Cara Memperbaiki Komputer Tidak Bunyi / Audio Tidak Keluar

Lagi suntuk dengan tugas dikomputer paling asyik nih sambil ngedengerin musik biar suasana menjadi lebih segar. Lalu apa yang terjadi ketika kita mencoba menghidupkan aplikasi pemutar musik kok nggak ada suara, padahal sudah hampir separoh track. Atau suara sound komputer Anda terdengar lemah,tidak seperti hari biasanya yang normal normal saja.
Mungkin saat ini Anda mengalamai situasi yang seperti itu, situasi yang sebenarnya biasa bagi yang setiap hari akrab dengan komputer. Jika Anda baru mengalami masalah komputer tidak ada suara, jangan panik dulu, sebaiknya mencoba telusuri trouble shouting cara memperbaikinya berikut ini.

Cara mengatasi sound komputer yang tidak berbunyi,berikut analisanya.

Pertama cek dulu apakah “mute” pada sound PC windows kamu,dengan jalan Klik ikon speaker.Kalau memang mute tidak aktif,maka aktifkan .Kamu cek juga level volume yang ada,tambah levelnya atau jika perlu dimaksimalkan.

Note:Jika icon speaker tidak terlihat,coba cari didalam control panel, kemudian double click pada “Sound and Audio Devices”.

IMG Source: www.flickr.com

 

Komputer tidak ada suara

Jika pengecekan diatas sudah dilakukan dan semua sudah berada pada posisi yang seharusnya,namun suara tetap tidak terdengar atau lemah.Coba untuk mengecek kemungkinan lain yang mungkin terjadi;

a. Memeriksa Audio/Speaker system.

  1. Periksa kabel power dari speaker system , apakah semua sudah tercolok dan kabel sudah dalam keadaan yang benar. Termasuk saklar speaker apakah sudah dalam keadaan posisi hidup.
  2. Periksa apakah jek speaker sudah menancap pada PC dengan benar,port speaker pada PC biasanya berwarna hijau terang.
  3. Jika tetap tidak berbunyi atau lemah,coba pakai headphone kamu untuk mengganti speaker systemnya.Jika ternyata suara komputer terdengar dan normal,bisa dipastika yang rusak adalah speaker system kamu.
  4. Jika baik menggunakan headphone maupun speaker PC tetap tidak mengeluarkan bunyi,maka kemungkinan besar kerusakan ini terdapat pada sound driver (soundcard).
Lihat Juga :  Penyebab dan cara mengatasi Komputer restart sendiri

b. Memeriksa driver soundcard.

Kembali memeriksa melalui control panel, pastikan bahwa  playback device sudah bekerja dengan baik.
Atau lanjutkan ->control panel ->  Device Manager dan periksa pada setting “sound->video and games controllers”. Jika ada driver yang tidak terinstall dengan baik, maka akan terlihat tanda x , aktifkan  jika ada x  di atasnya. Namun jika Kamu menemukan tanda seru [!] diatas sound driver, maka sudah bisa dipastikan harus menginstal ulang sound driver.

Dapatkan driver soundcrd yang baru dengan cara mengunjungi website pembuat soundcard yang dipakai pada PC/laptop kamu.
Untuk soundcard yang menyatu, perlu diketahui merk dan type motherboardnyanya. Setelah ketahuan, silahkan kunjungi website pabrik soundcard/motherboardnya. Silahkan searching di mesin pencari dengan katakunci “soundcard driver” beserta merk dan type dari soundcard/motherboard PC kamu.
Jangan dipaksa jika kamu merasa kesulitan untuk mencari melalui internet, dan jangan menginstal sound driver yang tidak diketahui kapabilitasnya. Atau jika kamu sudah berhasil mendapatkan dan menginstal driver, tapi nyatanya komputer masih belum bisa berbunyi sebaiknya segera minta bantuan kepada orang yang ahli reparasi komputer terdekat dikota Anda sebelum kerusakannya menjadi lebih parah; hal ini karena bisa jadi yang rusak adalah hardware dari soundcard itu sendiri.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *