Rangkaian Cara Membuat Power Supply regulator dengan IC LM78xx dan Transistor 3055

Beberapa sirkit elektronika khususnya audio (seperti tone control, mikser, audio prossesor, active subwoofer, parametrik) membutuhkan PSU atau power supply teregulasi agar hasilnya maksimal dan tidak menghasilkan dengungan atau noise. Tegangan teregulasi adalah tegangan yang benar-benar stabil dan searah, sehingga tidak drop saat diberi beban serta tidak naik turun sehingga sirkit dapat bekerja dengan baik dan sempurna.

Advertisement

Sementara itu,  power supply adalah serangkaian elektronik yang sanggup merubah tegangan listrik AC menjadi DC sekaligus memproduksi besaran arus listrik yang sesuai dengan kebutuhan. Power supply yang baik juga haruslah bisa membuat tegangan listrik DC menjadi lebih stabil (teregulasi).Tegangan yang kurang stabil akan membuat alat elektronik yang dipasok tenaganya akan menjadi kurang bagus kinerjanya. Pada beberapa perangkat audio, power supply yang kurang baik akan menimbulkan noise dan dengungan sehingga akan mengganggu kualitas suara audio yang dihasilkan.

Rangkaian power supply sederhana berikut sekaligus berfungsi sebagai regulator, sehingga listrik DC yang dihasilkan lebih stabil. Cocok untuk menghidupkan perangkat audio maupun radio agar bisa meredam noise menjadi lebih baik lagi.
ini adalah bentuk rangkaian power supply yang sederhana,hanya menghasilkan 1 tegangan output saja yaitu 12V dengan menggunakan IC stabilisator LM 7812. Kamu bisa bereksplorasi agar rangkaian power supply berikut bisa digunakan untuk beberapa besaran arus output misalnya menambahkan 1 switch,  plus beberapa IC LM78xx sesuai kebutuhan.

Lihat Juga :  Skema Rangkaian Supply Untuk Power Ampli Class H Menggunakan 1 dan 2 Trafo Biasa

Untuk rangkaian regulator ini kita tambahkan juga rangkaian penguatan akhir yaitu menggunakan transistor type 3055, dimana yang memiliki daya dan tegangan yang tinggi. Kamu juga bisa meniadakan transistor penguat 3055 ini, jika PSU akan anda gunakan untuk sirkit yang tidak banyak membutuhkan daya misalnya pre-amp seperti tone control tunggal atau equalizer.

Berikut rangkaian power supply dengan menggunakan stabilizer IC LM7812:

Komponen/Bahan

  1. C1 :10.000mf/50v
  2. C2 :2.200mf/25v
  3. C3 :2.200mf/25v
  4. IC : LM7812
  5. D1-D4 : Diode 6 Ampere di bridge
  6. TR1 : 2N3055
  7. Trafo keluaran 15 volt

Rangkaian/Skematik

 

Rangkaian Power Supply

Rangkaian Power Supply

Keterangan:

  • Jika Kamu ingin membuat tegangan regulator menjadi 15V misalnya,kamu hanya mengganti IC stabilizer LM7812 dengan LM 7815.Perlu diketahui bahwa seri IC LM78xx adalah IC regulator dengan 2 angka dibelakang adalah tegangan stabil yang akan dikeluarkan.Namun ingat,untuk menghasilkan tegangan yang stabil,tegangan arus AC dari trafo harus berada diatas keluaran dari IC regulator LM78xx.
  • TR1 2N3055 adalah berguna sebagai penguat tegangan,sehingga jika kamu menggunakan trafo diatas 10 ampere sebaiknya dipararel menjadi 2 buah atau lebih.Hal ini agar transistor penguat tersebut tidak overheat yang bisa mengakibatkan terbakar/rusak.

Catatan : Oh ya, Trafo setidaknya memiliki arus keluaran 15Volt – 20 volt. Kenapa demikian?… jika dari travo 12 volt sedangkan IC yang dipakai adalah 7812(asumsi butuh tegangan supply 12V), maka output regulator tidak benar-benar stabil karena akan drop jika diberi beban.

Lihat Juga :  Skema Cara Membuat Regulator dengan Dioda Zener

Demikian sekema dan cara membuat  power supply regulator dengan IC seri 78xx plus transistor sebagai penguat tegangan.

Advertisement

One thought on “Rangkaian Cara Membuat Power Supply regulator dengan IC LM78xx dan Transistor 3055

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *