Cara Pasang Set Top Box Ke TV Tabung

Cara memasang Set Top Box Ke TV Tabung sebenarnya sama saja dengan ketika kita memasang DVD player ke TV tabung. Hanya tinggal menancapkan 1 set kabel RCA yang berisi 3 kabel yang berfungsi sebagai input dan output.  Yaitu output dari set top box menuju ke input TV tabung. Lebih detail mari kita jelaskan!

Set Top Box sering disingkat sebagai STB adalah receiver penerima siaran TV digital DVB/T2 yang wajib dimiliki pemilik TV lawas terutama TV tabung yang belum memiliki fitur menerima siaran digital. Siaran TV digital memiliki kelebihan gambar yang jernih, tapi kelemahannya ketika signal siaran digital lemah maka siaran tidak dapat diterima atau gambar ngelag/putus-putus atau kotak-kotak.

Pada siaran analog, meskipun signal yang diterima pesawat TV lemah masih dapat ditampilkan walaupun bercampur dengan semut(nois). Tapi ini bukan pilihan karena katanya pelan-pelan siaran analog akan ditiadakan oleh pemerintah. Makanya wajib tahu cara menghubungkan STB ke TV tabung atau TV yang belum ada fitur menerima siaran digital.

Cara Memasang Set Top Box Ke TV tabung

Memahami Jek yang dibutuhkan dan soket-soket untuk menghubungkan STB dan TV

Pertama harus mengerti dulu mana yang namanya soket jek RCA, soket jek antena, soket VGA, dan soket USB yang ada pada Set Top Boxnya.

  • Fungsi soket jek RCA pada set top box bisa berjumlah 6 lubang/ soket, tapi yang dipergunakan hanya 3 soket RCA saja. Pada pinggir ke 3 lubang soket RCA berwarna berbeda, yaitu merah, putih, dan kuning. Yang merah dan putih adalah jalur untuk menghubungkan Audio/suara ke televisi kiri(left) dan kanan (right) karena output stereo, dan yang berwarna kuning adalah jalur Video/gambar untuk menghubungkan ke televisi. Ke 3 soket RCA ini biasanya diber tanda tulisan yaitu AV-Ouput.
  • Soket antena pada set top box ada 2, yaitu besar dan kecil. Jika jek antenanya besar maka pilih masukkan ke soket antena yang besar.
  • Soket USB pada set top box tidak dipergunakan kecuali ingin menghubungkan set top box dengan wi-fi dongle/flashdisk

Kedua harus tahu mana soket RCA untuk TV-AV pada pesawat televisi tabungnya.

Soket RCA pada televisi biasanya diberi tanda/petunjuk sebuah tulisan yaitu AV-INPUT. Ini adalah jalur input untuk menghubungkan Audio dan Video dari perangkat luar yaitu Set Top Box, dan juga VCD serta perangkat lain seperti receiver satelit. Pada pinggiran lubang Soket RCA AV-Input pada pesawat televisi ini juga memiliki warna yang berbeda, yaitu merah, putih, dan kuning. Ini disebut AV-Input.

Ketiga harus tahu mana kabel jek RCA, kabel jek Antena, dan kabel VGA(untuk TV LED)

    • Untuk menghubungkan set top box dengan TV tabung, umumnya hanya tersedia jalur AV yang menggunakan soket RCA, makanya yang kita butuhkan adalah 1 set Jek RCA yang berjumlah 3 buah kabel dan jeknya. Ke 3 jek RCA memiliki pembungkus dengan warna yang berbeda pula, yaitu merah, putih dan kuning jadi warnanya sama dengan warna yang terdapat pada pinggiran lubang soket RCA pada televisi dan juga set top boxnya. Jadi warna-warni ini adalah kodenya supaya tidak salah tempat.
    • Kabel jek antena tentunya anda sudah tahu dan familier karena soket/jek antena sama saja antara soket antena pada set top box dengan soket jek antena umumnya pada TV.
    • Dan kabel VGA hanya dibutuhkan untuk TV LED yang dilengkapi dengan jalur VGA.
Baca Juga :  Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Dan Penyebabnya

cara pasang set top box ke tv tabung
cara pasang RCA set top box k e TV tabung

Cara menghubungkan Set Top Box dengan Pesawat Televisi Tabung

STB ke TV Tabung
Setelah anda memahami mana soket jek RCA yang merupakan AV output yang menempel pada casing set top box, mengerti mana soket jek RCA yang merupakan AV-Input pada televisis dan mengerti mana kabel RCA maka akan dengan mudah saja menghubungkan set top box dan televisinya. Begini urutannya :

Ambil kabel jek RCA, bodi yang berwarna merah, putih, dan kuning. 3 Ujung kabel RCA yang satunya ditancapkan ke soket/lubang RCA AV-Ouput pada Set Top Box sesuai dengan warna yang sama dengan bodi jek RCA. Lalu ujung jek RCA yang lain dengan warna yang sama tentunya ditancapkan ke soket jek RCA AV-input pada pesawat televisi.

CARA HUBUNGKAN STB DENGAN TV TABUNG

Tancapkan jek dari antena ke soket antena yang ada pada set top boxnya. Televisnya tak perlu diberi antena selama menggunakan set top box untuk menerima siaran TV digital.

Hidupkan set top boxnya, biasanya booting/loading sekitar 1 menit sebelum menangkap siaran digital. Kemudian hidupkan pesawat televisinya, ambil remot TV pilih pada mode AV 1 atau AV 2. Biasanya TV tabung ada yang dilengkapi soket RCA AV-input yang ada di bawah layar TV yang terhubung dengan menu AV1, dan soket RCA AV-input yang berada di panel belakang pesawat televisi dengan menu AV2.
cara pasang RCA set top box k e TV tabung

Harusnya jika set top box dan TV normal, maka siaran digital sudah bisa di lihat melalui layar televisi karena terhubung dengan set top box melalui jalur AV. Jika tidak bisa setelah dihubungkan, ada kemungkinan AV input pada TV sudah rusak. Asumsi ini tidak mungkin AV pada STB rusak, atau kabel RCA rusak jika masih baru belum pernah dipakai.

Baca juga : Ciri-ciri dan Apakah Televisi yang Rusak Terkena petir bisa Diperbaiki?

Harga STB

Harga Set Top Box bervariasi tergantung fitur yang ada dan merknya. Yang paling murah rata-rata 170- 250 ribuan, yang hanya memiliki fitur DVB/T2 saja yaitu hanya untuk menerima siaran TV digital. Sementara STB dengan fitur yang lengkap seperti bisa untuk terhubung dengan jaringan internet sehingga bisa menonton chanel youtube dan jaringan internet lainnya, harganya sekitar 250 ribu-400 ribuan. Dan semuanya rata-rata juga bisa digunakan untuk televisi Tabung.

CATATAN :

Mungkin Tidak semua TV tabung dilengkapi dengan soket AV-input, terutama TV tabung yang umurnya sudah sangat tua atau jadul banget. Nah jika TV tabung anda tidak memiliki AV input, maka jalan satu-satunya untuk menghubungkan STB dengan TV adalah menggunakan tambahan alat yang namanya AV to RV Converter.

AV RV converter ini yang dihubungkan dengan Set Top Box melalui kabel RCA yang disediakan pada alat ini. Setelah AV RV converter dan STB yang sudah terhubung dihidupkan keduanya, maka pada TV tabung anda harus men-scan program siaran seperti scan siaran TV biasanya baik otomatis maupun manual; sampai TV menemukan gelombang yang dipancarkan oleh alat AV-RV converter.

Hal ini berlaku juga jika AV input pada TV tabung anda rusak.

Leave a Reply