Penyebab dan mengatasi komputer terlalu panas

Komputer yang terasa kepanasan adalah masalah yang juga banyak dikeluhkan oleh banyak orang, setelah menggunakan komputer dalam waktu yang lama. Menghindari, mendeteksi dan memperbaiki masalah adalah mutlak diperlukan agar komponen internal komputer terhindar dari kerusakan yang lebih lanjut.

Advertisement

Seperti pada berbagai perangkat elektronik lainnya, komputer juga akan memanas ketika digunakan. Komputer dirancang sedemikian rupa sehingga panas yang dihasilkan bisa dikontrol, agar tidak menyebabkan kerusakan internal komponen perangkat keras.

Namun dalam banyak kasus, komputer desktop atau laptop bisa menjadi terlalu panas . Panas yang berlebihan pada komputer bisa mengakibatkan penurunan kinerja secara mendadak. Komponen internal seperti transistor, prosesor, chip dan bahkan VGA juga berkontribusi  meningkatkan energi panas pada komputer secara keseluruhan.

Mengapa panas  Komputer bisa berlebih?

Umumnya panas yang dihasilkan adalah akibat pengoperasian komputer, yang disalurkan melalui ventilator udara melalui kipas yang disediakan didalam komputer kita. Paling umum , komputer yang terlalu panas akan dikaitkan dengan minimnya sistem pendingin atau bahkan adanya gangguan. Seringkali komputer yang terlalu panas karena adanya beberapa sumbatan atau obstruksi pada ventilasi aliran udara. Hal ini bisa terjadi karena lokasi komputer, misalnya  saat menggunakan laptop kadang selimut atau benda lain yang menghalangi aliran udara. Alasan lain komputer yang kepanasan adalah karena adanya kegagalan mekanisme pengaturan suhu internal.

Mendeteksi dan Memperbaiki masalah Komputer Overheating

Pertama, untuk mendeteksi masalah overheating pada komputer, Anda harus memeriksa beberapa petunjuk yang mungkin menyebabkan masalah seperti:

Lihat Juga :  Cara Menulis huruf Arab di Word 2007 dan 2010

Masalah-masalah pada software komputer diatas bisa membuat kinerja unit pemroses(Prosesor) semakin berat, sehingga akan memicu timbulnya panas yang lebih cepat. Jadi pastikan komputer tidak mengalami masalah-masalah seperti yang telah disebutkan diatas.

Jika Anda masih menghadapi masalah komputer terlalu panas, berikut adalah beberapa poin yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikannya :

  • Buka kabinet komputer, periksa daerah dekat prosesor, jika bersihkan kemungkinan adanya debu yang terkumpul. 
  • Periksa kinerja fan, jika bersuara berisik, kemungkinan bisa menghambat putaran. Lumasi, kalau perlu diganti dengan yang baru. Lihat melalui BIOS, berapa putaran fan porsesor (ideal 40000rpm).
  • Panas berlebih sering terjadi karena spesifikasi komponen tertentu yang jauh lebih tinggi daripada yang lain. Misalnya, jika Anda telah mengganti hardware spesifikasi yang berbeda untuk meningkatkan kinerja PC ,  atau  komponen yang bekerja pada tegangan yang lebih tinggi atau siklus clock yang lebih tinggi. Maka perlu untuk mempertimbangkan kembali, apakah Anda harus mengubah pengaturan atau bahkan mengganti komponen .

Jika masalah overheating tidak pergi bahkan setelah mencoba semua langkah-langkah ini , sepertinya Anda harus membawa perangkat komputer Anda kepada teknisi komputer berpengalaman. Karena masalah-masalah pada komputer bisa menjadi lebih  kompleks.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *