Cara Membuat Casan/Charger HP Dari Aki Motor Atau Mobil Yang Aman

Saat lampu mati atau saat sedang diperjalanan ternyata HP kita mengalami LowBat seringkali membuat frustasi, pasalnya HP sudah seperti kebutuhan sehari-hari. Tak hanya untuk komunikasi, tetapi HP modern melengkapi semua kebutuhan multimedia, termasuk socmed, game, film, dsb. Untuk itulah baterai menjadi cepat lowbat. Terutama saat lampu mati, waduh dimana semua hiburan nyaris tidak ada dan hanya HP yang menjadi andalan. Untuk itu kita butuh solusi tepat guna untuk memenuhi kebutuhan cas HP saat kondisi darurat tersebut.

Selain powerbank, kita bisa mengandalkan aki pada motor atau mobil. Aki ini memiliki kapasitas arus yang besar apalagi aki mobil, sekitar 7A-170A. Jika powerbank adalah 10.000mA, maka aki mobil bisa 170.000mA. Kapasitas yang sangat besar, bisa berhari-hari tuh 😀 Apalagi aki yang terpasang pada sepeda motor/mobil, tak akan pernah habis listriknya selama kendaraan dipakai setiap hari.

Merakit Charger HP untuk Aki Motor/Mobil dengan tegangan 6-12V dengan Perlindungan Tegangan

Memang, produk casan HP dari aki sudah banyak dipasaran. Tapi kita bisa kok merakit sendiri dengan mudah, dengan mengandalkan beberapa komponen elektronika yang banyak dijual dipasaran. Biayanya-pun tidak banyak, mungkin sekitar 15 ribu rupiah atau 25 ribu rupiah saja. Hanya dengan sedikit ketelatenan dan kreatifitas kita bisa membikin sendiri casan HP dari aki motor atau mobil, yang tak kalah kuat dan berkualitas dari produk jadi yang dijual ditoko. Ya itung-itung sekalian menyalurkan hobi. Dengan rangkaian casan sendiri yang sederhana ini kita bisa memperoleh pujian dari teman kita saat mereka melihat dan bisa berfungsi dengan baik, ya kan?

Bahkan rakitan casan HP dari aki ini dilengkapi dengan perlindungan tegangan, buat jaga-jaga kalau komponen tiba-tiba terbakar dan menyebabkan kosleting maka hal ini tidak akan sampai merusak HP.

Prinsip kerja casan HP rakitan

Pada dasarnya alat ini bekerja menyesuaikan tegangan dari aki yang umumnya 9-12V sehingga sesuai dengan kebutuhan tegangan charging yang diperlukan untuk kebanyakan HP smartphone yaitu yang sebesar 5V . Tak hanya menurunkan tegangan dari aki, tetapi rangkaian ini juga menyetabilkan atau meregulasi tegangan sehingga tidak mungkin ada lonjakan listrik atau listrik tidak stabil sehingga aman untuk HP kita. Yuk lanjut ke cara membuatnya!

Komponen yang diperlukan

Komponen yang dibutuhkan ada beberapa, kamu bisa mencatatnya dan berbelanja ke toko elektronika terdekat dikota Anda. Dijamin pasti ada karena dalam daftar ini adalah jenis komponen umum yang paling sering dipakai para perakit elektronik.

  1. F1,F2 sekering 2A
  2. D1 IN4001
  3. D2 diode zener 5.1V 1W
  4. R1 4.7 OHM 1W
  5. C1,C2 220uf/12V
  6. C3 100n/0.1uf milar
  7. IC 1 7805
  8. Q1 TIP42/TIP2955
  9. USB1 SOCKET USB

Skema Rangkaian Casan HP dari aki motor/mobil


TANDA PLUS WARNA MERAH KE PLUS AKI, TANDA MINUS HITAM KE NEGATIF AKI

  • FUSE 1 berguna untuk pengaman ketika ada yang koslet karena transistor terbakar atau yang lainnya, sehingga tidak merusak komponen bahkan HP. Lalu FUSE2 ketika tegangan melebihi 5.1V maka fuse akan terputus. Dengan demikian sangat aman untuk HP Anda.
  • D1 berguna untuk mencegah kerusakan akibat tegangan dari aki terbalik saat memasang
  • Q1 berguna untuk menambah arus hingga 2A, karena IC7805 saja tidak cukup kuat untuk mengisi baterai HP.
  • Elco sebagai filter menghilangkan riak tegangan
  • R 5 ohm tegangan referensi Q1
  • Dioda Zener, menjaga stabilitas tegangan. Jika tegangan lebih besar dari dioda zener maka FUSE 2 putus secara tiba-tiba sebagai perlindungan lonjakan tegangan.
  • IC 7805, sebagai regulator kedua untuk menurunkan 12V dan menjaga tegangan stabil 5V
  • USB1, socket yang nanti dihubungkan dengan USB connector yang merupakan kabel charging/kabel data ke HP.
Lihat Juga :  Skema Rangkaian Monitor Pengisian Baterai Untuk Baterai Charger

Mengapa memakai transistor, padahal banyak artikel web lain hanya menggunakan IC 7805 saja?

Sebenarnya hanya IC 7805 saja sudah bisa menurunkan tegangan aki 12V ke 5V dimana yang itu memang dibutuhkan oleh handphone, hanya saja arusnya sangat kecil sehingga kurang cukup untuk mengecas. Sudah saya praktekkan, tanpa transistor (hanya pakai 7805)arus keluaran kecil sehingga ngecasnya menjadi sangat lama penuh.

Tips:

  • Sebaiknya dirangkai dengan PCB, bisa PCB lobang atau matrik. Lebih baiknya sih pakai PCB yang di print, tapi tak perlu ribet juga sih soalnya ini rangkaian sederhana yang mudah dirakit dengan PCB lubang. yang penting ini boxnya, buatkan box yang bagus serapi mungkin bisa menggunakan mika atau lainnya. kalau ada bekas wadah apa gitu yang terlihat sesuai juga bisa dipakai misalnya bekas wadah sabun 😀
  • Q1 TIP42 bisa diganti dengan TIP2955 terutama jika pakai aki mobil, supaya lebih kuat dan tidak terlalu panas
  • Berikan sepotong aluminium sebagai heatsink/pendingin untuk Q1 TIP42/TIP2955 karena akan panas, tapi untuk IC 7805 tidak perlu diberi heatsink. Body Q1 perlu diberi isolator supaya lebih aman.
  • Untuk mencegah kerusakan HP karena gagalnya rangkaian casan yang kamu rakit, sebaiknya dicek tegangan keluarannya menggunakan avometer, pastikan keluarnya adalah 4,7-5V. USB SOCKET pastikan tidak dipasang terbalik pin Vcc, dan cara memasangnya urutan kaki sama persis seperti yang bisa dilihat pada gambar di skema karena itu gambar real.
  • Kalau bisa ujicoba dengan HP jadul / Powerbank dulu yang tidak dipakai lagi asal bisa untuk praktek, yaitu untuk  memastikan apakah casan sudah benar-benar bisa bekerja dengan baik.
  • Jika disepeda motor, bisa dimasukkan kedalam bagasinya. Kalau dimobil bisa ditempatkan di dashboard mobil atau dimana yang sekiranya tidak mengganggu. Kamu bisa memanfaatkan kabel lighter untuk mengambil tegangan dari aki mobil melalui pemanas untuk bakar r0k0k, dan hubungkan dengan rangkaian casan HP untuk aki diatas supaya lebih praktis. Seperti ini wujudnya :

lighter kabel colokan di mobil

HATI-HATI terutama jika pakai aki mobil, karena amperenya besar jangan sampai salah pasang atau koslet. Pasang kabel dengan benar dan kuat untuk menghindari koslet.

Bagaimana kalau dibuat untuk darurat lampu mati dengan aki yang tidak terpasang pada kendaraan? bisa saja asal akinya selalu ready dicash bak powerbank raksasa. Artinya tegangan aki jangan turun dibawah 5 volt supaya rangkaian diatas tetap bisa digunakan untuk ngecas HP dengan baik. Rangkaian untuk ngecas aki bisa dilihat disini. Tak hanya aki motor, rangkaian diatas juga bisa diambilkan sumber tegangan dari baterai laptop atau baterai apapun pokoknya voltagenya 6-12V.

Tak hanya untuk casan, rangkaian diatas juga bisa dipakai sebagai sumberdaya perangkat digital lainnya yang membutuhkan tegangan 5V stabil/teregulasi.

Demikian artikel kali ini, yaitu cara membuat atau merakit sendiri casan HP smartphone untuk aki motor atau mobil. Semoga bisa bekerja dengan baik dan bermanfaat dikala kondisi darurat listrik.

Leave a Reply