Cara Setting DNS Laptop Windows 7,8,9,10 Supaya Bisa Membuka Situs Diblokir Tanpa VPN

Gimana Caranya Setting DNS Laptop Windows 7,8,9,10 Supaya Bisa Membuka Situs Diblokir Tanpa VPN? adalah pertanyaan umum akhir-akhir ini.  Situs situs yang diblokir dulu umumya dianggap sebagai situs yang berbahaya, misalnya ilegal, dan berpotensi merugikan pengguna internet. Situs-situs tersebut contohnya adalah situs Jud1, situ dewasa, situs scam/menipu, sofware bajakan, menyebarkan malware dll. Tapi sekarang ini sepertinya situs-situs yang padahal penting dan terpercaya bisa saja diblokir hanya gara-gara dianggap tidak berijin operasi atau yang lainnya.

Ini masalah apalagi yang diblokir adalah situs dompet atau pembayaran online yg sebenarnya legal dan terpercaya digunakan para freelancer sebagai gateway untuk menerima dan melakukan pembayaran internasional. Atau bisa saja situs edukasi yang padahal sudah diakui dunia banyak manfaatnya untuk mencari solusi atau pengetahuan tentang pekerjaan apasaja. Ironis sekali bukan?

Oke tak perlu resah bagi pengguna windows 7, window 8, windows 9, windows 10 dst, karena ada solusi yang paling mudah untuk mengatasi itu semua. Tapi mohon pergunakan hanya untuk kepentingan positif, untuk mengatasi persoalan diblokir untuk situs yang mendukung pekerjaaan Anda di internet. Mengapa kita tak memakai VPN saja yang lebih mudah? Untuk melakukan transaksi keuangan jelas VPN berisiko besar, bisa jadi kena hack jika penyedia VPN punya niatan lain.

Karena menggunakan VPN, malah bisa-bisa akun diblokir oleh situs keuangan karena dianggap menggunakan IP address yang berbeda-beda saat melakukan transaksi. Jadi solusi yang solutif adalah mengubah DNS dari laptop atau PC kita menggunakan DNS pihak ketiga misalnya cloudflare atau Google. Lagian VPN yang gretongan umumnya lemot dan dibatasi, dan yang berbayar kadang juga demikian juga ya kan?

Cara setting DNS di Laptop/PC Windows 7 hingga Windows 10 Anti pemblokiran DNS

situs diblokir

Caranya sangat mudah, tak butuh keahlian khusus karena ini kita hanya perlu setting-setting biasa saja laptop windows 7 ,8, 9, 10 kamu melalui control panel. Hal yang demikian adalah hal yang memang control panel harus dikuasai secara umum karena tak hanya seting DNS, setting yang lain seringkali perlu dilakukan oleh pengguna laptop untuk mempersonalisasi komputer masing-masing sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :  Tips Agar Peralatan Elektronik Awet

1  Buka Control Panel di Komputer Windows Kamu.

Tak perlu dijelaskan lagi karena pasti kamu sudah tahu cara buka control panel di laptop masing-masing.

2. Klik Network and Internetcara seting dns situs diblokir windows 7 8 9 10
3. Masuk ke Network and Sharing Center
buka blokir situs pKi vpn

4. Klik Change Adapter Setting
cara buka blokir situs tanpa VPN
5.Klik kanan Network Internet kamu/misalnya wi-fi
cara seting DNS bisa buka blokir situs tanpa VPN windows 10

6.Klik Protocol version

Klik internet protocol version 4(TCP/ipv4), lalu klik properties
buka blokir situs mudah

7. Memasukkan alamat DNS

Pilih pilihan Use the following DNS server addreses, lalu isikian angka prefered DNS server dengan 1.1.1.1 dan Allternate DNS server dengan 1.0.0.1 . Kemudian klik Ok
seting DNS windows 7 8 9 dan 10

8. Masih belum selesai, sekarang kembali lagi ke Properties

Sekarang lanjutkan scrolling kebawah untuk menemukan list internet Protocol Version 6(TCP/iPv6), klik kemudian klik properties.
setting DNS windows 7 8 9 10 buka blokiran situs

9. Isikan Preffered DNS Server

Pilih pilihan Use DNS server adresses, kemudian pada kolom Preferred DNS server dengan 2606:4700::1111 dan pada kolom Alternate DNS server dengan 2606:4700::1001. Kemudian klik Ok.

setiing dns cloudflare windows 7 8 9 10

10. Selesai.

Demikian cara setting DNS pada laptop komputer windows 7,8,9,10 untuk mem by-pass DNS sehingga bisa mengakses situs yang diblokir DNSnya. Cara ini adalah cara lain selain VPN dimana yang sudah sangat umum dipakai orang. Namun ada kasus tertentu VPN tidak bisa dipakai untuk situs keuangan yang sistem keamanannya sensitif dimana yang otomatis akan memblokir akses yang dilakukan menggunakan IP berbeda-beda; karena VPN pada dasarnya menggunakan IP address komputer server yang lokasinya diluar negri yang tidak menerapkan kebijakan blokir untuk situs yang akan kamu tuju.

Dengan setting DNS kamu tidak akan dideteksi pindah pindah IP oleh sistem security merchant keuangan karena memang masih menggunakan IP laptopmu sendiri sehingga aman. Cara ini bisa lebih aman karena DNS yang dipakai milik penyedia yang sudah diakui reputasinya didunia, dan juga rata-rata lebih cepat daripada pakai server VPN apalagi yang gretongan.

Perlu diketahui juga angka yang kamu masukkan tadi adalah DNS dari cloudflare, penyedia DNS terkemuka dan terpercaya yang bahkan lebih cepat dari DNS Google. Tapi kamu juga boleh menggunakan DNS Google yaitu 8.8.8.8 .

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply