Cara agar TV tidak rusak terkena petir

No comments :

Advertisement
Musim penghujan tiba,para petani sedang sorak sorai dan bersiap melakukan peta tanam.Untuk daerah kering,kini saatnya sumber air akan muncul lagi.
Dan untuk dareah langganan banjir,terkadang musim hujan kurang diharapkan.Namun alam membutuhkan keseimbangan, dengan melaksanakan tugas rutinnya.Kalau daerah anda mengalami kebanjiran atau kekeringan,jangan salahkan alam karena itu adalah kesalahan kita sendiri.

Kepada pokok artikel saja ya?...
Selain akibat akibat dari musim penghujan yang terjadi seperti diatas,ada hal lain yang ikut bersama datangnya musim hujan.Siapakah?......tidak lain adalah sang petir,karena kurang afdol jika ada hujan tidak ada petir.

Namun fenomena alam yang bernama petir ini lebih sering memberikan dampak buruk ketimbang dampak positif.Petir adalah loncatan bunga api listrik statis berkekuatan bermega-mega watt dan bergiga-giga volt.Gedung dan pohon yang berdiri kokoh bisa runtuh tersambar petir,apalagi manusia :).

Menurut ilmu pengetahuan,petir adalah loncatan elektron positif yang mencari elektron muatan negatif.Bukankah setiap yang diciptakan didunia ini selalu berpasangan.Demikian listrik,ada listrik bermuatan pisitif dan listrik bermuatan negatif.Seperti halnya pada manusia laki laki yang selalu mencari pasangan berjenis wanita,listrik bermuatan positif (elektron) juga selalu mencari listrik yang bermuatan negatif (netron).Itulah kenapa petir lebih suka menyambar benda dipermukaan bumi yang posisinya lebih tinggi.Benda benda tersebut disambar petir karena bermuatan listrik negatif (netron).Petir lebih suka menyambar benda dari logam,karena logam adalah benda yang dapat menghantarkan listrik.Semakin bagus daya hantar listrik suatu benda,maka semakin disukai oleh petir.
Kenapa manusia dan pohon juga bisa disambar petir?,,,,,Karena kedua makhluk hidup tersebut juga bisa menghantarkan listrik melewati bumi yang dipijaknya.Kalau membahas petir sepertinya agak akan habis habis,carilah referensi mengenai petir pada buku buku fisika atau diwikipedia jika ingin lebih lengkap.

TeleVisi rusak akibat terkena petir?

Televisi yang dihidupkan bisa rusak jika ada sambaran petir disekitar antenanya.Walaupun antena televisi tersebut masih beberapa puluh meter dari petir, terkadang masih juga bisa terkena dampaknya.
Kenapa demikian?,,,karena saking besarnya voltase listrik dari petir,sehingga bisa merambat melalui udara ,mengenai antena TV anda dan mengaliri komponen  elektronik pada TV.
Pada dampak yang ringan,tv hanya kehilangan penerimaan sumber gelombang sehingga tv tidak menampikan siaran TV chanel manapun.Karena unit RF pada televisi telah rusak ,konslet karena petir
Pada akibat yang lebih parah akibat petir,rangkaian elektronik TV seluruhnya bisa terbakar.
TV yang rusak akibat terkena petir biasanya akan lebih sulit diperbaiki,tergantung kekuatan dan jarak petir dari posisi antena TV.Bahkan seluruh modul yang menyokong mesin TeleVisi bisa rusak total, Tidak peduli TV anda masih baru atau sudah lama.Petir tidak pernah mengenal kata ampun.

TV bisa rusak walaupun petir masih beberapa puluh meter dari antena?

Hal ini bukan cuma asumsi,karena saya sendiri sudah pernah membuktikannya.Pada saat itu saya lagi asik berkomunikasi di radio 144Mhz.Saat itu Saya melihat kilatan cahaya petir dikejauhan dari jendela,bersamaan dengan itu saya tersentak kaget dan tanpa sadar melempar extramix radio komunikasi saya.Begitu sadar ternyata saya seperti terkena sengatan listrik tegangan tinggi,tubuh dan jantung terasa gemetaran sesudahnya.Karena antena radio saya waktu itu tidak menggunakan grounding kedalam bumi,sehingga listrik dari petir merambat dari antena dan kabel kemudian ke pesawat saya.Saya tidak bisa membayangkan, andai petir tersebut menghajar secara langsung kepada antena.

Berikut Solusinya  agar Televisi tidak rusak akibat terkena dampak petir.

1.TV Jangan dihidupkan jika turun hujan.
Mematikan dan mencabut antenanya saat hujan adalah cara paling aman agar televisi terhindar dari kerusakan akibat petir.Namun hal ini kurang efektif,karena petir sekarang terkadang bisa muncul disaat siang bolong :).
Petir bisa datang dengan tiba tiba,anda tidak akan pernah menyangka sebelumnya.
Dengan menggunakan cara pertama ini, berarti anda harus bersedia untuk tidak menonton acara sinetron kesayangan jika hujan mulai turun.

2.Tidak menggunakan antena luar.
Cara yang ini jauh lebih baik daripada cara yang pertama,namun hanya menggunakan antena dalam terkadang sulit untuk mendapatkan gambar yang bagus.Jika anda mempunyai rumah bertingkat atau menara pribadi,pasang antena TV diteras juga bisa asalkan arah antena tidak terhalang apapun terhadap stasiun pemancarnya.

3.Menggunakan tiang antena berpenangkal petir.
Jika ada petir,daya listrik yang dipercikkan petir akan terlebih dulu diserap oleh penangkal petir sebelum menyentuh antena TV anda.Karena penangkal petir disambung langsung dengan ground dari bumi.Hal ini membuat penangkal petir mendapatkan muatan elektron negatif lebih besar daripada antena TV anda.Anda bisa menitipkan antena anda kepada tiang BTS,jika kebetulan berdekatan dan diijinkan.Bisa juga dititipkan pada penangkal petir rumah anda,dan pasang kan dengan posisi lebih rendah dari penangkal petir.Namun,anda juga harus menghubungkan kabel ground antena anda dengan ground (body) penangkal petir.(caranya lihat gambar dibawah).

4.Menggunakan tiang antena dari pipa logam.
Ini adalah solusi terakhir agar televisi tidak rusak terkena petir.Jangan menggunakan penyangga (tiang) antena menggunakan kayu,bambu,bahan non logam lainnya atau antena hanya ditempelkan di tembok.Karena benda nonlogam tidak bisa menghantarkan listrik,sehingga jika ada loncatan listrik dari petir akan langsung menuju Televisi anda melalui kabel antena.
Gunakan pipa besi yang kuat seperti pipa air minum PDAM sebagai tiang antena.Karena pipa besi jenis ini lebih kuat dan tahan karat,selain itu bisa kita pakai sekaligus sebagai ground antena ke bumi.

Cara memasang Ground antena TV melalui Pipa Logam:
Cara agar TV tidak rusak terkena petir


#Tanam pipa penyangga  antena dari logam minimal menancap 1 meter kedalam tanah.
#Berikan kabel tersendiri yang dipakai untuk menghubungkan ground antena terhadap ground bumi dengan jalan membautkannya kepada pipa penyangga (lihat kabel warna merah pada gambar diatas).

Dengan cara seperti ini,jika ada loncatan listrik oleh petir maka akan langsung tersalurkan kedalam bumi.Sehingga listrik dari petir tersebut tidak menuju kepada rangkaian elektronik televisi anda.

Cara ini hanya mengurangi saja,terbukti televisi saya sendiri aman setelah menggunakan cara ini.Sebelumnya saya sudah pernah harus merelakan 2 buah televisi saya rusak total akibat petir.

Kalau petir secara langsung menghajar antena, saya kurang tahu apakah cara ini akan berhasil untuk menyelamatkannya.

Perlu diingat sekali lagi bahwa,walaupun petir tidak secara langsung menyambar antena (misalnya petir berada jarak 50 meter dari antena) ,namun masih bisa membuat terbakar komponen televisi anda.
Nah untuk kasus yang ini, solusi diatas saya kira masih bisa melindungi.

"Cara yang keempat diatas bukan saja membuat aman televisi dari petir,tetapi juga akan memberikan penerimaan gambar yang lebih bersih.Karena frekwensi splenteran dari Radio Komunikasi 2 arah (2 meter band) akan ikut tersaring atau diredam.Frekwensi radio komunikasi 2 meter band menggunakan gelombang jalur UHV,artinya sama dengan gelombang yang dipakai untuk siaran televisi."

Jika anda tidak bisa menitipkan antena TV kepada antena BTS,agar TV aman dari petir anda bisa mengkombinasikan cara yang pertama dan cara yang keempat.

Menggunakan tiang penyangga logam seperti tips diatas hanyalah solusi paling murah untuk mengatasi dampak petir pada televisi.
Jika anda ingin TV benar benar aman,anda bisa menyerahkan semuanya kepada ahli penangkal petir dan ahli menara antena.

Dampak petir secara tak langsung

Solusi diatas hanyalah untuk menghindari dampak petir secara langsung.
Apa dan bagaimana sih dampak petir secara tidak langsung?.....
Dampak petir secara tak langsung adalah imbas dari kabel jaringan listrik yang tersambar petir.Karena kabel jaringan tersebut dihubungkan kepada gedung pelanggan seperti halnya rumah kita.
Pada umumnya jaringan listrik PLN di negara kita ini masih banyak yang menggunakan kabel tanpa pembungkus (pembungkus kabel=isolator).Dan ini sangat rentan sekali untuk mengalirkan listrik kejut dalam kapasitas voltase yang sangat besar jika tersambar petir.Akibatnya bisa fatal,seluruh perangkat elektronika (Komputer,TV dsb) yang terhubung dengan jaringan listrik bisa langsung rusak jika terkena arus kejut tersebut.
Pernah mendengarkah bahwa komputer teman atau saudara yang rusak karena petir?...Kemungkinan hal itu diakibatkan oleh dampak tak langsung petir.

Penangkal petir konvensional saja tidak akan melindungi gedung/alat elektronik dari dampak petir tak langsung.Maka solusinya adalah dengan menambah  sebuah alat yang bernama surge aresstor, untuk melindungi alat elektronik dari dampak tidak langsung petir.
Advertisement

Post a Comment

Arsip

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com