Inilah Kegunaan Gigi Netral (N) Pada Mobil Matik

Pada penggunaan yang umum kita bahkan tak pernah berfikir untuk menggunakan gigi N atau netral pada mobil matik. Pada saat berhenti lampu merah, kita cukup dengan menahan rem/handrem, pada saat parkir atau berhenti kita hanya perlu menggunakan gigi P (parkir) lebih aman. Jadi pada mobil transmisi otomatis gigi N nyaris tak perlu kita gunakan. Tapi pada kondisi tertentu gigi Netral pada mobil matik ini perlu kita pakai.

Pada saat posisi gigi netral, maka transmisi otomatis akan memutus hubungan antara putaran mesin dan roda mobil. Pada kondisi tertentu pada mobil matik, posisi N cukup penting namun tidak boleh dilakukan pada saat kendaraan sedang berjalan bahkan ketika akan berhenti sekalipun karena lama kelamaan bisa merusak sistem konverter torsi.

Kegunaan gigi netral mobil matik

Baca juga → Belajar : Tips Cara Nyetir Mobil Matic yang Baik dan Benar

Berikut memindah posisi transmisi matik ke gigi N yang akan membantu Anda

Saat sedang memeriksa mesin

Pada saat memeriksa mesin, kita seringkali membutuhkan untuk menginjak pedal gas untuk melihat performa mesin. Pada mobil matik sebenarnya ada gigi P yang membuat kendaraan berhenti dan tidak bergerak mekipun kita menginjak pedal gas dalam-dalam. Namun meningkatkan putaran mesin / bermain akselerasi tidak baik bagi sistem transmisi matik ketika posisi gigi P. Nah pada saat inilah gigi N akan digunakan, dan sebagai ganti agar kendaraan tidak meluncur kita bisa memanfaatkan hand-rem.

Pada saat pedal gas tiba-tiba macet

Ketika anda berkendara lantas tiba-tiba pedal gas tak bisa diturunkan meskipun kaki sudah dilepas. Ini tentu sangat membahayakan, tapi mungkin sekali ini bisa terjadi. Hanya menekan rem saja mungkin tak cukup bisa menghentikan mobil yang telah berjalan dengan kecepatan tinggi. Cara yang paling aman adalah memindahkan gigi ke posisi N, lalu melambatkan kendaraan dan menepikan kendaraan dengan bantuan rem secara aman.

Lihat Juga :  Tips Membersihkan mesin mobil

Mematikan mesin bukan solusi yang aman dalam kondisi demikian. Karena jika mematikan mesin maka sistem hidrolik tak akan bekerja misalnya sistem kemudi dan rem, ini justru membahayakan ketika kendaraan sedang melaju.

Baca juga :

Parkir ketika rem macet

Pada saat rem macet orang biasanya langsung mematikan mesin, namun cara ini salah karena akan menyebabkan setir susah di kendalikan bahkan bisa menyebabkan mekanisme roda terkunci dan lebih membahayakan. Dengan memindah ke posisi gigi netral, kita bisa berhenti dan parkir dengan aman sementara untuk mengerem dalam keadaan darurat masih bisa memanfaatkan handrem.

Saat menarik kendaraan

Saat mobil anda mogok dan tidak ada mobil derek, menariknya dengan mobil lain biasanya menjadi solusi hemat dan cepat meskipun ini bukan cara yang ideal. Tentu saja pada saat ini gigi netral pada mobil matik bisa digunakan.

Tentang gigi netral pada mobil matik

  • Mungkin perlu belajar menggunakan gigi netral saat kondisi darurat dan sedikit memiliki kendali atas mobil misalnya ketika tiba-tiba rem macet.
  • Menggunakan gigi netral saat mesin dalam keadaan berjalan dijalan turunan untuk menghemat bahan bakar adalah salah, selain tak membantu menghemat BBM malah justru bisa membahayakan.
  • Memindah gigi ke netral saat kendaraan berjalan terutama dalam kecepatan tinggi bisa membahayakan, kecuali kalau terpaksa harus dilakukan dalam kondisi darurat.
Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *