Apa perbedaan signal modem, EVDO, CDMA 1X, dan Hybrid?

Modem dan enternet, dua hal yang tak mungkin bisa dipisahkan. Segala permasalahan tentang modem menjadi sangat menarik, apalagi bagi yang peduli dengan kecepatan akses. Banyak sekali jenis modem, namun yang paling simpel dan memasyarakat adalah modem USB wireless, atau mobile modem dsb. Lebih spesifik lagi adalah dengan keberadaannya modem CDMA. Modem yang menggunakan jaringan CDMA dikenal paling murah, bahkan kecepatannya yang tak kalah cepat dari modem GSM sehingga paling banyak diminati.

Advertisement

Dalam perangkat modem CDMA pun masih dibagi lagi menjadi beberapa, yaitu CDMA  mendukung teknologi EVDO Rev. A dan yang mendukung EVDO Rev. B. Mana yang terbaik?,,, tentu saja yang menggunakan teknologi EVDO Rev.b, karena ini adalah pengembangan dari teknologi EVDO Rev. A. Masalah harga?, tentu saja berbeda. Hal ini merupakan pilihan yang bisa dipilih, tentu saja harga perangkat juga berbeda.


Bagaimana dengan dukungan jaringan operator?..
Kebanyakan pemain utama modem CDMA sudah mendukung akan teknologi EVDO.


Mana yang harus saya pilih?….
Kalau menurut saya tentu saja pilih yang mendukung EVDO Rev. B, biar dikata perangkatnya mahal dikit, namun kita tak akan menyesal oleh kecepatan akses yang ditawarkan.


Apakah saya harus memilih yang EVDO Rev B?,,,
Tunggu dulu!..Pertanyaannya adalah, “apakah jaringan BTS operator CDMA yang Anda gunakan itu mendukung teknologi ini?…..”
 Sebab, jaringan EVDO Rev. A atau yang B belum tentu disupport didaerah Anda.  Pada umumnya jaringan yang mendukung teknologi EVDO ini hanya BTS yang ada didaerah perkotaan padat penduduk. Alasannya?,,, tentu saja karena semakin banyak penduduk, maka semakin banyak pula penggunanya. Semakin banyak pengguna, tentu akan semakin berat beban jaringan dalam melayani permintaan akses data. Untuk itulah, maka diberikan prioritas layanan yang lebih baik, dengan tujuan agar kenikmatan pengguna tak terganggu oleh leletnya akses jaringan.

Perbedaan signal modem, EVDO, CDMA 1X, dan Hybrid

Namun jangan khawatir, karena umumnya setiap perangkat yang sudah mendukung EVDO, masih diberikan untuk memilih mode jaringan yang mendukung CDMA1x, EVDO atau  Hybrid. Disinilah mari kita bahas, apakah maksud dari ketiga Mode tersebut berikut.

Lihat Juga :  Cara mengetahui Windows 7, 8, vista, XP, apakah 32 bit atau 64 bit

Mode jaringan CDMA 1X

Ini adalah mode standard akses jaringan internet yang disediakan oleh operator CDMA, dan pasti disediakan diseluruh daerah yang dijangkau. Dalam hal kecepatan internet, CDMA 1X ini berada pada kecepatan akses data yang disebut GPRS. GPRS adalah kependekan dari General Packet Radio Service, yaitu merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan nirkabel. GPRS merupakan teknologi pengganti yang lebih cepat, daripada teknologi sebelumnya yaitu Circuit Switch Data atau CSD.
Sistem GPRS ini digunakan untuk mendukung perangkat selluler agar dapat melakukan transfer data seperti e-mail, data yang berupa gambar (MMS), serta akses WWW atau internet. Hasilnya, GPRS seperti yang kita kenal adalah sama dengan apa yang disebut dengan teknologi 2,5G.
Kecepatan data yang ditawarkan oleh GPRS maksimal yaitu rata-rata maksimal hingga 153 kbps.  Dengan kecepatan yang hanya mampu segitu, tentu saja sangat lemot jika digunakan untuk mengakses situs jaman sekarang. Saat ini teknologi browser sudah semakin variatif, sehingga desain-desain situs masa kini harus mengikuti. Lalu apa hubungannya?,,, Semakin halaman situs bervariasi dan memiliki antarmuka yang semakin interaktif, maka data yang dikirimkan juga akan semakin besar. Untuk itu, teknologi akses jaringan juga harus mengikutinya.

Kelebihan mode CDMA 1x, adalah modem masih bisa dilakukan untuk melakukan komunikasi lain, yaitu telepon dan SMS, selain akses internet. Tentu saja, karena ini adalah mode penggabungan GPRS dan telepon seluler.

Mode jaringan EVDO

EVDO adalah teknologi yang diberikan oleh operator jaringan CDMA terbaru, yang menjanjikan kecepatan yang kisarannya rata-rata sama dengan jaringan 3G atau HSDPA( High Speed Downlink Packet Access) pada jaringan operator GSM. Kecepatan akses yang djanjikan oleh teknologi EVDO ini oleh beberapa opsel adalah hingga bisa mencampai 3.1 Mbps!. Benarkah demikian?…… Belum tentu, karena pada kenyataannya EVDO masih seringkali bisa dikatakan lelet, atau sangat jauh dari 3.1 Mbps.

Lihat Juga :  Apa perbedaan antara HTTP dan HTTPS?

Hal ini kenapa?…..
EVDO adalah teknologi akses yang terbatas hanya dari BTS dan perangkat modem Anda, dan memang lebih baik dari teknologi CDMA 1x. Namun Tak hanya itu saja yang dibutuhkan agar kita bisa mengakses internet dengan cepat. Masih ada faktor lain yang menentukan kecepatan, yaitu kepadatan trafik jaringan ISP, kepadatan trafik internet, kondisi BTS, spek modem dan bandwidth server. Itulah kenapa. Kadang signal EVDO bagus, namun kecepatan internet rendah.

Jika Anda mengaktifkan mode EVDO, maka modem anda tak akan bisa digunakan untuk melakukan panggilan, dipanggil, SMS atau menerima SMS. Karena ini adalah khusus untuk akses data.

Mode Hybrid

 Ini adalah mode atau fitur yang ditawarkan oleh perangkat modem Anda, terlepas dari teknologi CDMA 1x dan EVDO. Hal ini bertujuan sebagai SWITCH otomatis, yaitu perpindahan antara mode EVDO dan Mode CDMA 1x. Maksudnya begini: Signal EVDO itu mungkin tak selalu tersedia, kadang ada dan kadang tidak ada. Jika Anda mengaktifkan mode Hybrid, maka perpindahan antara mode EVDO dan CDMA 1x akan berlangsung secara otomatis. Perangkat modem Anda akan terus mendeteksi keberadaan signal EVDO, jika signal EVDO tersedia, maka ia akan melakukan switching dengan sendirinya.

Kelebihannya adalah, kemungkinan akses terputus secara tiba-tiba sangat kecil, serta modem masih bisa digunakan untuk telepon dan SMS melalui PC. Kekurangannya, perangkat modem akan selalu bekerja lebih keras untuk mendeteksi keberadaan signal EVDO. Hal ini bisa berpengaruh terhadap umur modem. Gunakan pilihan ini jika signal EVDO ditempat Anda seringkali timbul tenggelam. Atau justru lebih baik tak menggunakan Mode hybrid, melainkan hanya mode CDMA 1X, agar modem bisa lebih awet.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

2 thoughts on “Apa perbedaan signal modem, EVDO, CDMA 1X, dan Hybrid?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *