Perbedaan honda tiger dan megapro

Bagi Anda yang fanatik dengan Honda terutama model gagah atau laki, pasti penasaran dengan kedua type yang paling laku, yaitu Honda MegaPro dan Tiger. Memang, secara harga keduanya terpaut sangat jauh, secara lebih unggul pasti Tiger. Pada poin inilah, justru banyak membuat orang bingung menentukan pilihan. Secara fisik keduanya terlihat sama kekarnya, sepertinya hampir tak ada perbedaan yang mencolok. Hukum pasar berlaku, ada barang tentu ada rupa.

Advertisement

Perbedaan antara Honda Tiger CW dan New MegaPro

Baiklah, bagi Anda yang saat ini lagi galaw, pilih Tiger CW atau New megapro. Disini Kami akan menjelaskan perbedaan diantara kedua berdasarkan spesifikasi utama saja, yang penting Anda sudah tahu benang merah perbedaan diantara keduanya. Cek id ot:

Dimensi

Tiger CW
Panjang X lebar X tinggi : 2.029 x 747 x 1.093 mm
New Megapro
Panjang X lebar X tinggi : 2.050 x 757 x 1.075 mm

Ukuran keduannya sangat tipis sekali perbedaannya. Lebih lebar dan panjang megapro, namun lebih tinggi tiger(hanya beberapa mm). Tak akan bisa dilihat perbedaan ukuran keduannya, jika hanya dengan pandangan mata. Bobotnyapun hanya beberapa Kg saja bedanya, lebih berat Tiger. Selain itu, jarak sumbu roda untuk keduanya sama, yaitu 152 mm.

Mesin

Tiger CW
Tipe mesin : 4 Langkah OHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 63,5 x 62,2 mm
Volume langkah : 196,9 cc
New MegaPro
Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 57,3 x 57,8 mm
Volume langkah : 149,2 cc

Nah, pada mesin inilah ternyata perbedaan yang paling mencolok. Tidak perlu melihat torsi dan daya kuda,  hanya dengan melihat volume silinder dan Diameter langkah saja sudah kelihatan.Torsi dan Daya kuda tentu lebih unggul untuk Tiger. Singkatnya, spesifikasi mesin lebih tinggi tiger, walaupun bedanya mungkin hanya sekitar 15%.

Lihat Juga :  Jenis Asuransi Mobil

Gigi percepatan

Tiger CW
Gigi transmisi : 6 kecepatan
New MegaPro
Gigi transmsi : 5 kecepatan

Disini juga merupakan perbedaan yang cukup mencolok, yaitu selisih 1 gigi percepatan. Artinya, tiger nafasnya lebih panjang, sehingga diperlukan 6 kecepatan. Pola pengoperannya sama, yaitu 1-N-2-3-4-5-6 untuk tiger, dan 1-N-2-3-4-5 untuk megapro.

Tangki Bahan Bakar

Ukuran tangki hanya berbeda 1,2 liter, lebih banyak tiger yaitu 13,2 L dan megapro 12,0 L. Sementara itu untuk penngapian, tiger menggunakan type ganda yaitu CDI dan Magneto, dan Megapro hanya CDI saja.

System Pendinginan

System Pendinginan mesin keduasnya masih mengandalkan sirip pendinginan udara.

Aki

Lebih besar 2 ampere untuk tiger, yaitu 12v – 7Ah. Kekuatan aki Megapro 12 V – 5 Ah. Ampere adalah satuan untuk kuat arus, lebih tinggi lebih kuat dan awet.

Rangka

Type rangka diantara keduanya adalah sama, yaitu pola berlian (diamond steel)

Ukuran Ban

Tiger CW
Ukuran ban depan : 2,75 – 18 – 42L
Ukuran ban belakang : 100/90 – 18 M/C – 56P
New MegaPro
Ukuran ban depan : 80/100 – 17 M/C 46P
Ukuran ban belakang : 100/80 – 17 M/C 55P

Ukuran ban terlihat lebih besar untuk tiger, yaitu memiliki selisih satu poin.

Suspensi

Sementara itu untuk suspensi, Tiger dan megapro menggunakan tipe suspensi depan yang sama, yaitu model teleskopik.
Perbedaannya terletak pada suspensi belakang, yaitu tiger menggunakan lengan ayun pegas ganda dengan tabung olie. Dan suspensi belakang megapro menggunakan model suspensi Tunggal (monoshock), dan dapat di setel keras dan lembut.

Lihat Juga :  Harga Mio Bekas Malang

Masalah suspensi ini merupakan selera masing-masing orang. Jika menyukai tampilan yang dinamis dan simpel, monoshock bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

Sistem Pengereman

Tiger CW
Rem depan : Tipe cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang : Tipe cakram
New Megapro
Rem depan : Tipe Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal

Sistem pengereman keduanya sama-sama menggunakan sistem rem cakram untuk kedua rodanya, yaitu roda depan dan belakang.

Perbedaan honda tiger dan megapro
New MegaPro

Perbedaan honda tiger dan megapro
Tiger CW

Gambar: Source kredit-motor.com

Kesimpulan:

Itulah sekilas tentang perbedaan antara Honda New megapro dan Tiger CW. Tidak ada perbedaan yang besar dari spesifikasi keduanya, selain yang ada pada mesin. Nah, jika Anda sangat menyukai touring, perjalanan jauh keluar masuk kota atau desa, Tiger adalah mungkin pilihan terbaik untuk Anda. Walaupun demikian, mega pro juga sudah sangat mencukupi untuk touring luar kota. Hanya yang perlu dipertimbangkan, daya mesin Tiger lebih besar, gigi lebih banyak, tentu lebih kenceng dan kuat. Sementara megapro menggunakan monoshock, sehingga menurut saya lebih simpel, ringkas, sportif dan ciamik. Masih bingung?,,,

Kalau harga bukan menjadi persoalan, pilih Tiger tentunya(Harga sekitar Rp. 25.600.000,-). Namun kalau Harga menjadi masalah, tidak perlu dipaksakan, Megapro sudah cukup bagus dan gagah, untuk sebuah motor laki(lebih lebar dari tiger)(Harga sekitar Rp. 19.850.000,-).

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *