Pengertian, jenis dan cara kerja Operating System Komputer

Operating System Komputer, atau seringkali disebut dengan OS Komputer dengan Perangkat seperti PC, laptop,netbook, smartphone adalah dua hal yang tak terpisahkan. Karena tanpa Operating system, perangkat-perangkat tersebut tak lebih hanya alat elektronik yang mungkin tak akan ada gunanya. Begitu pentingnya OS komputer ini, karena ia yang mengoperasikan seluruh fungsi komputasi.

OS komputer yang umum dikenal dan banyak digunakan orang sebagai contoh adalah Windows (windows XP, Viesta, windows 8), Linux beserta variannya( ubuntu, debian,caldera dll),Solaris(Open solaris, Schili), Aple Macintosh( MAC OS 8, MAC OS 9, MAC X), dan OS untuk Mobile(Android,Apple IOS, Blackberry OS, Windows Phone). Salah satu OS yang paling populer dan Open source adalah LINUX, yang terdiri dari banyak distro yang dikembangkan oleh komunitas LINUX.

Operating system Komputer adalah,,,,

Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak inti dari system perangkat komputer, yang berguna untuk menciptakan hubungan antara komputer dan pengguna. OS adalah program yang terpisah dari perangkat keras, dan bertugas menyederhanakan manajemen sumber daya. Mari kita lihat berbagai jenis sistem operasi dan tahu bagaimana mereka berbeda satu sama lain .

Sistem operasi komputer bertanggung jawab untuk mengelola berbagai kegiatan menggunakan komputer dan berbagi sumber daya komputer. OS Komputer bisa dikatakan sebagai pemandu dari beberapa aplikasi yang berjalan pada sebuah komputer, serta  menangani operasi perangkat keras komputer.

Pengguna Komputer dan program aplikasi akan mengakses layanan yang ditawarkan oleh sistem operasi, melalui sistem panggilan dan antarmuka pemrograman aplikasi. Pengguna akan berinteraksi dengan sistem operasi komputer melalui Command Line Interface ( CLIs ) atau Graphical User Interface dikenal dengan GUI .

Singkatnya, sistem operasi adalah yang memungkinkan antara interaksi pengguna dengan sistem komputer,  dengan bertindak sebagai antarmuka antara pengguna atau program aplikasi dan perangkat keras komputer.

Jenis-jenis Operating system komputer

Selain jenis-jenis OS komputer yang berdasarkan pengembang, ia juga terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan cara kerjanya.

Berikut ini adalah ikhtisar dari berbagai jenis sistem operasi yang ada.

Sistem Operasi Real-time: Adalah sebuah sistem operasi multitasking yang bertujuan mengeksekusi aplikasi secara real-time . Real-time Operating System sering menggunakan algoritma penjadwalan khusus, sehingga mereka bisa mencapai sifat deterministik perilaku . Tujuan utama dari sistem operasi ini adalah memberikan respon cepat dan real-time, serta prediksi suatu event. Ia juga didesain dengan event-driven atau time-sharing one. Sebuah sistem switch event antara tugas-tugas yang berdasarkan prioritas, sementara sistem operasi time-sharing akan beralih tugas berdasarkan jam interupsi.

Windows CE , OS – 9 , Symbian dan LynxOS adalah beberapa yang dikenal sebagai sistem operasi real-time .

Sistem Operasi Multi-user dan Single-user: Sistem operasi komputer jenis ini akan memungkinkan beberapa pengguna untuk mengakses sistem komputer secara bersamaan. Sistem time sharing dapat diklasifikasikan sebagai sistem multi-user, karena mereka memungkinkan akses beberapa pengguna ke komputer melalui berbagi waktu. Sistem operasi single-user, adalah sebagai lawan dari sistem operasi multi-user, yang dapat digunakan oleh satu pengguna pada satu waktu. Pada OS windows mampu memiliki beberapa account, namun tidak membuat sistem multi-user. Sebaliknya, hanya administrator jaringanlah pengguna yang sebenarnya. Tapi untuk sistem operasi yang mirip Unix, adalah mungkin untuk dua pengguna untuk login pada satu waktu, dan kemampuan OS ini yang membuatnya menjadi sistem operasi multi-user.

Windows 95, Windows 2000 , Mac OS , dan Palm OS adalah contoh dari sistem operasi single-user. Unix dan OpenVMS adalah contoh dari sistem operasi multi-user.

