Cara Merawat Kulkas Bengan baik dan Benar Sehingga Efektif dan Awet

Kulkas adalah rumah yang nyaman dan bermanfaat bagi bahan-bahan makanan Anda supaya kesegarannya bisa bertahan lebih lama. Kulkas termasuk perabotan rumah tangga yang tidak rewel meskipun bekerja secara non-stop 24/7, dan jarang sekali rusak meskipun telah dipakai selama bertahun-tahun. Namun cara-cara perawatan yang tidak benar bisa saja memperpendek umurnya, atau setidaknya perawatan yang salah menyebabkan pemborosan listrik. Baca juga : Cara Menghemat Tagihan Meteran Listrik Ini Akan Signifikan Anda Rasakan

Berikut Tips sederhana Merawat Kulkas Dengan Benar

cara merawat kulkas dengan baik dan benar

Menyetel suhu yang tepat

Menyetel suhu yang tepat dan tetap menjaganya agar stabil, tidak saja akan menghemat listrik, tapi juga akan memperpanjang umur simpan bahan makanan terutama seperti buah dan sayuran segar. Sayuran-sayuran seperti ini akan lebih awet jika suhunya stabil, tidak dirubah-rubah. Suhu kulkas yang disarankan adalah 37°F atau 0° pada frezzer.

Tidak Memaksa kulkas terlalu bekerja keras

Jangan mengisi kulkas Anda dengan makanan yang masih panas karena hal itu akan membuat kulkas Anda harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mendinginkan. Sebaiknya menunggu hingga suhu makanan menjadi dingin dengan meletakannya sementara di atas meja sebelum dipindahkan ke kulkas untuk didinginkan atau dibekukan.

Baca juga :

Mengisi kulkas lebih banyak bahan

Jika kulkas Anda kosong, maka akan menyisakan ruangan kosong yang akan diisi oleh udara, sehingga ini akan mengurangi efisiensinya. Simpan barang-barang yang memiliki sifat bisa menyerap dingin lebih baik misalnya botol-botol minuman, kaleng makanan, dsb karena ini akan menyerap udara hangat yang masuk ketika Anda membuka pintunya.

Memastikan pintu kulkas bisa tertutup rapat

Jika pintu kulkas sudah tidak bisa lagi menutup dengan sempurna, misalnya kotor menyebabkan udara dingin keluar dan tergantikan oleh udara hangat dari luar. Hal ini tentu akan menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhunya, sehingga bisa memperpendek usia optimalnya atau setidaknya menyebabkan pemborosan listrik.

  • Bersihkan pinggiran pintu kulkas dengan baking soda setidaknya 6 bulan atau 1 tahun sekali.
  • Jika pintu sudah rusak tidak bisa menutup sempurna, sebaiknya segera diperbaiki oleh teknisinya.

Saat membuka kulkas

Jangan terlalu lama membuka pintu kulkas saat memasukkan atau mengambil sesuatu. Untuk itu supaya lebih mudah dan cepat, kelompokkan barang-barang seperti minuman, sayur, makanan, dsb. Jika lampu kulkas mati sebaiknya diganti supaya tidak terlalu lama dalam mencari atau meletakkan bahan-bahan.

Bersihkan bagian dalam kulkas Anda secara teratur

Memang bukan pekerjaan yang mudah membersihkan kulkas jika isinya sedang penuh. membersihkan kulkas bisa 1 bulan sekali dengan cara mengeluarkan dulu semua isinya. Kemudian Anda bisa menatanya kembali, sortir bahan/makanan yang sudah tak layak konsumsi lagi. Bersihkan bagian dalam kulkas dengan pembersih spons yang lembut supaya tidak menggores dinding,  dan jangan lupa untuk menyeka permukaan luarnya juga.

Lihat Juga :  Tips Menghasilkan uang dari blog

Defrost kulkas untuk mencairkan bunga-bunga es yang menempel kuat pada dinding-dindingnya, hindari menggunakan benda logam. Jangan pernah mencongkel gumpalan es yang tersisa karena bisa merobek dinding kulkas, karena bisa menyebabkan kerusakannya. Untuk itu defrost sampai benar-benar cair. Jadi untuk sementara jangan membeli makanan yang harus disimpan dilemari es dulu.

Menghilangkan bau

Mungkin Anda telah menyimpan makanan di lemari es yangf memiliki aroma yang kuat sehingga lama-lama baunya membuat tidak nyaman. Anda bisa menghilangkan bau di lemari es  dengan cara menaruh wadah berisi soda kue didalamnya. Soda kue memiliki kemampuan mengisap bau dan menjaga lemari es berbau segar.

Makanan cepat rusak dan berbau?

Masalahnya mungkin kulkas Anda tidak bisa mendinginkan dengan benar, atau bisa juga karena makanan tidak disimpan dengan cara yang benar. Bagian kulkas yang paling dingin adalah rak di dekat pintu, sehingga menjadi tempat terbaik untuk menyimpan makanan yang mengandalkan pengawet alami seperti selai. Simpanlah makanan yang tidak perlu dimasak lagi di bagian atas kulkas. Sementara di lapisan bawah / tengah, simpan bahan makanan seperti mentega, susu, yoghurt, telur, dan susu.

Lapisan bawah kulkas juga merupakan tempat yang terdingin, sehingga makanan mentah seperti daging dan ikan bisa disimpan. Hal ini juga akan membantu mengurangi kontaminasi silang, karena jika daging ditempatkan di bagian atas kulkas, maka kemungkin cairannya akan menetes ke barang-barang lain sehingga mencemari makanan.

Membersihkan kondensor  2 kali setahun

Mungkin setelah 2 tahun bagian kondensor ini akan kotor oleh penumpukan debu yang tersedot. Anda bisa membersihkannya kotoran dan debu yang menumpuk/menyumbat menggunakan sikat, lakukan dengan hati hati dalam keadaan kulkas sudah dimatikan lebih dulu. Koil kondensor adalah komponen kulkas yang bekerja menghilangkan panas dari dalam lemari es dan freezer.

Debu atau kotoran yang menyumbat kondensor akan ini akan mengurangi Efisiensi penggunaan energi listrik. Hal ini akan menyebabkan kompresor menjadi lebih panas daripada ketika koil kondensor dalam keadaan bersih. Kotoran pada kompresor ini juga akan mengurangi umur kerja kulkas.

Saatnya Ganti kulkas lama dengan yang baru

Jika kulkas Anda sudah tua, mungki sudah 20 tahun, saatnya untuk ganti yang baru. Mengapa? Karena semakin tua kulkas akan semakin lebih banyak mengonsusmi daya listrik, sehingga Anda harus membayar taguhan listriknya 2-3  kali lipat daripada kulkas baru. Sama persis seperti mobil, semakin tua semakin boros.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *