Mobil Terbakar Saat Berjalan, Penyebab, Dan Cara Pencegahannya

Mobil terbakar adalah topik yang seringkali menjadi ramai dan viral di sosial media. Ada banyak kasus mobil terbakar saat dikendarai di jalan raya, dan yang sudah memakan korban baik harta maupun manusia. Menjadi lebih menghawatirkan karena yang terbakar banyak juga yang masih merupakan mobil yang umurnya mash relatif muda.

Kebakaran mobil dalam banyak kasus terjadi tanpa disadari pengemudinya, secara tiba-tiba api sudah membesar begitu cepat memakan seluruh badan mobil bahkan tak jarang penumpangnya tak sempat keluar menyelamatkan diri. Kasus kebakaran mobil yang sering terjadi ini sepertinya tak memandang apakah itu mobil masih baru atau lawas, risiko mobil terbakar ini bisa terjadi kapan saja saat dijalan. Untuk itu ada baiknya Anda membaca topik berikut ini sampai habis agar bisa menurunkan potensi risikonya, serta tahu apa yang harus dilakukan kalau kebakaran mobil ini nanti benar-benar terjadi pada mobil Anda.

Beberapa contoh kasus mobil terbakar dijalan :

  • 15 Februari 2018: Toyota Alphard terbakar di Jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Asap tiba-tiba muncul dari depan mobil yang kemudian melalap bagian depan mobil.
  • 18 April 2018: Sebuah mobil sedan mewah hangus terbakar di jalan Tol Jagorawi, api berasal dari bagian mesin. Diduga akibat kosleting listrik.
  • 20 Mei 2018: Sebuah mobil mewah merk Toyota MR 2 Spyder terbakar di Jalan Tol Kota KM 12 Slipi arah Grogol. Kebakaran diduga akibat percikan api dimesin mobil yang ada dibelakang.
  • 23 Mei 2018: Sebuah angkot M-53 jurusan Pulogadung-Kota terbakar hangus di Jl Benyamin Sueb, Kemayoran Jakarta Pusat. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik pada mesin mobil.
  • Juni 2018 : Sebuah mobil sedan terbakar di Jalan Bangka 7 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Mobil ini tiba-tiba mengeluarkan asap dari bawah kap mobil dan terbakar. Diduga akibat kosleting listrik.

Contoh diatas masih ditahun yang sama dan hanya selisih beberapa minggu, dan masih banyak contoh lain yang terjadi ditahun yang sama ini. Padahal kita lihat dari contoh kasus diatas terjadi pada mobil yang tergolong masih mudan, bahkan termasuk jenis mobil mewah!. Jadi tak ada jaminan mobil mewah dan baru berarti bebas dari risiko kebakaran.

Bagi kita yang tinggi di iklim tropik yang panas dan kering, risiko kebakaran mobil menjadi lebih tinggi. Namun risiko ini bisa ditekan apabila Anda rajin melakukan perawatan yang betul atau cara yang baik sesuai dengan standar pabrikan, menjaga kebersihan, dan tidak melakukan modifikasi/menggunaka asesoris tambahan terutama kelistrikan secara asal.

Penyebab dan Cara meminimalisir kebakaran mobil saat dikendarai & tips penyelamatan

Penyebab mobil bisa terbakar saat dikendarai

Bagaimana ceritanya Mobil Bisa kebakar saat berjalan, padahal umur masih tergolong muda?

Api bisa muncul karena ada 3 syarat yang diperlukan : Oksigen, Bahan Bakar, dan Sumber api. Dan kebakaran mobil seringkali terkait dengan Bahan bakar, sistem pembuangan, dan sistem Kelistrikan. Namun yang paling sering adalah yang terkait bahan bakar jenis bensin.

Penyebab 1: Kebakaran mobil terkait  bahan bakar

Dalam kasus kebakaran yang terkait bahan bakar bensin, cerita dimulai dari adanya kebocoran pada injeksi. Pada rel bahan bakar ini terdapat injektor dan regulator injektor yang bekerja dengan tekanan tinggi. Kedua onderdil ini terdapat ring-O yang bisa aus karena suhu dan umur. Ketika sudah aus, karena tekanan tinggi saat mobil berjalan maka bahan bakar akan menyembur keluar dan bisa mengenai apa saja. Sayangnya disekitar situ juga terdapat jalur pengapian seperti koil dan busi. Hanya butuh sedikit percikan api yang mengenai tumpahan bahan bakar ini saja maka mobil Anda akan terbakar dengan sangat cepat tanpa Anda sadari.

Tak hanya karena kebocoran bahan bakar yang merembes ke koil yang memang juga sudah aus, rembesan bensin yang mengenai exhaust juga bisa terbakar karena suhu yang tinggi.

Penyebab 2: Kebakaran mobil terkait sistem kelistrikan

Kebakaran mobil yang bisa timbul akibat kelistrikan, sebagian besar karena kesalahan manusia, termasuk :

  • Kesalahan pemasangan Aki
  • Kesalahan pemasangan motor starter, misalnya kabel longgar
  • Pemasangan lampu tambahan watt besar misalnya lampu kabut yang tidak aman
  • Konektor kabel yang lepas
  • Modifikasi kelistrikan yang kurang tepat
  • dsb

Jadi memeriksa system kelistrikan juga tak kalah pentingnya dalam merawat mobil. Konektor yang kurang pas saat memasang bisa lepas dan menyentuh body mobil sehingga terjadi kosleting listrik. Lampu tambahan yang berdaya besar butuh kabel yang besar dan bagus supaya tidak terbakar. Aki mobil memiliki kuat arus atau ampere yang besar – sekitar 40 – 80 Ampere, jadi ada kabel yang koslet sedikit saja akan mengeluarkan percikan api yang besar bahkan membuat kabel langung mengeluarkan api – kemudian disitu juga ada ceceran minyak atau bocoran bensin.

Hal yang menyangkut asesoris kelistrikan seperti audio, lampu tambahan, harus dipastikan dipasang dengan baik. Dayanya jangan melebihi kapasitas dari aki mobil.

Penyebab 3: Kebakaran mobil terkait Sistem pembuangan (exhaust)

Kebakaran knalpot adalah penyebab kebakaran yang cukup umum saat mobil sedang berjalan. hal ini karena sistem pembuangan mencakup seluruh panjang kendaraan, dari mesin sampai ke bemper belakang yang membuat banyak titik-titik panas. Suhu pembakaran sangat tinggi bisa sekitar 1300°C yang mengalir ke saluran exhaust lalu ke knalpot

Lihat Juga :  Tips Merawat Aki motor agar awet

Sadarkah Anda jika di saluran kenalpot bawah mobil Anda tersangkut benda kering misalnya rumput lembut yang kering, plastik, ranting kecil?. Ini akan menciptakan api jika bersentuhan dengan knalpot yang sangat panas + ditambah hembusan angin yang kencang apalagi kemudian disambut dengan tetesan minyak atau bahan bakar dari ring injektor yang aus.

Penyebab 4: Minyak

Mobil tentu menggunakan berbagai jenis minyak, olie , minyak rem, minyak power steering, dsb. Tak jarang minyak-minyak ini merembes dan membasahi banyak bagian komponen dan dimobil. Secara langsung menyebabkan kebakaran mungkin kecil, tapi kumpulan minyak-minyak ini jika tak segera dibersihkan lama-lama akan menyebabkan korosi pada komponen mesin terutam minyak rem dan air aki ditambah lagi dengan suhu yang tinggi didalam kap mesin yang mempercepat keausan yang menyebabkan kebocoran.

Penyebab 5: Mesin kepanasan(Overheat)

Mesin kepanas bisa disebabkan oleh sistem pendingin yang kurang memadai atau ada masalah. Misalnya air radiator habis dan tak segera ditambah, bisa karena radiator bocor, penyumbatan aliran air pendingin, masalah termostat yang sudah tak bekerja dengan tepat, dan masalah kipas pendingin yang macet atau tak bekerja dengan tepat.

Panas ini bisa menjadai sangat luarbiasa, sehingga bisa membakar kulit kabel yang akhirnya listrik koslet. Ditambah lagi ketika ada masalah kebocoran bahan bakar.

Cara mencegah mobil terbakar dijalan

Kebanyakan kasus kebakaran mobil bisa dihindari jika kita mau melakukan perawatan yang tepat. Namun terkadang kita abai karena berbagai hal misalnya biaya dan waktu yang tak mendukung. Sekali, duakali, akhirnya kita samasekali tak mempedulikan perawatan mobil bertahun-tahun sampai sesuatu yang tak diinginkan benar-benar terjadi… menyesal?

  • Untuk meminimalkan risiko kebakaran mobil, jangan melupakan jadwal perawatan standar pabrik termasuk rutin ganti olie. Jika Anda teguh berpegang pada anjuran ini maka bisa membantu menurunkan risiko kebakaran mobil dijalan di samping banyak masalah mesin lainnya.
  • Jika Anda rajin memeriksakan kendaraan, istilahnya tune-up ke bengkel yang benar biasanya akan ada saran jika injeksi mulai ada kebocoran dan perlu untuk diganti yang baru. Dan ring – O injekstor ini juga memiliki umur berdasarkan kilometer kendaraan, dimana jika sudah mencapai maka harus diperbarui. Memang harganya cukup lumayan, tapi demi keamanan yang lebih penting sebaiknya diusahakan untuk segera diganti supaya mobil terhindar kebakaran.
  • Bersihkan jika mesin mobil atau dititik area tertentu terdapat lelehan minyak atau oli atau kotoran-kotoran lain.
  • Periksa jalur-jalur dari aki mobil ke kabel, apakah itu kabel starter atau kabel yang menuju asesoris atau kontak. Pastikan tak ada konektor yang longgar/copot atau ada kabel yang mengelupas.
  • Jangan menambahkan asesoris kelistrikan sendiri jika tak begitu paham dengan sistem kelistrikan mobil. Sebainya tidak menggunakan asesoris tambahan yang tak begitu perlu, selain menyebabkan aki cepat tekor juga berpotensi menimbulkan kebakaran.

Apa yang Harus Dilakukan jika Mobil Kebakaran?

  • Jika mobil yang Anda tumpangi mengeluarkan asap bahkan sudah ada api yang muncul, hal yang terbaik adalah segera mematikan mobil lalu segera keluar dan menyingkir sejauh-jauhnya. Ingat, kebakaran mobil bisa terjadi dengan sangat cepat yang disertai berbagai jenis gas beracun yang bisa membuat orang langsung pingsan sehingga tak sempat menyelamatkan diri.
  • Segera keluarl dari mobil, jangan pedulikan benda-benda jika itu tak lebih berharga dari diri Anda seperti HP, jam tangan, laptop, apalagi hanya sebuah sunglass. Hanya selamatkan diri dan mungkin kalau ada orang lain selain Anda yang masih terjebak didalam. Lakukan dengan cepat, jangan sayang dengan kaca mobil, pecahkan saja kalau kesulitan saat membuka pintunya yang bisa macet.
  • Tapi saya menyediakan alat pemadam kebakaran? Banyak kendaraan yang dilengkapi dengan tabung pemadam, namun biasanya untuk meraihnya begitu susah karena kadang lupa atau panik dan itu tak sepdan dengan risikonya. JIka Anda tak ada pengalaman dalam memadamkan mobil terbakar, maka jangan coba-coba untuk memadamkannya sendiri.
  • Misalnya pengemudi atau penumpang mencium bau yang sedikit aneh seperti bau benda terbakar atau melihat sedikit asap yang mungkin muncul duluan. Tak perlu menduga-duga, sebaiknya segera beritahu pengemudi atau segera menepi jika anda pengemudi, dan segera keluar secepatnya dengan hati-hati.
  • Apabila ada asap atau api yang keluar dari kap mesin mobil api, berada didekatnya apalagi membuka kap mobil adalah hal yang berbahaya karena akan memasukkan lebih banyak oksigen yang berpotensi Anda terkena paparan api dan gas beracun.
  • Jadi jika mobil Anda benar-benar terbakar(semoga tak pernah terjadi), intinya Anda hanya harus keluar dari mobil saja segera dan pergi sejauh-jauhnya kemudian memanggil pertolongan.
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *