Problem Kenapa HP Tidak Dapat Di Cas

Kenapa hp tidak dapat dicas? ada beberapa kemungkinan umum mengapa hp tidak dapat dicas. Tapi penjelasan dalam artikel ini untuk user bukan untuk teknisi agar bisa mengetahui dengan cepat permasalahan pada hpnya. Karena siapa tahu persoalan hp yang tidak bisa dicas hanya persoalan sepele yang bisa dibetulin oleh user sendiri.

Ada beberapa alasan mengapa handphone tidak bisa di-charge.

cara memperbaiki baterai hp cepat habis

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebabnya:

Masalah dengan kabel atau charger:

Kabel pengisi daya atau charger yang digunakan mungkin rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Coba ganti dengan kabel atau charger yang berfungsi dengan baik untuk melihat apakah masalahnya bisa teratasi.

Charger bermasalah:

Kerusakan tertentu pada charger bisa membuatnya mengalami penurunan arus sehingga tidak cukup daya untuk mengisi baterai HP. Coba ganti dengan casan lain, jika masih belum bisa kemungkinan kabelnya bermasalah.

Port pengisian daya yang rusak:

Port atau soket pengisian yang terletak pada handphone bisa rusak karena penggunaan yang salah atau berlebihan sehingga mengalami kelonggaran/ kerusakan fisik. Atau bisa juga kotor, maka cobalah membersihkan port dengan hati-hati menggunakan cotonbud yang ujungnya dipipihkan dan diolesi dengan minyak kayu putih atau pembersih kutek/cat kuku/alkohol atau periksa apakah ada kerusakan fisik yang nampak. Jika memang port/soket rusak, mungkin perlu membawa handphone ke servisan untuk diganti dengan yang baru.

Baca Juga :  Tips Sebelum Membeli Tablet

Masalah dengan baterai:

Baterai yang rusak atau sudah mencapai masa pakai akhirnya mungkin membuat handphone tidak dapat di-charge.  Dalam kasus ini, Anda mungkin perlu mengganti baterai dengan yang baru atau memeriksakan ke servisan sebab hp jaman sekarang pakai baterai tanam dimana yang susah diganti sendiri oleh user.

Firware yang bermasalah:

Terkadang, perangkat lunak pada handphone dapat menyebabkan masalah pengisian daya. Coba restart handphone atau lakukan update firmware jika tersedia. Jika masalah masih belum selesai Anda mungkin perlu menghubungi servisan.

Kerusakan hardware :

Ada kemungkinan kerusakan hardware pada handphone yang membuatnya tidak bisa di-charge. Jika Anda sudah mencoba langkah-langkah di atas dan masalahnya belum teratasi, kemungkinan besar ada masalah hardware. Kerusakan hardware hanya bisa diperbaiki oleh teknisis HP karena membutuhkan keahlian/pengalaman serta alat-alat khusus untuk menganalisa hardware bagian mana yang bermasalah.

Ini hanya beberapa kemungkinan penyebab umum. Setiap merek dan model handphone bisa memiliki perbedaan yang mengakibatkan masalah pada pengisian daya. Jika Anda mengalami masalah yang berulang atau tidak dapat memperbaikinya sendiri, disarankan untuk meminta bantuan ahlinya

Leave a Reply