Pilih Mana?, Toyota Avanza atau Nissan Grand Livina

Toyota Avanza dan Nissan Grand livina adalah kedua jenis mobil yang banyak menjadi idaman keluarga, karena kedua type ini mampu mengangkut orang lebih banyak dengan dukungan 7 seat. Kedua mobil ini membidik level pasar yang sama yaitu low-end, dan dijual dengan harga yang tak begitu terpaut terlalu jauh – meskipun lebih tinggi harga grand livina. Meskipun banyak orang lebih mengikuti trend dalam menentukan pilihan dalam membeli mobil, tak sedikit juga yang mempertimbangkan faktor lain termasuk kenyamanan dan efisiensi bahan bakar. Kalau menurut trend, Toyota Avanza memang sudah tak perlu ditanyakan lagi, ia sudah diakui sebagai mobil sejuta umat. Nah untuk itu Anda mungkin perlu untuk membaca pertimbangan berikut agar tidak salah pilih kendaraan keluarga yang paling pas bagi Anda!

Advertisement

Lalu mana pilihan yang tepat untuk saya, Toyota Avanza atau Nissan Grand Livina?..

Sebelum menentukan mana yang pas untuk anda, sebaiknya simak baik-baik review berikut ini :

Efisiensi Bahan Bakar

Pilihan efisiensi bahan bakar layak dijadikan pertimbangan pertama untuk membeli kendaraan, karena hal ini akan terkait dengan hitungan anggaran pengeluaran bulanan kebutuhan Anda. Misalnya, Orang mungkin akan mempertimbangan kendaraan yang irit apabila memiliki jam terbang penggunaan kendaraan yang tinggi. Grand Livina adalah kendaraan yang menganut sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive atau FWD), hal ini tentu memiliki efisiensi yang lebih bagus dalam penggunaan bahan bakar alias lebih irit. Sebaliknya, Toyota Avanza menganut sistem penggerak roda belakang (Rear wheel Drive atau RWD). Mobil yang menggunakan sistem penggerak roda belakang bisa lebih boros, karena penyaluran tenaga dari masin masih harus melewati proses yang lebih panjang.

Lihat Juga :  Perbedaan Antara Toyota Avanza Seri E, G, S, dan Veloz

Kenyamanan penumpang

Berbicara lagi tentang penggerak roda, karena hal ini juga menyangkut faktor kenyamanan pilih grand livina atau avanzaselain efisiensi bahan bakar. Mobil yang menganut FWD juga lebih nyaman daripada mobil yang menganut RWD, hal ini karena sistem penyaluran tenaga yang menuju ke roda belakang bisa menimbulkan efek getaran yang tinggi terutama jika ada problem misalnya keausan.

Sementara itu masalah suspensi juga menjadi faktor utama dalam hal kenyamanan. Walaupun kedua keluaran Avanza dan grand livina sama-sama menggunakan monoshock, akan tetapi kaki-kaki avanza lebih keras dari pada grand livina. Dengan demikian penumpang avanza akan merasa lompat-lompat jika mengikuti jalan yang banyak lubangnya. Intinya grand livina lebih dapat menjanjikan kenyamanan yang lebih lembut bagi penumpangnya, termasuk karena memiliki ground clearance(ketinggian dari tanah) yang lebih rendah. Ground clearance yang lebih rendah juga berpengaruh terhadap kestabilan kendaraan pada saat kecepatan tinggi (mobil balap selalu lebih rendah dari aspal).

Namun kelemahan bagi mobil yang shocknya lebih lembut dan ground clearance rendah adalah ketika melewati jalanan yang sangat kurang bagus dan berlubang-lubang lebih dalam, karena bisa menyebabkan bodi mobil nyangkut apabila ada gundukan atau berbenturan dengan jalanan.

Akselerasi

Bagaimanapun mobil yang menganut penggerak roda belakang memiliki akselerasi yang lebih cepat dan lebih kuat terutama jika dijalankan didaerah yang penuh tanjakan tinggi atau daerah pegunungan. Untuk urusan yang ini, grand livina harus mau mengakui kehebatan toyota avanza. Sementara itu jika berada dijalanan kota-kota yang rata, mungkin toyota avanza akan dilibas sama grand livina dalam hal kenyamanan mengemudi.

Fitur Keselamatan

Bicara soal fitur keamanan, kedua jenis mobil ini sudah didesain cukup safety. Hal ini terutama karena keduanya sudah dilengkapi dengan Anti Break System (ABS), yang merupakan sistem keamanan yang menjaga agar roda tidak memberikan traksi terus menerus saat pengereman, serta mencegah terjadinya penguncian pada roda yang bisa membahayakan.
Kedua merk mobil ini juga sudah dilengakip fitur anti benturan samping, yaitu besi penahan bodi agar pengemudi dan penumpang tetap terlindungi jika terjadi ditabrak dari arah samping. Untuk fitur airbag, kedua jenis yang keluaran terbaru sudah ada.

Lihat Juga :  Penyebab Aki cepat tekor atau soak

Perawatan

Toyota adalah pabrikan mobil Jepang yang sudah sangat populer di Indonesia, dan telah memiliki jaringan bengkel yang banyak tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Dengan demikian, ketika Anda melakukan perjalanan jauh, bengkel lebih mudah dijangkau sehingga Anda akan merasa lebih aman dan nyaman.

Avanza juga dikenal lebih murah soal biaya perawatan, sehingga avanza  bisa menjadi pilihan mobil untuk Anda yang lebih mementingkan untuk biaya perawatan.

Purna jual

Kalau melihat dari sisi purnajual, Avanza sudah pasti memiliki harga jual kembali yang paling tinggi. Hal ini seperti yang kita semua tahu, avanza adalah mobil sejuta umat yang paling banyak peminatnya.

Pertimbangan

Nggak ada sesuatu yang lebih sempurna, semua tentu ada yang namanya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Kita kembalikan lagi kepada Anda untuk menentukan mana kendaraan yang terbaik untuk Anda. Misalnya ; Kalau Anda ingin memilikinya untuk dipakai sendiri dan tak berfikir untuk menjualnya kembali, serta hanya mempergunakan kendaraan didaerah yang datar, dan budget Anda longgar, Grand livina mungkin lebih pas untuk Anda. Atau jika Anda berfikir suatu saat akan menjualnya kembali, sering melewati daerah pegunungan, dan memperhitungkan biaya perawatan, Toyota Avanza mungkin adalah pilihan Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *