mereka orang berpengalaman dibidangnya yang paham mana aki yang bisa diperbaiki dan mana aki yang malah rugi jika memaksa untuk diperbaiki. Semoga mendapat manfaat dan bisa mengambil kesimpulan dari artikel mengenai apa bisa aki kering yang soak diperbaiki.

Leave a Reply