Apakah kelebihan bensin Pertamax dibanding bensin premium?

Kelebihan bensin pertamax, bensin pertamaxSemua pasti sudah pada tahu jika Pertamax itu adalah jenis Bahan Bakar Minyak untuk kendaraan yang tidak disubsidi oleh pemerintah, sehingga harganya bisa menjadi dua kalilipat lebih dari harga BBM bersubsidi. Ada yang bilang jika kendaraan tertentu harus menggunakan pertamax,karena harus menyesuaikan dengan spesifikasi mesin yang diisyaratkan oleh pabrikan. Hal ini pada umumnya berlaku untuk kendaraan berkelas high end, atau kebanyakan keluaran tahun 90-an keatas.

Advertisement

Lalu bagaiamana jika pertamax digunakan untuk bahan bakar kendaraan yang keluaran dibawah tahun itu?, Atau apa akibatnya jika kendaraan yang menurut pabrik seharusnya menggunakan pertamax tapi diisi dengan premium?..
Jawabannya akan kita sampaikan diakhir artikel ini, namun sebelum itu marilah kita bahas lebih jauh, apa sih pertamax itu?..

Apakah pertamax, dan apa kelebihannya ?

Pertamax adalah,

Menurut wikipedia, pertamax adalah jenis BBM yang dikeluarkan pada tahun 1999 sebagai pengganti bahan bakar premix 98. Hal ini karena premix dinilai mengandung unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan. Pertamax diperkenalkan sebagai kualitas bahan bakar tertinggi yang tidak mengandung Timbal, serta juga diberikan zat aditif pelengkap yang bertujuan  untuk membantu membersihkan ruang bakar dan Intake Valve Port Fuel Injector. Dengan demikian sistem injektor bahan bakar tidak cepat tersumbat oleh kotoran, dan ruang bakar mesin juga tidak  cepat dipenuhi oleh deposit hasil pembakaran. Selain itu, pertamax memiliki oktan tinggi yaitu RON 92 (Research Octane Number), sehingga cocok untuk mesin dengan perbandingan kompresi yang tinggi.

Lihat Juga :  Tips Ngecek Mobil sebelum digunakan

Kelebihan pertamax

  1. Pertamax memiliki nilai oktan(tingkat bakar) 92, sementara premium memiliki angka oktan 88. Dengan demikian lebih mudah terbakar daripada premium, sehingga mesin lebih responsif bertenaga dan bebas ngelitik.
  2.  Pertamax juga diberikan aditif generasi terbaru yang akan memastikan ruang bakar dan sistem bahan bakar tetap bersih. Hal ini sangat penting terutama untuk mesin yang mengunakan sistem injeksi atau EFI, dimana sedikit saja adanya kotoran yang menyumbat, maka akibatnya bisa sangat mengganggu kinerja mesin.
  3. Pertamax tidak mengandung timbal atau logam berat lain, sehingga akan menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan lebih aman bagi kesehatan manusia. Selain itu, bensin tanpa timbal akan menjaga ruang bakar dari deposit yang bisa menurunkan performa mesin.

Mesin kendaraan terbaru pada umumnya diharuskan oleh pabrikan untuk menggunakan bahan bakar bebas timbal, artinya pertamax adalah bahan bakar yang paling cocok untuknya. Hal ini karena mesin keluaran terbaru rata-rata sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi (EFI), dan menggunakan perbandingan kompresi yang tinggi.

Apa akibatnya jika mesin yang dianjurkan menggunakan bensin bebas timbal(pertamax), akan tetapi dipaksa menggunakan premium?

Mesin mobil keluaran baru pada umumnya sudah mengadopsi sistem bahan bakar Injeksi. Akibat yang paling umum adalah injektor lebih cepat kotor, bahkan sangat mungkin bisa tersumbat. Hal ini karena premium mengandung unsur timbal, tanpa aditif, serta memiliki tingkat oksidasi yang tinggi. Akibat dari tingginya kandungan timbal pada premium ini juga akan mengakibatkan Ruang bakar mesin lebih cepat ditimbuni oleh deposit kerak hasil pembakaran. Jadi tak usah ditanyakan lagi tentang umur pakai dan performa mesinnya.

Lihat Juga :  Perbedaan Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza

Bagaimana jika pertamax digunakan untuk mesin kendaraan yang sebenarnya tidak dianjurkan menggunakan pertamax?

Tentu saja performa mesin akan meningkat, karena nilai oktan pertamax jauh lebih tinggi dari premium. Oktan yang tinggi pada pertamax membuat pembakaran menjadi lebih sempurna, sehingga tarikan gas mesin menjadi semakin responsif dan bebas ngelitik. Sementara itu, menggunakan pertamax juga akan membuat karburator selalu bersih, serta ruang bakar bebas dari deposit hasil pembakaran. Terutama jika untuk motor yang sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi -EFI. Tidak harus setiap kali, misalnya untuk pemakaian motor pada waktu atau penggunaan tertentu, memakai pertamax akan sangat membantu, misalnya jika ingin motor lebih kenceng atau untuk menapaki medan yang lebih berat.

Pembakaran mesin yang sempurna dan bahan bakar bersih bebas timbal, juga akan menghasilkan emisi gas buang yang rendah. Artinya, menggunakan pertamax juga ikut serta dalam melestarikan kesehatan lingkungan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *