Penyebab dan cara mengatasi CPU Usage 100%

CPU Usage 100% pada komputer adalah hal yang umum terjadi setelah penggunaan yang sekian lama.Hal ini bisa terjadi karena terlalu tinggi dan terus menerus CPU harus menyelesaikan permintaan proses sehingga memakan resource hingga mencapi usage maksimal alias 100%.

Jika Anda memang sedang menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan sih mungkin wajar saja. Namun yang menjadi masalah adalah jika komputer masih dalam keadaan idle saja CPU Usage sudah tinggi, dan tiba tiba melonjak menjadi 100% hanya karena membuka explorer. Kalau sudah begini komputer tidak lagi bersahabat, performance menjadi lambat dan sering hang karena prosesor kepanasan.
Jika Komputer anda mengalami masalah CPU USAGE 100% seperti ini, jangan didiamkan saja karena akibatnya bisa merembet merusak hardware tertentu. Segera lakukan tindakan agar kerusakan tidak menjadi lebih parah lagi.

Cara mengetahui CPU Usage caranya buka windows task Manager dengan shortcut tombol keybord juga bisa.Tekan secara bersamaan Alt + Ctrl + Del,maka akan tampil Task manager lalu pilih tab Performance .

Penyebab dan cara mengatasi CPU Usage 100%
Contoh gambar:CPU usage 0%-5% saat CPU tidak melakukan proses. Hal ini komputer dalam keadaan wajar.
Penyebab dan cara mengatasi CPU Usage 100%
Contoh gambar: Saat CPU sedang memproses permintaan, misalnya saat anda mengetik atau sedang mengakses aplikasi, maka performance CPU akan naik karena melakukan proses. Dan akan kembali turun jika proses yang dilakukan telah selesai, sehingga grafik performance history akan tampak naik turun. Hal ini komputer masih bekerja dengan wajar.

Lalu bagaimana Jika grafik performance CPU Usage selalu 100% atau grafik tidak pernah terlihat turun (grafik hanya mendatar diatas),  walaupun kita tidak sedang menjalankan aplikasi apapun?…. Nah ini yang menjadi masalah.. 😀

Hal tersebut bisa dipastikan bahwa ada yang bekerja sendiri dibelakang layar, sehingga CPU melakukan proses secara terus menerus atau karena sebab yang lain. Inilah yang menjadi sumber permasalahan komputer yang akan kita bahas kali ini.

Beberapa permasalahan yang paling sering menjadi penyebabnya adalah registry error,terpapar banyak program jahat/malmware,service & startup program yang berjalan,banyak terjadi kerusakan pada file windows/corrupt  dan sebagian lagi karena hardware.Sebelum melakukan langkah perbaikan dan pengecekan,pastikan dulu kalau memory RAM masih dalam keadaan Normal artinya kapasitas meori fisiknya nya masih sesuai.

Lakukan penanganan masalah berurutan seperti berikut agar CPU usage kembali normal:

  1. Cek suhu dari CPU dengan cara melihat melalui BIOS setup, pastikan suhu CPU dalam keadaan normal antara 45 derajat – 55 derajat. Jika suhunya lebih tinggi, coba periksa kinerja dari fan CPU.Bersihkan dan kalau perlu dilumasi. Caranya, restart PC kemudian setelah keluar logo motherboard, buruan tekan DEL pada keyboard. Cek PC health untuk melihat suhu CPU. Jadi sebelum mengecek yang lainya, pertamakali pastikan jika suhu CPU normal sekitar 50 derajat saja. Suhu CPU diatas 55 derajat celcius akan membuat kinerja komputer menjadi sangat lambat, karena proses yang berjalan akan sulit dihandel oleh CPU sehingga CPU usage-nya menjadi tinggi hingga 100%.
  2. Scan dengan software antivirus terbaik yang ada, atau antispyware. Jangan beranggapan bahwa komputer anda baik baik saja dan tidak menyimpan malmware.Program program seperti malmware ini otomatis berjalan di belakang sehingga banyak memakan resource karena flood permintaan kepada unit prosesing. Cobalah scan malmware menggunakan program freeware bernama malwarebyts
  3. Matikan program startup yang tidak terlalu penting, atau program lain yang berjalan dibelakang namun tidak terlalu dipergunakan. Cara melihat service dan startup program yang berjalan adalah dengan cara klik Run > ketikkan msconfig > coniguration > pilih tab service/startup. Anda bisa mengurangi beberapa startup yang anda anggap tidak penting dengan cara unchek dan klik ok. Namun jangan asal mematikan service jika tidak tahu benar fungsinya.
  4. Clean Registry error : Karena pemakaian komputer yang terlalu lama atau kesalahan dalam mengoperasikan komputer, registry error akan selalu ada dan ini akan mengganggu kinerja computer. Bersihkan registry error dengan menggunakan bantuan fix program yang banyak tersedia. Fix program yang sudah banyak dikenal misalnya Tune Up Utility atau yang free yaitu CCleaner.
  5. Jika cara cara diatas tidak membuahkan hasil, cobalah memeriksa svchost.exe dan menghentikan proses dengan cara > Klik StartRun >ketikan services.msc > Cari DNS Client, Klik kanan dan pilih Properties > Klik kotak drop-down di Startup type > Pilih Manual, klik Apply/Ok > Restart komputer. Jika CPU USAGE masih saja 100%, maka kembalikan settingan tadi seperti semula.
  6. Kelima cara diatas tetap tidak memberikan hasil, mungkin anda perlu software yang bernama procces Tammer. Program ini sangat aman karena berjalan secara otomatis untuk mematikan dan memprioritaskan hanya untuk proses yang diutamakan saja. Process Tamer adalah sebuah program kecil  yg  efisien dan akan berjalan dibelakang agar anda bisa memonitor proses yang sedang dijalankan. Anda bisa melakukan penyetelan untuk memprioritasakan beberapa proses yang dianggap penting, bisa diberikan prioritas low, normal atau high.

TIPS : Setelah Anda membaca diatas dan sudah mengerti bahwa betapa ribetnya mengatasi masalah ini, maka tindakan antisipasi adalah hal yang sangat bijak. Jadi, apabila Anda baru saja melakukan install ulang, maka segeralah membuat backup registrynya – agar suatu saat jika mengalami kejadian kayak gini lagi, maka Anda hanya cukup me-restore nya saja dan komputer akan normal lagi seperti baru diinstall. Baca caranya di : Cara membuat backup registry windows XP

Selain cara yang keenam, adalagi cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cara menghapus beberapa key melalui registry Editor. Namun cara ini tergolong beresiko jika anda tidak paham betul dengan program. Sebaiknya perlu dipertimbangkan jika memilih cara ini.

Lihat Juga :  Cara memperbaiki UPS Rusak Mati Total

Yang terakhir jika sampai langkah keenam diatas tidak mendapatkan hasil, maka kemungkinan besar banyaknya file system yang error/corupt, atau bahkan hilang akibat virus dan lain lain. Umumnya hal ini akan ditandai dengan CPU Usage 100% ,kinerja yang sangat lambat, sering error dan bahkan hang.
Maka sepertinya anda perlu untuk melakukan langkah pamungkas untuk mengatasi hal ini yaitu melakukan Inul (Instalasi ulang) Operating system komputer.

Tambahan dari pengalaman Mas Gan Rio Eiz

gw pernah kena ky geto…core i 3 gw rusak.terbakar..sampe sampe menjalar ke mobo…tp intinya gan…hal tersebut virus yang terdapat pada partisi2 kita…terutama jenis mareware….,jangan anggap remeh gan…bila perlu format seluruh hardisk,pindahkan data…dan instal ulang.

26 Comments

  1. aghidio April 16, 2017
  2. ilman Alfatih Desember 16, 2016
    • Supri Januari 27, 2017
  3. Yanto Rusdi Maret 3, 2016
  4. Paket Tour Bali April 10, 2015
    • Supri Adi April 11, 2015
  5. info bisnis Maret 9, 2015
  6. kokonoza Kodir Februari 27, 2015
  7. lemari murah Oktober 3, 2014
  8. box bayi Oktober 3, 2014
  9. furniture minimalis Oktober 3, 2014
  10. Maryatul Qibtiyah Juli 23, 2014
  11. hilmi knight friend Februari 20, 2014
  12. Daniel Dani Desember 24, 2013
  13. Riki Pebrianto Desember 1, 2013
  14. angga septian November 25, 2013
  15. rio eiz Agustus 27, 2013
  16. yudhacomunity Juni 6, 2013
    • Rizky September 10, 2013
  17. Ervan Imam Widianto Juni 3, 2013
  18. pida hindriyanto Mei 25, 2013
  19. Khoiri Hendratno April 24, 2013
  20. Adee Aryn Maret 10, 2013
  21. Badikasno Februari 11, 2013
  22. Ryan Kudo' Januari 8, 2013
  23. Rahmat Dharmawan Oktober 31, 2012

Leave a Reply