Skema Cara Membuat Charger Baterai 6-12V Otomatis(Auto Cut Off)

Memang alat charger aki sudah banyak dijual dipasaran, namun kamu juga bisa  berekperimen merakit sendiri dengan keuntungan biaya yang murah serta mendapatkan ilmu. Komponen yang digunakan untuk charger baterai otomatis ini tidak banyak dan mudah didapatkan di toko komponen elektronika dimana-mana.

Charger otomatis bekerja memproses pengisian apabila tegangan dari baterai telah menurun dari tegangan maksimal dan akan memotong/mematikan proses pengisian tegangan pada saat baterai terisi penuh. Dengan cara otomatis maka baterai akan aman meskipun kamu kelupaan tidak melepas stop kontak dari jala-jala. Jadi meskipun tanpa dilengkapi dengan voltmeter pun baterai akan tetap aman. Hal ini tentu cocok apabila kamu adalah orang yang sibuk atau pelupa 😀

Skema Pengisi / charger aki otomatis auto-cut-off

skema dan cara membuat charger baterai 6V-12V

Dalam rangkaian charger baterai berikut didesain dengan menggunakan IC regulator variabel yaitu IC LM317 dengan fitur pemotongan otomatis. Maka dengan sirkuit ini, output DC bisa diatur dengan menambahkan VR 10K sehingga bisa mengisi baterai mulai dari 6 volt hingga 12 Volt.

Cara kerja

Trafo CT 15V memberikan tegangan ouput AC yang kemudian disearahkan 2x dioda in4007 dan elco 2200mF 12V sebagai filter, lalu kemudian masuk ke kaki 1(input) IC1 LM317. VR 10K berperan untuk mengatur rentang tegangan keluaran regulator melalui kaki 1(Adjust) kemudian keluaran regulator dari kaki 2(output).

Lihat Juga :  Cara Mengetahui Nilai Resistor dari Kode Warna dengan Mudah

LED berwarna Hijau akan menyala ketika proses pengisian sedang berlangsung(baterai dalam kondisi tegangan dibawah 12V), dan LED merah akan menyala ketika baterai terisi penuh  sementara led hijau akan mati. Pada saat baterai sudah fullcharge atau penuh, maka tegangan akan memungkinkan untuk mengalir melalui dioda Zener → menuju ke basis transistor BD139 sehingga transistor aktif. Hal ini karena konduktor pada transistor menyesuaikan teganganan pin IC regulator, sehingga terhubung ke ground dan hasilnya tegangan output dari regulator terputus dan pengisian berhenti.

CATATAN:

  • Berikan pendingin untuk IC LM317 karena akan panas.
  • Tegangan output regulator dari IC LM317 bervariasai dengan rentang 1.2V – 37V yang diatur dengan VR 10K dalam skema diatas, sementara arus keluaran maksimum 1.5A.
  • Trimpot untuk adjust, atur sampai LED hijau menyala dalam keadaan baterai terpasang. Lihat tegangan pengisian dengan menggunakan voltmeter/multimeter, sesuaikan dengan tegangan penuh baterai misalnya baterainya 12V maka tegangan penuh/cut outnya silakan disetel di 13,7V.
  • Cocok untuk mengisi baterai kering 500mAh-9Ah atau aki sepeda motor atau baterai UPS 7Ah.
  • Dioda yang bertanda dalam kotak kuning bisa diberi bisa juga tidak, gunanya untuk pengaman baterai jika terbalik pemasangannya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *