Cara Menaikkan Tegangan SMPS Jaring 12V Menjadi 24V

SMPS adalah jenis power supply switching yang semakin hari banyak digunakan karena memiliki efisiensi lebih baik, lebih stabil, dan lebih ringan bobotnya. Power supply SMPS serbaguna seperti jenis SMPS jaring yang banyak dijual dipasaran ada yang berkapasitas tegangan 12V atau lebih. Tetapi jika kamu memiliki smps jaring yang 12V kemudian ingin menaikkan tegangannya jangan khawatir, karena tagangan 12V tersebut bisa dinaikkan dengan mudah hanya dengan cara mengganti sebua resistor saja. Pengen tahu caranya? baca sampai habis biar tak gagal paham ya?.

Cara menaikkan tegangan adaptor power supply jaring 12V menjadi 24V

Pendahuluan

menaikkan tegangan SMPS jaring
Cara untuk menaikkan tegangan dari SMPS jaring dari 12V menjadi 24V adalah dengan cara menaikkan tegangan referensi untuk IC TL431 . TL431 yang berkaki 3 mirip transistor ini sebenarnya bukanlah transistor tetapi lebih tepatnya IC yang berfungsi sebagai dioda zener variabel. Seperti dioda zener tapi bisa diubah-ubah nilainya dengan cara memasukkan tegangan referensi pada pin 1 (ref) yang nilai tegangannya bisa diatur dengan konfigurasi resistor(fixed), atau jika ingin dibuat variabel voltage bisa menggunakan trimpot atau potensio meter. Jadi , berapa volt tegangan referensi yang masuk ke TL431 itu akan menentukan tegangan keluaran (Vout) dari SMPS.

Rangkaian ini bisa disebut dengan blok regulator yang terhubung dengan feedback pada PWM(melalui jembatan optocoupler) untuk menyesuaikan pulsa ke bagian switching atau mosfet, dan terhubung ke bagian Vout dari SMPS untuk mendapatkan tegangan referensi. Nah dengan cara beginilah tegangan keluaran SMPS itu bisa diatur berapa volt tergantung yang diinginkan. Berikut susunan kaki TL431 (pinout):

modfikasi smps jaring 12v menjadi 24v

Jika aslinya dai pabrik 12V, kita bisa menyesuaikan sendiri misalnya dinaikan menjadi hingga 24V dengan cara merubah tegangan referensi di pin ref IC TL431. Nah konfigurasi resistor penyesuai tegangan referensi inilah yang harus kita ubah supaya SMPS jaring 12V tersebut bisa dinaikkan tegangannya.

Modifikasi resistor untuk menaikkan tegangan SMPS 12v-24v

SMPS jaring 12 volt biasanya dilengkapi dengan Variabel resistor(VR) untk adjust tegangannya , tetapi biasanya cuma bisa mentok di sekitar 14V. Mengapa?h al ini karena tegangan reverensi hanya bisa diatur dalam batas maksimal yang bisa memembuat Vout SMPS yaitu 14V.

Cara modifikasinya supaya SMPS jaring bisa mengeluarkan tegangan hingga 24V adalah dengan mengubah nilai resistor yang terhubung dengan Vout SMPS menjadi lebih besar. Lihat skema berikut ini :

Baca Juga :  Fungsi Dan Cara Kerja Resistor

menaikkan tegangan smps jaring menjadi 24V

KETERANGAN dari skema diatas : Tegangan referensi yang menuju pin 1(ref) TL431  adalah 2.9V, dan itu akan menghasilkan Vout 12V. Nah supaya Vs(teg. skunder) atau Vout dari SMPS bisa mengeluarkan hingga 24V maka kita harus menaikkan nilai tegangan referensi (V-ref) tersebut. Bagaimana caranya? Cobalah mengganti R1 dari 10K menjadi 20K, hal ini akan menaikkan tegangan dari V-ref yang menuju pin 1 TL431 menjadi lebih besar sekitar 3.2V. Rumusnya : Vs = Vs.R2/R1+R2

Praktik

Sekarang coba lihatlah sirkuit dibagian skunder dari SMPS jaring yang kamu ingin mengubahnya menjadi 24V, temukan resistor yang posisinya sama dengan R1 pada skema diatas. Ganti R1 dengan nilai 10K dan ukur hasilnya berapa volt sekarang?

Perlu diketahui bahwa tak semua SMPS menggunakan VR seperti skema diatas, ada juga yang VR tersebut diganti dengan resistor tetap. Tetapi rangkaian SMPS yang bagian regulatornya menggunakan TL431 tak akan jauh seperti itu skemanya. Temukan konfigurasi resistor yang serupa dengan skema diatas yang terhubung ke Vs(tegangan skuder), ganti nilainya.

Hasilnya mungkin bisa berbeda-beda karena jumlah lilitan dari trafo skunder mungkin berbeda-beda untuk setiap SMPS yang menggunakan konfigurasi regulator serupa.

Mengganti Elco dengan voltage lebih besar

Elco filter tegangan ouput (Vout) skunder mungkin memiliki kapasitas 16Volt karena memang aslinya power supply tersebut didesain tak lebih dari 16volt. Kamu harus mengganti elco filter tersebut dengan kapasitas voltage yang lebih besar dari 24V, karena rencananya akan menaikkan tegangannya hingga 24V supaya tidak meledak. Ganti saja elco tersebut dengan 35V, mungkin 470uf/35V atau yang seperti itu.

Kesimpulan:

Setiap power supply SMPS termasuk SMPS jaring, umumnya menggunakan rangkaian regulator yang terdapat TL431 sebagai komponen penyetabil tegangan. Ada juga SMPS yang tidak menggunakan TL431 tetapi menggunakan dioda zener biasa sehingga nilai Vout SMPS tidak bisa diubah-ubah, tetapi mungkin dioda zener bisa diganti dengan nilai zener sesuai dengan Vs-out yang dikehendaki untuk mengubahnya. Jika SMPS yang kamu miliki menggunakan IC TL431 sebagai regulator, maka kamu mungkin bisa menaikkan tegangan SMPS 12V menjadi 24V mengunakan cara seperti diatas yakni mengubah nilai resistor. Atau bahkan kamu bisa saja menurunkan tegangan 12V menjadi 5volt pun bisa saja.

Leave a Reply