Tips membeli kamera DSLR untuk pemula

Kamera DSLR itu ada banyak macamnya, selain merk yang membedakan lainnya adalah fitur, tingkatan dan harga.Tentu saja bagi yang profesional tidak akan ada kendala untuk membeli kamera DSLR yang paling bagus. Bagi pemula tentu akan bingung dalam membuat pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih dari sekian banyak type dan merk yang ada.
Belum tahu apa itu kamera DSLR?, ketahui dulu klik disini

Advertisement

Berikut yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kamera DSLR untuk pemula:

a.Tingkatan

Ada tingkatan kelas kamera DSLR, yaitu low entry, medium entry dan high entry.Perbedaan masing masing jelas pada fitur dan harga.Kalau kamu hanya membeli kamera DSLR hanya untuk menggantikan kamera saku, sebaiknya membeli saja yang type low entry.Harga rata-rata untuk kamera DSLR yang paling dasar berkisar pada rata-rata harga 4juta-an.Dan bisa dikatakan kelas sedang rata-rata pada kisaran harga 12 juta-an.Baca: Daftar kamera DSLR

b.Keperluan

Namun apabila berniat ingin belajar fotografi, tidak ada tingkatan khusus harus beli yang tingkatan yang mana.Walaupun fitur pada kamera DSLR high entry lebih banyak, semua optimasi bisa dipelajari.Membeli yang high entry bagi pemula tidak ada masalah, yang penting ada budgetnya.Kalau ingin berangkat dari yang lebih sederhana agar lebih mudah,juga tak masalah. Berikut  Kamera DSLR untuk PemulaKalau membeli kamera DSLR hanya untuk pelengkap kebutuhan keluarga saja, sebaiknya membeli yang type low entry.Kenapa tidak high entry sekalian kalau budgetnya ada?,, Selain harganya yang jauh lebih mahal, tidak bisa/malas belajar memanfaatkan fitur yang ada tidak menjamin untuk menghasilkan gambar yang lebih bagus.

Lihat Juga :  Focal lenght dalam fotografi

c.Harga

Semakin tinggi tingkatan Kamera DSLR, semakin tinggi pula harganya.Untuk pemula sebaiknya tidak perlu terlalu memaksa, beli saja yang low entry nggak masalah.Kamera yang low entry pun dapat menghasilkan gambar yang tak kalah oke, asal tahu teknik dan pengoptimalan fitur yang ada.Jadi tidak perlu ragu dengan budget yang terbatas, sebab kalau tidak sekarang kapan lagi?

d.Resolusi

Semakin tinggi resolusi maka semakin baik pula gambar jika dicetak kedalam ukuran yang lebih besar.Namun dalam dunia potografi, resolusi bukanlah faktor penentu utama. Walaupun dikatakan bukan penentu utama, perbedaan harga juga terpengaruh oleh besaran resolusi.Jadi mana harga yang menurut anda sesuai dengan kebutuhan kamera.

Merk dan type

Bicara masalah merk kamera DSLR, ada banyak dipasaran.Kalau bicara yang terbaik, menurut saya masing masing ada kelebihan dan kekurangannya.Namun saat ini merk kamera DSLR yang paling populer adalah produk nikkon dan canon.Beberapa pendapat mengatakan bahwa kedua merk tersebut lebih fleksibel dan mendukung banyak jenis lensa.Selain itu tidak sedikit pula yang bilang kalau hasil jepretannya lebih bagus.Lagi-lagi mungkin hanya masalah budget, jika memilih beli kamera keluaran dua produsen diatas.
Selamat berbelanja kamera DSLR, semoga mendapatkan yang paling sesuai bagi Anda.

Keluaran Terbaru

Membeli kamera DSLR yang keluaran terbaru tentu lebih baik, karena beberapa fitur mungkin sudah mengalami penyempurnaan dari keluaran sebelumnya.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *