Kelebihan kekurangan motor matic

2 comments :

Advertisement
Sepeda motor matic saat ini semakin populer saja.Tiap hari permintaan motor matic yang semakin meningkat,sehingga populasi motor ini sangat terlihat sekali.
Mungkin bagi anda yang belum menggunakan motor matic akan bertanya "Apa sih keunggulan motor matic tersebut?.....".Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya,diharapkan anda akan lebih tahu mengenai motor matic.Nah dengan demikian anda bisa menyesuaikan untuk membeli motor baru yang sesuai dengan kebutuhan.
Jika bicara mengenai sistem bahan bakar,sekarang juga lagi populer  mengenai Electronic Fuel Injection (EFI) atau motor injeksi.Seperti apa yang disebut dengan motor injeksi?,,Baca juga:-> Kelebihan dan kekurangan sepeda motor injeksi.

Bicara masalah kelebihan kekurangan,setiap alat baru pasti memiliki itu semua.Jadi bukan berarti teknologi terbaru selalu lebih baik tanpa kekurangan.Sekali lagi untuk menilai ini semua berdasarkan kebijakan kita dalam memilih sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai perbandingan kita disini akan melirik sepeda motor manual dengan kopling otomatis yang memiliki kapasitas silinder sama.Lebih tepatnya adalah sepeda motor bebek.

Kelebihan motor Matic

  • Dalam segalah hal kenyamanan berkendara,motor matic selangkah lebih unggul dari motor lain.
  • Pada awal sebenarnya motor matic didesain praktis dan luwes, agar sesuai dengan kepribadian berkendara dan kebiasaan wanita pada umumnya.Sehingga motor matic sangat mudah dan cocok bagi yang masih baru akan belajar mengendarai motor.
  • Tidak capek saat jalanan macet,karena kita tidak perlu lagi oper oper gigi perseneling.Tinggal tancap gas motor melaju,tinggal tarik rem motor berhenti.
  • Ruangan yang cukup longgar untuk meletakkan kaki merupakan kenyamanan tersendiri disaat berkendara.Disamping itu tempat tersebut bisa dipakai untuk meletakkan tas ukuran besar,sangat berguna disaat bawa barang bawaan disaat mudik.
  • Khusus untuk motor matic ukuran jumbo malah lebih nyaman lagi jika untuk perjalanan jauh.
  • Karena roda motor matic umumnya lebih kecil dan pendek,sehingga lebih lincah untuk meliuk dijalanan yang ramai.Hal ini dibantu juga oleh sifat gigi matic-nya.

Nah diatas adalah keunggulan umum yang bisa didapatkan dari sebuah motor matic.Ada beberapa rumor yang mengatakan bahwa motor matic itu tidak nyaman untuk jalanan yang naik turun.Dan yang kedua akselerasi motor matic kalah dengan motor gigi manual.Benarkah demikian?...
Tidak selalu benar menurut saya,karena saya sudah membuktikannya sendiri secara live dengan 2 jenis motor transmisi berbeda.

Motor matic kalah tarikan dengan motor gigi manual CC sekelas
Tidak juga,karena disaat motor manual baru akan memasukkan gigi dua,motor matic justru sudah lebih dahulu maju pada kecepatan penuh.

Motor matic loyo disaat menapaki jalan tanjakan
Sepertinya tidak juga,sebab saya justru merasakan lebih nyaman dan lebih cepat menggunakan motor matic.Dibandingkan dengan motor bebek berkapasitas silinder(CC) yang sama.

Motor matic hanya cocok untuk perjalanan kota kota saja
Salah besar,motor matic justru memberikan kenyamanan lebih pada saat digunakan perjalanan jarak jauh/luarkota.Teman saya pernah menguji motor matic dalam perjalanan nonstop Malang- Jakarta,Jakarta-Malang (PP).Tidak ada masalah apapun pada mesin motor pada saat diperjalanan.Sifat maticnya ternyata sangat membantu sekali, karena pada waktu itu jalanan macet arus mudik lebaran.

Kelemahan motor matic

Tidak fair kalau kita nggak mau mengakui kelemahan motor matic dibandingkan motor jenis transmisi lain.
Disamping keunggulan yang seabrek diatas ternyata ada kekurangan yang cukup jadi pertimbangan.Namun sekali lagi semua ini bisa dilihat dari sisi kebutuhan akan berkendara.
  • Motor Matic lebih boros bahan bakar sekitar 10% - 15%.Hal ini saya kutip dari beberapa uji test yang telah banyak dilakukan.Secara live pun hal ini sudah saya perbandingkan sendiri,melalui jarak tempuh sama dengan motor manual dan matic standard.Pada motor matic,bensin fulltank ternyata habis dalam perjalanan pulang pergi.Sementara ketika saya menggunakan motor bebek manual,ternyata full tank pulang pergi masih menyisakan bahan bakar yang cukup banyak.Secara logika ini bisa dijelentrehkan mengapa bisa demikian.Pada motor matic waktu start berjalan bukaan gas lebih besar.Hal ini agar putaran sentrifugal cukup menghasilkan gaya untuk memutar roda.Itulah kenapa jika jalanan macet motor matic akan semakin boros lagi.Kalau dijalan tanjakan motor manual bisa menyesuaikan gigi sehingga beban mesin menjadi lebih ringan.Sementara pada motor matic, hal itu tidak bisa dilakukan.Ia hanya mengandalkan bukaan gas dan gaya sentrifugal untuk memutar roda.Jadi beban mesin tidak bisa dikurangi dengan seperti halnya pada motor manual (Beban mesin lebih besar dari motor manual).
  • Diamter roda motor matic kebanyakan lebih kecil,itulah kenapa banyak keluhan tidak nyaman ketika melewati jalanan yang tidak rata atau bergelombang.
  • Motor matic mengandalkan belt dan sentrifugal untuk mengatur putaran roda agar sesuai dengan kecepatan yang dibutuhkan.Maka harus ada perhatian lebih kepada komponen ini terutama pada belt.Jika belt sudah mencapai batas maksimum pemakaian,maka harus secepatnya diganti.Untuk saat ini belt masih merupakan komponen dengan harga yang cukup mahal.
  • Pada saat melewati jalan turunan curam,ternyata motor matic cukup membikin jantung dag dig dug.Karena kita harus menekan rem dengan full power, agar motor bisa berjalan sesuai dengan kecepatan yang dikehendaki.Dengan demikian rem akan cepat habis dan kanvas rem cepat gosong.Untuk itu sistem pengereman pada motor matic harus lebih dijaga, agar selalu dalam kondisi prima setiap saat.Sementara pada motor gigi manual,kita cukup hanya menggunakan gigi rendah agar laju motor mudah dikendalikan.Dan kinerja rem tidak menjadi berat berat amat,karena dibantu oleh pengereman mesin.Jadi motor manual ternyata lebih aman jika untuk melewati turunan yang curam,dan kanvas rem pun bisa lebih awet.
  • Karena beban mesin pada motor matic lebih besar, sehingga mesin juga menjadi lebih cepat panas daripada motor gigi manual.Namun akhir akhir ini sudah ada yang memproduksi motor matic yang menggunakan liquid cooler.Dengan liquid cooler,suhu mesin bisa dikontrol menjadi lebih stabil.(Liquid cooler=sistem pendinginan menggunakan cairan)

Namun sekali lagi ini tergantung dari kebutuhan dan cara anda dalam mengemudikan motor.Artinya ini bersifat relative.Misalnya jika nada mengutamakan kenyamanan, maka motor matic bisa jadi adalah pilihan yang terbaik.Namun jika anda tidak suka mengeluarkan biaya lebih,motor bebek manual mungkin lebih tepat untuk anda.
Advertisement

2 komentar :

Arsip

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com