11 Cara Jitu Jual Mobil Agar Cepat Laku Dengan Harga Yang Mahal

Mungkin Anda saat ini ingin menjual mobil untuk membeli mobil jenis baru atau ingin menggunakan sarana trasportasi lain seperti angkutan umum atau sepeda motor. Namun menjual mobil agar cepat laku adalah perkara yang tidak begitu mudah, apalagi jika mengharapkan harga pembelian yang bagus. Ingat!!! senjata penawaran harga oleh calon pembeli adalah adanya kekurangan yang ada pada mobil Anda. Oleh karena itu sebisa mungkin tutup semua kekurangan tersebut dengan baik kalau mungkin jika ingin mobil Anda cepat laku dengan harga jual kembali yang pantas.

Berikut 11 tips cara agar mobil yang Anda jual bisa cepat laku dengan harga yang pantas

Cara jual mobil agar cepat laku

1 Bersihkan body, kembalikan kilaunya

Pertamakali yang orang akan lihat atau ketertarikan pertama saat akan membeli mobil second Anda adalah body. Nah jika body mobil Anda kusam, meskipun jarang Anda pakai orang akan berasumsi sendiri sehingga mereka tidak tertarik lagi untuk melihatnya lebih lanjut. Dengan penampilan luar yang mengkilap, maka psikologis pertama calon pembeli adalah “mobil ini sepertinya terawat”. Pembeli rela mengeluarkan biaya yang pantas untuk mendapatkan mobil bekas yang terawat dengan baik.

Jangan sekedar dicuci biasa. Ada beberapa menu ditempat pencucian mobil, minta menu mencuci sekaligus mengkilapkan misalnya WAX dan membersihkan jamur kaca. Kalau sudah banyak goresan, mungkin Anda bisa meminta poles total.

2 Cuci mesin

Pembeli yang mengerti tentang mobil, pasti meminta untuk memeriksa mesin dengan membuka kap mobil. Mesin adalah nyawa dari sebuah mobil, jadi wajar kalau orang juga ingin tahu seperti apa kondisi mesinnya. Rembesan olie meskipun sedikit akan merekatkan banyak gumpalan debu; dan banyak orang beranggapan bahwa mesin mobil yang memiliki rembesan olie adalah buruk sehingga tak jarang mereka batal membeli mobil yang Anda tawarkan.

Membersihkan mesin mobil dengan baik bisa menjadi magis yang dahsyat yang bisa menyihir calon pembeli Anda menawar dengan harga tinggi. Pertimbangkan betul mencuci mesin mobil sebelum menjualnya, namun jangan lakukan sendiri sebab ada teknisnya. Ada banyak jasa cuci mesin mobil yang bisa Anda datangi.

3 Bersihkan kaca lampu depan dengan baik

Kaca lampu depan yang kusam akan menceritakan kepada calon pembeli Anda bahwa mobil Anda memiliki jam terbang yang tinggi. Tentu hal ini akan menjadi 1 faktor alasan bagi calon pembeli Anda untuk membatalkan melakukan penawaran yang cukup pantas untuk mobil Anda. Membersihkan kaca mobil yang buram juga ada teknisnya, namun bisa anda lakukan sendiri caranya → Membersihkan kaca lampu depan mobil(headlamp) buram

4 Bersihkan bagian interior

Calon pembeli Mobil Anda pasti akan menilai interior juga setelah puas melihat body dan mesin. Tentu saja pembeli tak ingin membayar terlalu mahal untuk mobil bekas yang buruk. Ketahuilah bahwa rata-rata pembeli akan melakukan riset dulu sebelum melihat dan memeriksa mobil bekas yang diincarnya. Kalau eksterior mobil Anda sudah bagus, maka interior jangan kalah dengan kebersihan eksteriornya. Cari apapun yang tak perlu dalam mobil saat mobil Anda akan di lihat calon pembeli, misalnya sampah atau semacamnya.

Biasanya mobil yang jarang dipakai kulit joknya akan ditumbuhi jamur sehingga berbau tak sedap. Kalau perlu silahkan minta bantuan kepada jasa salon mobil untuk membersihkan  interiornya. Jok yang retak atau bau jamur yang tak sedap sudah bisa menjadi alasan calon pembeli untuk menawar dengan harga murah. Jangan lupa berikan penyegar supauya interior mobil anda berbau segar sebelum calon pembeli datang.

5 Perlengkapan

Perlengkapan mobil meskipun sepele kadang bisa menjadi magnet yang kuat yang menarik pembeli melakukan deal pembelian untuk mobil Anda. Apa itu?. Kunci roda dan dongkrak serta segitiga merah pengaman. Setiap mobil tentu ada alat ini, namun ceritakan kepada calon pembeli jika mobil Anda masih dilengkapi dengan alat wajib tersebut.

5 Tunjukkan bukti time line atau riwayat perawatan rutin

Ini adalah magnet mujarab untuk membuat calon pembeli Anda seperti tersihir untuk membeli Anda meskipun harga yang Anda tawarkan lebih mahal dari rata-rata harga pasaran. Tentunya dari awal Anda sudah harus melakukan perawatan dibengkel resmi secara berkala sesuai dengan anjuran pada buku pedoman. Tunjukkan label/stiker  atau bukit perawatan rutin per-kilometer oleh bengkel resmi. (Ingat pembeli yang rela bayar dengan harga pantas adalah pembeli yang mencari mobil untuk dipakai sendiri, bukan pedagang jual beli mobil bekas) – Pembeli yang butuh mobil inilah yang paling peduli dengan riwayat perawatan dan rela membelinya dengan harga diatas rata-rata jika cocok dengan angan-angan mereka.

6 Ceritakan bahwa Anda siap membantu calon pembeli kapan saja.

Yang saya maksud disini adalah katakan bahwa anda siap jika suatu saat pembeli mobil Anda butuh bantuan Anda untuk sekedar KTP misalnya ketika ingin balik nama/mutasi dsb. Meskipun ini remeh temeh, pembeli yang ingin memiliki mobil baru Anda akan merasa nyaman dan yakin.

Tawarkan juga bantuan Anda untuk membiayai cek fisik kendaraan Anda kepada calon pembeli Anda untuk meyakinkan bahwa mobil Anda adalah mobil yang tidak bermasalah di samsat.

7 Sambut calon pembeli Anda dengan baik

Budaya kita adalah budaya kekeluargaan dan ramah tamah. Jika Anda bisa menunjukkan sikap persaudaraan dengan calon pembeli Anda, maka ini bisa menjadi jurus manjur membuatnya melakukan deal dengan harga pantas.

Lihat Juga :  Tips Membeli Komputer Bekas

Jadi minta calon pembeli Anda datang kerumah Anda. Sebaiknya jangan ditempat lain, misalnya kafe atau yang lainnya sebab calon pembeli yang cerdas akan berfikir negatif tentang Anda sehingga membatalkan pertemuan untuk melihat mobil Anda.

Jadi sebaiknya Undang saja kerumah Anda, sambut beliau layaknya seorang sahabat Anda yang lama tak bertemu dengan jamuan hidangan pada umumnya saja misalnya teh atau kopi.

8 Promosikan

Kalau Anda tidak pernah bilang menjual mobil Anda, maka mana ada orang yang tiba-tiba akan menawar untuk membeli mobil Anda. Social media bisa menjadi media promosi penjualan mobil Anda yang sangat menakjubkan. Untuk memasarkan disocial media, Anda juga perlu sedikit trik social media marketing berikut caranya :

Foto bagian yang paling menarik dari mobil Anda, seperti dashboard, jok, lampu depan, sisi samping, dan bagian belakang mobil. Berikan gambar terbaik dengan sudut/angel dan pencahayaan yang cukup sehingga foto tampak jernih, asli dan menarik. Unggah foto-foto tersebut bersama dengan posting penawaran mobil Anda di social media.

Berikan caption yang menarik dan menjual, misalnya “body mulus bebas dempul”, “dijamin mesin kering”, “tak pernah mengalami kecelakaan”, “full variasi”, “nomor masih panjang”, “full audio”, ” perawatan rutin” , ” kilometer sedikit” dsb yang bisa menjual dari mobil Anda.

9 Jawab pertanyaan calon pembeli dengan baik

Adalah hal yang biasa sebagai calon pembeli jika terkesan cerewet, maklumilah karena mereka tidak ingin membuang dana lebih untuk sebuah mobil yang bobrok. Anda harus tetap banyak senyum dan sabar, karena menurut pengalaman orang yang paling cerewet adalah pembeli yang paling potensial. Karena Itu tandanya ia mulai tertarik untuk membeli mobil Anda!!!.

Ini pertanyaan klasik dari kebanyakan pembeli dan biasanya bisa menjebak penjual untuk menceritakan hal yang membatalkan pembelian, yaitu:  ” Kenapa Anda Menjual Mobil Anda?” 😀 . Cari jawaban lain asal bukan ” Ingin ganti mobil” jawaban ini sudah basi sehingga saat ini menjadi terkesan jika anda berniat ingin menutup-nutupi keadaan mobil Anda yang sesungguhnya. Jawab saja misalnya ” Saya baru saja mendapatkan fasilitas mobil kantor, dan garasi mobil saya tak muat untuk 2 unit, bla-bla-bla”. Juga jangan beri alasan basi lainnya yaitu “Saya lagi butuh duit”, nah alasan ini akan mengundang penawaran yang rendah dan terkesan tak jujur.

Selain platform social media, anda juga bisa mempostingnya di situs jual beli mobil misalnya olx atau yang lainnya.

10 Menentukan Harga Penawaran

Tawarkan harga mobil Anda dengan harga yang pantas, jadi jujurlah dengan kondisi mobil Anda sehingga harga yang Anda tawarkan terdengar rasional. Jadi ketahui berapa harga rata-rata dipasaran untuk jenis mobil Anda dan kondisinya. Survey harga ini bisa anda lakukan dengan cara melihat-lihat mobil bekas yang ditawarkan di show room atau situs jual beli mobil jika Anda malsa survey ke showroom-showroom mobil bekas.

Tawar menawar adalah kondisi lazim dimana-mana apalagi untuk sebuah mobil bekas. Jadi antisipasi ketika calon pembeli Anda menawar dengan harga yang mereka tentukan sendiri; yang saya mau katakan tanggapilah dengan sabar dan rasional. JIka calon pembeli mulai menawar, Tunjukkan kelebihan apa yang pembeli dapatkan jika membeli mobil bekas Anda, misalnya jika kilometernya sedikit katakanlah, atau mobil milik pribadi buka sewaan, katakanlah, mobil Anda full variasi, katakanlah. Atau jika perpanjangan STNK masih lama, juga katakanlah. Kemas dengan kata-kata yang menarik laksana seorang sales marketing profesional. Contoh :

“Harga dari saya itu saya rasa sudah pantas Pak. Saya jamin “ready to use”, Anda tidak rugi Pak, karena mobil saya ini masih baru ganti olie, perawatan rutin, STNK panjang, belum pernah turun mesin, ban masih bagus, kilometer masih sedikit. Pokoknya sip deh!!”

“Baiklah pak harganya akan saya potong sedikit sesuai dengan minusnya ya Pak, goresan seperti ini saya kira sudah wajarlah Pak karena tidak merusak bodi kalengnya, sehingga bapak cukup mengeluarkan biaya sedikit kalau mau menutup goresan itu”.,

Jangan terburu-buru menurunkan harga dari angka yang Anda tawarkan sebelumnya, karena ini akan mendorong calon pembeli untuk menawarnya dengan harga yang lebih murah lagi.

11 Jangan terburu-buru

Ada saja calon pembeli yang berpengalaman, biasanya yang seperti ini adalah oknum pedagang yang bertujuan untuk  menjualnya lagi. Ciri-cirinya selalu mencari-cari kekurangan untuk menjatuhkan harga yang Anda tawarkan. Kalau ada calon pembeli yang begini, maka sulit bagi Anda untuk menjualnya kepada mereka dengan harga yang pantas karena akan ada saja yang dipermasalahkan. Biasanya para oknum pedagang menawar dengan jurus Andalannya ” Mana ada harga mobil jenis ini dengan seharga segitu Pak dipasaran, sekarang ini harga mobil seperti ini sedang turun banyak karena bla-bla-bla”. Sebaiknya tetaplah bersikukuh dengan harga yang Anda tawarkan jika menemui calon pembeli yang seperti ini, tujuannya hanya agar supaya beliau cepat segera pergi dari Anda. 😀

Jadi bersabarlah. Sayang kan mobil Anda yang sebenarnya bisa laku dengan harga yang bagus sesuai harga rata-rata pasaran harus jatuh banyak.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *