Gambar TV Digital Patah-patah Seperti Kaset DVD Rusak

Gambar TV Digital patah-patah Seperti Kaset DVD Rusak adalah hal lumrah yang sering dijumpai pada penerimaan channel siaran TV digital. Tentu saja ini membuat tidak nyaman untuk ditonton karena informasi gambar tidak tersampaikan dengan jelas.

TV digital baru saja menggantikan siaran TV analog 100%, dan anda mungkin belum terbiasa dengan karakteristik jenis digital. Baik TV analog maupun digital keduanya sama-sama mengandalkan kekuatan sinyal yang diterima untuk dapat menampilkan gambar dengan baik tetapi ada bedanya. Pada TV analog, ketika sinyal yang diterima oleh blok penerima sinyal buruk maka gambar akan nampak nois alias kepyur-kepyur dan suara ngosos pada speaker.
TV digital gambar patah-patah

Nah bedanya dengan TV digital ; pada TV digital, layar TV hanya akan menampilkan gambar dengan baik jika kekuatan sinyal mencukupi. Jika kekuatan sinyal tidak mencukupi maka TV tidak akan menampilkan gambar samasekali atau gambar akan tampil cacat seperti ngelag, tersendat sendat, kotak kotak dan putus-putus dan memang mirip sekali dengan kaset DVD rusak.

Faktor penyebab TV Digital Gambar Tampil Patah-patah dan Solusinya

Faktor utama yang menyebabkan TV digital gambar patah-patah, tersendat-sendat, kotak kotak atau putus putus kemungkinan besar atau pada umumnya akibat penerimaan sinyal yang lemah. Tetapi bisa ada beberapa faktor teknis lainya yang bisa menyebabkannya. Di bawah ini, saya akan memberikan beberapa penjelasan lebih lanjut tentang penyebab dan solusi dari masalah tampilan gambar yang buruk pada siaran TV digital:

Faktor internal

Kualitas Sinyal yang Buruk

Kualitas sinyal yang buruk adalah penyebab umum gambar yang patah-patah atau tersendat-sendat atau patah-patah pada siaran TV digital tanpa internet. Sinyal yang lemah atau terganggu dapat mengakibatkan hilangnya beberapa paket data, yang pada akhirnya menyebabkan ketidaksempurnaan pada tampilan gambar.

Solusi:

  • Periksa kabel antena Anda untuk memastikan tidak ada kabel yang rusak, terputus, atau longgar. Cek juga jek dan soket antena apakah bagus sambungannya.
  • Pastikan antena TV Anda berada di tempat yang tepat dan menghadap ke arah pemancar TV. Hindari penghalang fisik seperti dinding tebal atau benda-benda besar yang bisa menghalangi sinyal, terutama yang berbahan logam seperti atap seng/spandex.
  • Jika Anda berada di area dengan sinyal yang lemah, pertimbangkan untuk menggunakan antena penguat atau antena yang lebih kuat untuk meningkatkan kualitas penerimaan sinyal.
  • Periksa setingan pada sistem penerimaan pada menu pencarian, yaitu pastikan mengganti ke mode Power antena : On jika tanpa booster.

Baca juga : Tangkapan Channel Siaran TV Digital Sedikit Atau Tidak Lengkap

Resolusi Gambar terlalu tinggi

TV digital memiliki resolusi gambar penerimaan yang bisa disesuaikan. Resolusi gambar ini yaitu 520i/p, 720p, 1080i/p. Resolusi 520 adalah resolusi terkecil dan yang terbesar adalah 1080.

Semakin besar resolusi yang di pilih pada setelan gambar pada TV digital maupun STB anda maka akan semakin membutuhkan kekuatan sinyal yang semakin bagus. Jika penerimaan sinyal pada perangkat TV/STB digital anda lmah misalnya 50% maka gambar akan mengalami gangguan berupa patah patah atau ngadat jika resolusi penerimaan yang dipilih terlalu besar.

Baca Juga :  Sejarah Kamera

Solusi :

Ubah setelan gambar yaitu resolusi pilih yang lebih rendah, misalnya gambar patah-patah ketika  memilih resolusi 1080p maka ubah ke seteln resolusi gambar 720p, atau lebih rendah.

Booster/penguat sinyal rusak

Booster atau penguat sinyal tambahan biasanya ditambahkan oleh penduduk didaerah yang lemah sinyal alias jauh dari pemancar. Alat penguat sinyal yang rusak dapat menyebabkan masalah, tidak menguatkan sinyal malah melemahkannya yang pada akhirnya menyebabkan gambar menjadi tampil patah patah.

Faktor eksternal

Interferensi Elektronik

Interferensi elektronik dapat menyebabkan gangguan pada sinyal TV digital, terutama jika ada perangkat elektronik lain yang beroperasi di dekat TV Anda. Hal ini dapat terjadi ketika perangkat-perangkat seperti router Wi-Fi, ponsel, atau perangkat lainnya menyebabkan gangguan pada frekuensi sinyal TV.

Solusi:

  • Tempatkan perangkat elektronik lainnya sejauh mungkin dari TV dan antena.
  • Jika memungkinkan, gunakan kabel antena yang lebih pendek, karena panjang kabel yang berlebihan juga dapat menyebabkan interferensi.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan filter interferensi yang dirancang khusus untuk TV digital, yang dapat membantu mengurangi gangguan dari perangkat elektronik lainnya.

Cuaca Buruk

Cuaca buruk, seperti hujan lebat atau badai petir, dapat mempengaruhi kualitas sinyal TV digital. Sinyal dapat dipantulkan atau dihambat oleh hujan atau awan tebal, menyebabkan tampilan gambar menjadi terganggu.

Solusi:

  • Jika cuaca buruk, Anda mungkin harus bersabar dan menunggu sampai kondisi cuaca membaik untuk mendapatkan tampilan gambar yang normal kembali.
  • Periksa apakah antena Anda berada dalam kondisi yang baik dan tidak rusak. Jika perlu, lindungi antena dengan perisai cuaca atau penutup plastik untuk menghindari kerusakan akibat cuaca buruk.

Gangguan Siaran dari Stasiun Pemancar

Kadang-kadang, masalah bukan berasal dari peralatan Anda, tetapi dari stasiun pemancar itu sendiri. Gangguan teknis atau masalah teknis pada stasiun pemancar dapat menyebabkan gambar yang buruk pada siaran TV digital.

Solusi:

Jika Anda yakin bahwa peralatan Anda dalam kondisi baik, dan masalah gambar terjadi pada semua channel, kemungkinan besar masalahnya ada pada stasiun pemancar. Dalam hal ini, Anda hanya perlu bersabar dan menunggu stasiun pemancar memperbaiki masalah tersebut.

Faktor Kerusakan pada TV Digital DTV atau STB

Gambar tampil patah-patah pada TV digital bisa disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada perangkat digital anda baik DTV maupun STB. Kerusakan yang terjadi pada bagian tuner atau sistem penerima signal pada perangkat DTV/STB dapat menyebabkan perangkat menjadi kurang peka sehingga tidak dapat menerima signal dengan kualitas yang bagus. Anda bisa mempertimbangkan kemungkinan faktor ini jika sudah memastikan bahwa faktor-faktor yang sudah dijelaskan diatas tidak ada masalah.

Solusi :

Jika memang kerusakan ada pada perangkat, solusinya tentu hanya ada 2saja yaitu Diservis atau di lem biru

Baca juga : Kenapa TV Digital Sering Tidak Ada Sinyal

Kesimpulan:

Siaran TV digital dapat mengalami masalah tampilan gambar yang tersendat-sendat atau patah-patah. Penyebabnya dapat bervariasi, mulai dari kualitas sinyal yang buruk, interferensi elektronik, cuaca buruk, hingga masalah pada stasiun pemancar. Dengan memeriksa peralatan Anda dan mengikuti solusi yang dijelaskan di atas, Anda dapat meningkatkan kualitas tampilan gambar dan menikmati pengalaman menonton TV yang lebih baik.

Leave a Reply