Sistem operasi Multi-tasking  dan Single-tasking : Ketika sebuah program tunggal yang diperbolehkan untuk berjalan pada satu waktu, sistem ini dikelompokkan di bawah kategori sistem single- tasking, sedangkan dalam kasus sistem operasi yang memungkinkan untuk pelaksanaan beberapa tugas pada satu waktu, ini diklasifikasikan sebagai sistem operasi multi – tasking. Multi-tasking masih ada dua jenis yaitu, pre-emptive atau co-operative. Pre-emptive multitasking OS memotong waktu CPU, dan mendedikasikan satu slot untuk masing-masing program. Unix – sistem operasi seperti Solaris dan Linux, yang  mendukung pre-emptive multitasking. Jika Anda mengerti terminologi multi-threading, Anda dapat mempertimbangkan jenis multi-tasking yang mirip dengan multi-threading. Co-operative multitasking dicapai dengan mengandalkan setiap proses untuk memberikan waktu kepada proses lain, dengan cara yang sudah ditetapkan. Ini adalah jenis multi-tasking yang mirip dengan gagasan blok multi-threading, di mana satu thread berjalan hingga diblok oleh beberapa even lainnya. MS Windows (sebelum Windows 95) digunakan untuk mendukung multitasking co-operative.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Hardisk Komputer

Palm OS untuk Palm handheld adalah Multi-tasking and Single-tasking Operating Systems. Windows 9x mendukung multi- tasking. DOS Plus adalah sistem operasi multi – tasking yang relatif kurang dikenal.

Distributed Operating System: Sistem operasi yang mengelola sekelompok komputer independen, dan membuat merekaseolah hanya sebuah komputer, dikenal sebagai sistem operasi terdistribusi. Perkembangan jaringan komputer yang dapat dihubungkan, dan dibuat untuk berkomunikasi satu sama lain yang memunculkan ide komputasi terdistribusi. Perhitungan terdistribusi dilakukan oleh lebih dari satu mesin. Ketika komputer dalam suatu kelompok kerja  sama, maka mereka akan membuat sistem terdistribusi .

Amoeba, Plan9 dan LOCUS ( yang dikembangkan antara tahun 1980-an ) adalah beberapa contoh Distributed Operating System.

Embedded System: Sistem operasi yang dirancang untuk digunakan dalam sistem komputer embedded, atau yang dikenal sebagai Embedded System. Ini dirancang untuk beroperasi pada perangkat kecil seperti PDA yang dengan otonomi kurang. System ini mampu beroperasi dengan jumlah sumber daya yang terbatas. Sangat compact, serta dengan desain yang sangat efisien.

Windows CE , FreeBSD dan Minix 3 adalah beberapa contoh Embedded System. Penggunaan Linux dengan sistem komputer embedded disebut sebagai  Embedded Linux .

Mobile Operating System/OS Mobile: Meskipun ini bukanlah  tipe yang berbeda fungsional dari sebuah sistem operasi, OS mobile juga termasuk penting untuk dimasukkan kedalam daftar jenis sistem operasi ini. OS mobile berfungsi untuk mengontrol perangkat mobile, yang memiliki desain yang mendukung untuk komunikasi nirkabel dan aplikasi mobile. Ia juga built- in dalam mendukung format multimedia pada perangkat mobile. Tablet PC dan smartphone adalah contoh perangkat yang dijalankan dengan sistem operasi mobile .

Blackberry OS , Google Android dan Apple iOS adalah beberapa nama OS Mobile yang paling dikenal .

Batch Processing dan Interactive Systems: Batch processing mengacu pada pelaksanaan program komputer dalam ‘ batch ‘ tanpa intervensi manual. Dalam sistem batch processing, program dikumpulkan, dikelompokkan dan diproses di kemudian hari. Tidak ada input data oleh user, sebagai input data dikumpulkan terlebih dahulu untuk proses selanjutnya. Input data dikumpulkan dan diproses dalam batch, maka dinamakan batch processing. IBM z / OS memiliki kemampuan pemrosesan batch. Sistem yang berlawanan dengan ini, operasi interaktif membutuhkan intervensi oleh pengguna , dan tidak dapat dijalankan tanpa pengguna.

Online dan Offline Processing: Dalam pengolahan data online, pengguna tetap berhubungan dengan komputer, dan proses dijalankan di bawah kendali central processing unit (CPU) komputer. Bila proses tidak dieksekusi di bawah kontrol langsung dari CPU, maka pengolahan ini disebut dengan offline. Mari kita ambil contoh batch processing. Di sini, batching atau pengelompokan data dapat dilakukan tanpa melibatkan pengguna dan intervensi oleh CPU, dan bisa dilakukan secara offline. Namun pelaksanaan proses yang sebenarnya mungkin terjadi di bawah kontrol prosesor langsung (yang online).

Sistem operasi juga membantu untuk menyederhanakan interaksi manusia dengan perangkat keras komputer, bertanggung jawab untuk menghubungkan antara program aplikasi dengan perangkat keras, sehingga pengguna dapat mencapai akses komputasi dengan mudah. Tanpa OS, komputer tak akan ada gunanya, atau paling tidak akan sulit untuk dioperasikan oleh kebanyakan orang.

Leave a Reply