Perbedaan TV Tabung,TV LCD atau TV LED

No comments :

Advertisement
Teknologi terus berkembang,metode lama akan digantikan dengan metode baru yang diharapkan lebih efisien dan lengkap.Namun tidak selalu metode lama akan ditinggalkan secara serta merta begitu saja digantikan oleh metode baru.Khususnya dalam teknologi pada layar pesawat televisi,walaupun teknologi terbaru sudah tersedia namun metode teknologi sebelumnya masih tetap ada dipasaran.Walaupun teknologi terbaru tentu saja lebih baik,namun kebanyakan calon pembeli masih bingung pilih yang mana yang terbaik diantara TV LED,TV LCD, dan TV Tabung.Walaupun pada umumnya metode baru tentu lebih baik,namun bukan berarti sempurna dan tak bisa tertandingi oleh metode lama.Pasti ada kekurangan dan kelebihan diantara masing masing jenis yang ada.

Berikut ini akan kita bahas dilihat dari sistem/cara kerja masing masing teknologi tampilan Televisi seperti Tabung CRT,LCD dan LED.Sehingga bagi anda yang masih bingung untuk membeli televisi bisa dengan pasti menentukan, manakah teknologi Layar televisi yang cocok buat anda.
Perbedaan TV Tabung,TV LCD atau TV LED
IMG source: flickr

Cathode Ray Tube (CRT) atau TV Tabung

CRT TV menghasilkan gambar dengan cara pelepasan elektron setelah katoda tabung dipanaskan oleh pin heater.Elektron Yang dilepaskan ini diarahkan oleh magnetik ke arah permukaan tabung yang dilapisi oleh fosfor RGB(Red,Green,Blue).Apabilah electron elektron tersebut bertabrakan dengan lapisan fosfot yang berada di bagian depan CRT (screen) fosfor maka elektron akan berpendar,dan kita akan melihat warna pada layar TV.Elektron-elektron yang dilepaskan ini terlebih dahulu di defleksikan oleh alat deflection.Nah kira kira seperti itu proses dasar pembentukan gambar pada TV CRT.
Kelemahan:
Kelemahan dari TV tabung adalah layar CRTnya yang terlalu banyak makan ruang, sehingga bentuk dari TV tabung selalu besar dan disamping itu bobotnya lebih berat.
Selain itu konsumsi daya yang diperlukan untuk membangkitkan gambar juga masih sangat besar.Plyback pada tv tabung adalah berfungsi untuk membangkitkan arus listrik rumahan yang beberapa ratus volt menjadi ribuan volt.
Kelemahan TV tabung yang lain adalah efek cahaya yang ikut diterima oleh mata juga besar,sehingga terlalu dekat dan sering menonton TV dengan tabung CRT juga tak baik buat mata.
Kelebihan:
Kalau dibandingkan dengan teknologi layar LCD, mungkin tidak ada keunggulan lainnya selain lebih awet.Namun awet atau tidaknya tergantung juga dengan cara merawat dan menggunakannya.Cara membersihkan layar CRT mungkin juga lebih mudah, jika dibanding membersihkan layar TV LCD dan LED.

TV LCD

LCD adalah teknologi tampilan terbaru setelah layar TV tabung.
LCD adalah kependekan dari Liquid Crystal display, dibuat dari crystal liquid, yang dimasukkan ke dalam ruang di antara dua cermin berbentuk piringan. Gambar dalam LCD dibuat oleh Banyaknya tenaga elektrik yang diaplikasikan ke dalam crystal inilah yang akan menghasilkan gambar.
Layar TV LCD menggunakan backlight CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamps)
Kelebihan layar televisi LCD dengan CRT adalah layarnya yang tidak banyak memakan ruang sehingga bisa diproduksi lebih tipis dan ringan.
Gambar yang dihasilkan pun memiliki piksel yang lebih rapat,jauh jika dibandingkan dengan televisi tabung.Dengan demikian gambar yang dihasilkan pun jauh lebih jernih daripada tv tabung.Selain itu mata pemirsa juga lebih nyaman, walaupun menonton layar LCD lebih lama dari layar CRT.
Masalah konsumsi daya, LCD 21inch hanya memakan daya sekitar 22 watt.Sementara CRT bisa mengkonsumsi daya hingga 80 watt dengan ukuran layar yang lebih kecil.

TV LED

TV Layar tampilan LED jauh lebih baik lagi dibanding dengan LCD dari segi kualitas gambar.Perbedaan pada kedua teknologi tampilan ini hanya terletak pada back lightingnya saja.Kalau LCD tadi menggunakan backlight CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamps),sementara TV Layar LED menggunakan backlight dari lampu LED (ligh emiting diode).Keunggulan backlight LED (layar LED) ini dapat mengangkat kapasitas resolusi pada layar menjadi berlipat ganda dibanding layar LCD.Televisi berteknologi layar LED juga memiliki dynamic contrast ratio yang mencapai jumlah ribuan kali lipat.Itulah yang menyebabkan kenapa layar LED jauh lebih bagus dalam menghasilkan gambar daripada layar LCD.
Dari segi konsumsi daya,layar LED juga lebih irit 30% daripada layar LCD.Usia pakai layar LED juga relatif lebih tinggi dari layar LCD dan layar CRT/Tabung.
Kelemahan: Kelemahan mungkin hanya terletak pada harganya jika dibanding dengan TV LCD.Harga TV LED lebih tinggi sekitar 5% dari harga TV LCD.

Tips merawat TV LCD dan LED

Perawatan pada layar TV LED dan LCD harus lebih sedikit diperhatikan.Agar bisa awet,berikut tipsnya:
  • Letakkan TV ditempat jauh dari debu dan tidak lembab.
  • Berikan sirkulasi udara yang cukup diantara TV dan dinding (beri jarak sekitar 10-20cm.Kurangnya sirkulasi udara bisa menyebabkan panas berlebih pada kedua jenis layar ini.
  • Bersihkan layar LED/LCD yang berdebu/kotor hanya dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD.Dan gunakan alat lap kain yang halus seperti kain flanel untuk membersihkan kacamata yang sudah dibasahi dengan cairan pembersih.
Silahkan menentukan mana jenis televisi yang sesuai untuk anda tonton bersama keluarga.
Advertisement

Post a Comment

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com