8 Perlengkapan Penting yang Harus Ada Didalam Mobil Anda

Meskipun Anda memiliki asuransi mobil yang lengkap yang siap untuk melindungi Anda saat keadaan darurat jalan, tapi setiap pengemudi harus selalu siap dengan perlengkapan emergency/darurat. Mengapa? Karena siapapun tidak bisa mengantisipasi keadaan darurat atau kecelakaan yang tak kita inginkan bersama bisa saja terjadi setiap saat. Ada hal-hal yang sangat Anda butuhkan saat harus menghadapi situasi darurat.

Berikut ini 8 daftar peralatan penting yang harus Ada dalam mobil Anda.

Perlengkapan harus ada dalam mobil Anda

Photo: PIXABAY

1. Kotak P3K

P3K adalah perlengkapan yang selalu bisa berguna ketika keadaan darurat. Anda bisa membelinya satu paket lengkap di apotek. Produk penting dalam kotak P3K pertama harus mencakup perban, kain kasa, plester, antiseptik, krim bakar, antibiotik, obat penghilang rasa sakit, antihistamin (untuk alergi), kapas dan lap, serta pembersih tangan.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic VS Manual

2. Alat Pemadam Api

Mobil Anda adalah produsen api, disana ada bahan bakar dan pemantik(busi dan alat-alat kelistrikan lain). Dan ketika alat-alat pembuat api ini tidak berjalan dengan semestinya, sangat mungkin bisa membakar kendaraan Anda. Baca juga : Mobil Terbakar Saat Berjalan, Penyebab, Dan Cara Pencegahannya
Sudah banyak kejadian mobil terbakar dan sudah merupakan fakta yang seringkali dikhawatirkan oleh pengemudi. Ini bisa sangat berbahaya karena Anda berurusan dengan bahan bakar yang mudah terbakar seperti bensin. Jika Anda menemukan kemunculan api, anda bisa segera ambil tindakan dengan menyemprotnya dengan alat pemadam.

Tapi meskipun telah tersedia alat pemadam api, namun ketika api sudah membesar dan membahayakan dan atau Anda panik, maka masih lebih baik lari menjauh karena memadamkan sendiri tanpa pengalaman bisa membahayakan diri sendiri.

3. Ban serep, dongkrak, dan alat penambal ban(pompa portabel dan penambal ban)

Ban serep mungkin Anda sudah paham apa gunanya, dan sepertinya jarang ada mobil yang tanpa dilengkapi ban serep. Namun seringkali orang lupa keberadaannya sehingga banyak yang mengabaikan melakukan pengecekan rutin. pastikan ban serep mobil anda siap pakai sebelum bepergian.

Namun Anda juga bisa melengkapi mobil dengan alat tambal ban portabel terutama jika berencana bepergian jauh ke daerah yang sekiranya sulit untuk menemukan bengkel karena Anda bisa menambal untuk sementara sebelum Anda menemukan bengkel.

Lihat Juga :  Tips Agar sepeda motor irit bensin

4. Segi Tiga Pengaman

Segitiga pengaman adalah alat yang berguna untuk memberitahu pengemudi lain jika mobil Anda sedang berhenti. Signal darurat sangat penting bahkan diwajibkan ada didalam mobil oleh UU. Berhenti dibahu jalan adalah sangat berbahaya terutama ketika dijalan tol, sehingga sangat dilarang. Namun ketika dalam kondisi darurat misalnya ban meletus atau hal lain yang menyebabkan mobil Anda tidak bisa berjalan, maka sinyal darurat harus ada untuk menghindari mobil tertabrak dari belakang oleh pengemudi lain. Pasan segitiga pengaman atau sinyal darurat pada jarak yang aman dari kendaraan Anda.

5. Lampu senter atau lampu penerangan emergency

Lampu wajib ada sebagai perlengkapan darurat pada mobil. Tidak ada yang tahu jika mobil Anda nanti akan kempes ban atau gangguan mesin pada saat malam hari di jalanan yang gelap tanpa penerangan. Pastikan Anda membawa penerangan darurat.

6. Kabel Jumper

Keberadaan kabel jumper juga merupakan suatu keharusan di setiap mobil. Tak sedikit pengemudi yang lupa mematikan lampu utama mobil sehingga baterai mobil terkuras habis sehingga tidak bisa distart. Dalam kondisi seperti ini kabel jumper sangatlah penting untuk membantu men-start mobil dengan bantuan baterai dari mobil lain.

Baca buku manual tentang cara aman untuk menjumper start mobil Anda.

7. Cutter dan palu

Apapun bisa terjadi, namun yang penting selalu perhatikan keamanan dan keselamatan. Cutter bisa berguna untuk memotong seatbealt ketika macet saat Anda merasa harus segera keluar dari mobil misalnya ketika mobil tiba-tiba terbakar atau terguling karena kecelakaan. Sementara palu bisa dipakai untuk memecahkan kaca ketika pintu macet tak  bisa dibuka pada saat kondisi darurat yang sama.

8. Buku panduan manual mobil

Buku petunjuk manual mobil berisi instruksi-instruksi apa pun untuk membantu Anda dalam memecahkan masalah dengan mesin mobil Anda. Misalnya mengecek dan mengganti sekring, cara mengganti ban, atau hal lain yang penting untuk dipahami.

Sudahkah 8 alat penting diatas sudah ada didalam mobil Anda? Jika belum Ada pertimbangkan untuk melengkapinya sebelum merasa menyesal ketika kondisi darurat benar-benar Anda alami ditengah perjalanan – namun semoga saja tidak.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *