Penyebab mesin motor berisik

No comments :

Advertisement
Memang perlu bagi pemilik sepeda motor untuk lebih dekat dengan tungganganya tersebut.Sehingga gejala gangguan sekecil apapun bisa segera diketahui, agar terhindar dari kerusakan lebih parah.Termasuk gejala suara mesin motor yang berisik, sebaiknya pemilik segera mencari tahu penyebabnya dan memperbaikinya.
Suara mesin yang berisik ini sering dialami oleh mesin 4tak, karena timbulnya suara paling banyak ada pada sistem pembakarannya.Memang motor masih bisa dikendarai, namun pada beberapa kasus sangat berpengaruh kepada performa mesin.Jangan dibiarkan, segera perbaiki sebelum merembet mengenai komponen mesin yang lain!.

Berikut penyebab terbanyak timbulnya suara berisik pada motor:


Olie Encer/ berkurang

Olie yang tidak sesuai bisa menyebabkan mesin lebih berisik, gunakan olie rekomendasi dan jangan suka gonta ganti olie mesin.Lihat spesifikasi olie yang digunakan, batas kilometer pemakaiannya berapa.Olie dipakai melebihi batas pemakaian bisa menyebabkan mesin berisik, karena sifatnya sudah encer dan tak tahan panas lagi.
Atau bahkan olie berkurang dan berada dibawah batas minimal, rajinlah memeriksa oli dengan menggunakan tutup pengukur.Penyebab olie cepat habis biasanya karena ada kebocoran pada gasket mesin.Atau karena ring olie sudah aus, sehingga olie merembet keruang bakar.Salah satu tanda ring olie sudah aus adalah  Knalpot mengeluarkan asap putih.

Baut tertentu pada mesin ada yang kendor

Ini pernah saya alami, akibat lupa mengencangkan baut  dengan baik pada gear kamprat.Akibatnya suara berisik yang timbul terdengar lebih keras.Kemungkinan ini kecil, namun bisa saja terjadi oleh akibat yang lain.

Setelan Klep/Katup longgar

Setelan katup yang sudah longgar juga bisa menyebabkan mesin menjadi berisik.Setelan klep ini bisa berubah dengan sendirinya oleh berbagai sebab, oleh karena itu dianjurkan untuk melakukan service berkala sesuai dengan kilometer yang ditentukan.

Rantai Kamprat Kendor

Rantai kamprat juga bisa mengeluarkan suara yang bersisik disebelah kiri mesin jika sudah mulai kendor.Untuk itu harus dilakukan penyetelan supaya kencang dan tidak berisik.Bisa jadi rantai kamprat tersebut memang sudah waktunya untuk diganti.Sbaiknya untuk segera menangani masalah pada rantai kamprat.

Ring Piston/ring olie Aus

Jika ring piston aus, maka kerapatan piston dan dinding silinder akan berkurang.Akibatnya piston bisa bergetar sehingga mengeluarkan bunyi berisik.Bisa juga memang silinder minta dioversize karena jam terbangnya sudah tinggi atau sebab lain.Jika ring olie yang aus, maka olie tidak akan melumasi silinder dengan maksimal.Hal ini juga akan menyebabkan mesin berisik, dan piston akan lebih cepat aus juga.Jika ini yang terjadi, mesin akan lebih cepat panas dan tenaga yang menurun drastis.

Kualitas bahan bakar

Bensin bisa bermacam macam kualitasnya.Kualitas bensin disebut dengan oktan.Kualitas rendah oktan juga rendah.Akibatnya pembakaran tidak sempurna karena sulit terbakar, sehingga dapat memicu suara berisik pada.

Busi yang sudah tidak layak

Busi yang sudah tidak layak berarti tidak bisa memberikan percikan api yang dianjurkan.Api yang terlalu kecil atau tersendat sendat menyebabkan pembakaran tidak sempurna.Pembakaran yang tidak sempurna bisa menjadi penyebab suara bersisik.Nyala busi yang normal berwarna biru, dan tidak memecah.

Penyetelan yang tidak tepat

Suara bersisik bisa diakibatkan oleh benturan antara piston dan klep akibat setelan derajat pengapian yang kurang tepat.Setelan klep yang terlalu longgar juga bisa mengakibatkan demikian.

Suara berisik akibat tertentu biasanya akan dibarengi mesin yang cepat panas.Suara berisik pada mesin motor harus segera ditangani, karena bisa saja penyebab awal kerusakan yang lebih parah.
Advertisement

Post a Comment

Arsip

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com