Penyebab dan cara mengatasi Komputer lambat

Bagi yang selalu aktif menggunakan komputer, komputer yang melambat merupakan hal yang paling menjengkelkan.Jangan panik, karena semua masalah tentu ada penyebabnya.Lalu bagaimana dengan masalah pada komputer?

Berikut Penyebab dan cara mengatasi komputer yang melambat yang paling sering ditemui:

Sebelum mengadakan diagnosa diagnosa berikut, cobalah komputer direstart terlebih dahulu.Jika keadaan tidak membaik, silahkan untuk melakukan diagnosisnya berikut.

1.Hardware kepanasan

Hardware yang panasnya sudah melebihi batas normal merupakan masalah terbanyak yang mengakibatkan komputer lambat.Bukan itu saja, pada keadaan yang lebih parah komputer bisa  restart sendiri bahkan hang.Terutama jika prosesor / CPU yang kepanasan, karena beliaulah yang menjalankan semua aplikasi program.Masuk kedalam BIOS, cek temperatur dari  prosesor.Dalam keadaan komputer yang waras, suhu prosesor akan berada pada 45 derajat Celcius.Jika suhunya memang sangat tinggi, maka sebaiknya periksa fan pendingin prosesor.Seringkali fan berputar dibawah RPM yang disarankan, karena adanya beberapa masalah.Bersihkan dan kalau perlu dilumasi sedikit saja.
Jika setelah fan dibersihkan masih tetap suhunya tinggi, bisa jadi memang harus diganti.

2.RAM yang Minim

Mungkin sudah banyak yang tahu jika RAM yang minim bisa mengurangi kinerja dari komputer.Jika komputer pentium 4, minimal RAM agar komputer lebih cepat adalah 1GB.Bisa juga RAM yang ada mengalami kerusakan setengah setengah, sehingga tidak memberikan kapasitas yang sesuai? Baca:Ciri ciri RAM Rusak , atau Cara Menambah Memori RAM

3.Akibat Virus

Virus itu ada bermacam macam sifatnya, namun yang jelas ia akan bekerja tanpa harus diperintah.Karena tujuannya jahat, virus pada umumnya akan ngeflood prosesor, sehingga kepanasan dan kwalahan.
Bersihkan Virus dari komputer menggunakan software antivirus terbaik.Atau baca juga : Agar komputer terhindar dari Virus

3.Service yang berlebihan

Terlalu banyak service yang berjalan akan mengakibatkan prosesor menjadi kwalahan.Sehingga prosesor bisa menjadi kwalahan dan kepanasan.
Penyebabnya karena terlalu banyak aplikasi yang terinstal atau berjalan dibelakang layar.
Uninstall program yang tidak dibutuhkan, dan pergunakan hanya 1 antivirus saja yang sudah mencakup seulruh kebutuhan.Misalnya: Komputer yang sudah menggunakan antivirus , masih menggunakan program keamanan lain untuk perlindungan khusus.Yang penting rajinlah untuk update antivirus agar komputer lebih aman.
Service yang berlebihan bisa juga karena virus, untuk itu stop/ nonaktifkan service yang tidak penting atau jika ada yang mencurigakan.Caranya : Klik start -> Run-> Ketik msconfig -> run.Pada menu service dan startup, unchek list  service mana yang akan dimatikan.

Lihat Juga :  Spek komputer bagus untuk Game

4.Masalah pada hardisk

Masalah umum pada hardisk adalah Bad sector, fragmentasi, RPM menurun.Baca :Cara mengetahui kondisi Hardisk
Terlalu banyak file yang tersimpan akan mengurangi jumlah spasi kosong yang tersedia.Low space pada hardisk akan menyebabkan komputer lambat.Hapuslah file file yang tidak penting, atau simpan/backup file di external disk.

5.Temporari file membengkak

Beberapa aktifitas kita dikomputer bisa berpotensi untuk menimbun temporari files.Jika semakin banyak, tentu juga akan membebani komputer.Maka bersihkan data data sementara tersebut, bisa menggunakan software kebersihan /cleaner.Secara manual juga bisa kita lakukan untuk membersihkan seluruh file sementara ini.Caranya: Klik start-> Run-> ketik “cleanmgr”-> run.Pilih Disk mana yang mau diclean.

Penyebab dan cara mengatasi Komputer lambat

 

Penyebab dan cara mengatasi Komputer lambat

6.Banyaknya file System yang terhapus atau corrupt

File system yang terhapus bisa dikarenakan oleh virus yang sudah dibersihkan.Virus yang dibersihkan oleh antivirus bisa juga membawa serta file system ikut terhapus.Atau bisa juga rusak karena terlanjur terinfeksi oleh virus.File system yang rusak Biasanya ditandai juga dengan tidak normalnya program/software tertentu.KOmputer system/Software yang tidak normal bisa juga diketahui karena sering memunculkan pesan “Program Not Responding“.
Cara paling mudah mengatasinya: Repair system operasi komputer (windows), atau jika memang keadaannya sangat parah bisa di install ulang.

One Response

  1. Anonymous April 17, 2015

Leave a Reply