Pemanas Air Listrik

No comments :

Advertisement
Sama dengan pemanas air tenaga surya,pemanas air gas,pemanas air listrik juga ada lebih dari satu jenis/model yang tersedia dipasaran.Untuk Pemanas air listrik saat ini ada 2 jenis yang tersedia,yaitu pemanas air listrik dengan tangki dan tanpa tangki.

1.Pemanas air listrik tanpa tangki

Sistem dan cara penggunaanya sama seperti pada pemanas air gas tanpa tangki.Hanya saja dibedakan oleh dasar pemanasan airnya saja yaitu listrik dan gas.Untuk mempergunakan alat ini kita harus menampung air terlebih dahulu, dan pemanas air listrik akan bekerja ketika keran air kita buka.Setelah air mengalir kedalam pemanas,kita harus menunggu sampai suhu air sudah sesuai dengan yang kita atur.Tentang berapa lama waktu menunggu tergantung dari daya listrik yang dibutuhkan alat tersebut.Jika alat tersebut memiliki watt yang lebih besar tentunya akan lebih cepat memanaskan air.

Cara Kerja: Sama dengan pemanas air gas dengan tangki penyimpan,hanya saja yang membedakan adalah bagian komponen pemanasnya.Kalau pemanas air gas menggunakan heat exchanger yang akan menghasilkan panas jika diburning ,dan pada pemanas air listrik ini pemanasnya menggunakan elemen pemanas listrik.
Jenis pemanas air listrik yang pertama ini cocok untuk keluarga kecil .Lebih hemat energi karena listrik akan terpakai hanya pada saat alat dipergunakan.

2.Pemanas air listrik dengan tangki penampungan

Bedanya dengan jenis yang pertama hanya pada tangki yang melengkapinya.
Karena alat yang ini dilengkapi tangki,maka kita bisa memperoleh air panas setiap saat sesuai dengan suhu yang kita atur sebelumnya.Itulah yang menjadikan kelebihannya.
Cara kerja: Saat air mengalir kedalam tangki maka elemen pemanas listrik akan memanaskan air sampai berhenti pada suhu yang dikehendaki.Dan ketika suhu air didalam tangki mulai turun,maka pemanas air akan otomatis bekerja kembali yang diatur oleh sistem.Dengan demikian maka suhu air akan tetap terjaga terus menerus sehingga siap dipergunakan kapan saja.
Kekurangannya adalah boros listrik, karena alat ini terus menerus menjaga agar suhu tetap terjaga sesuai dengan yang kita inginkan.Selain itu bentuknya yang besar lebih memakan ruangan dan harganya yang lebih mahal 2 kali lipat dari jenis yang pertama.
Jenis yang kedua ini lebih cocok untuk keluarga dengan jumlah anggota yang lebih banyak.
Advertisement

Post a Comment

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com