Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

Untuk membuat blog yang ramah SEO itu tidak hanya dilakukan dalam mengoptimasi onpage saja.Boleh jadi template blog sudah ringan,cara melakukan posting sudah bagus dan katakunci artikel sudah memadai.Namun yang tidak kalah pentingnya adalah terus memantau kesehatan situs di webmaster tool.Sebab kita tidak tahu masalah masalah besar yang tak tampak oleh mata dihadapi oleh blog kita.

Salah satu masalah kesehatan situs terbesar yang sering tak disadari adalah terjadinya banyak sekali error 404.
Error 404 yang terlalu banyak bisa memberatkan blog untuk mendapatkan posisi pencarian yang terbaik.Hal ini karena bot menilai dan kemudian mengindikasikan bahwa blog kamu adalah situs yang tidak informatif sehingga tidak memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna.Pada keadaan yang lebih parah, situs akan dianggap tidak layak untuk menempati posisi top ten dalam hasil pencarian.

Bukannya saya sok pintar atau soktahu,cuma sekedar menyadur pendapat dari orang lain.Namun hal ini sudah saya alami sendiri beberapa waktu lalu.
Kejadian yang pernah saya alami tersebut berawal dari domain ini(spiderbeat.com), yang sebelumnya adalah domain untuk wp dan kemudian  saya pindahkan  untuk custom blogger.
Nggak tanggung tanggung ,error halaman yang terjadi mencapai ratusan dari permalink halaman blog wp sebelumnya.Cukup lama saya mengatasi hal tersebut sekitar 3 bulanan baru selesai.
Karena penyebabnya hanya dikarenakan oleh permalink wp  yang lama,saya hanya cukup menggunakan robots.txt.
Nggak mungkinlah saya menghapus secara manual link link error 404 tersebut 1 per 1 karena jumlahnya mencapai ratusan.Dan Saya terpaksa harus mau nunggu selesai secara otomatis oleh robots.txt.
Dan Setelah semua error 404 habis,postingan menjadi lebih cepat terindex.

Penyebab error 404 webmaster tools

Kenapa hal ini bisa terjadi?,,,,ada 2 penyebab utama:

1.Link/postingan yang terhapus atau dihapus.
Postingan yang dihapus sudah pasti akan menimbulkan error 404.Kalau tidak segera diatasi akan lama sekali untuk bisa hilang dengan sendirinya.

Tips mencegahnya: Sebelum yakin untuk melakukan posting,sebaiknya dipikir baik baik, apakah artikel tersebut memang sudah layak untuk diterbitkan menurut kamu.Jadi jangan sampai nanti kamu menghapus postingan tersebut gara gara postingan tidak bagus.

Masalahnya, postingan yang sudah dishare kemana mana biasanya sangat sulit dihilangkan dari index.Karena setiap ada yang mengunjungi postingan yang sebenarnya sudah dihapus ,akan tetap memunculkan kembali error 404 webmaster tools.Semakin lama umur postingan tersebut,maka semakin tidak bagus jika kamu menghapusnya.

2.Kelakuan pengunjung mengetikkan alamat permalink dan kesalahan url dalam memberikan backlink.
Jika ada seseorang atau kamu sendiri salah mengetikkan url permalink postingan ,maka akan mengakibatkan index error 404 diwebmaster.

Baca Juga :  Cara Mudah Install SSL HTTPS Gratis CERTBOT di NGINX Debian 7 wheezy

Contohnya:
Permalink yang benar adalah http://namablogku.com/2012/07/cara-menghilangkan-error/ ,kamu salah memasukkan alamat yang benar menjadi http://namablogku.com/2012/07/cara-menghilangkan-error

Kesalahan menaruh URL backlink: ini yang bisa berakibat sangat sulit untuk dihapus.Misalnya jika ada orang yang share artikel kamu, tapi salah dalam menuliskan URL permalink yang benar.
Bisa juga ada yang copas artikel kamu tersebut,maksudnya sebenarnya baik yaitu memberikan backlink untuk artikel kamu yang dicopas.Tapi dia salah/tidak lengkap dalam menaruh url postingan yang dimaksud.
Selama masih ada yang mangakses url permalink yang salah tulis dari blog kamu tersebut,maka selama itu pula error 404 akan selalu muncul.

Jalan satu satunya adalah terus memantau kesehatan situs dari masalah error 404 diwebmaster tools.Dan harus mau rajin rajin dan tidak bosan melakukan request penghapusan secara  rutin.

penting untuk diperhatikan bahwa, jangan sampai error 404 webmaster tools ini menumpuk hingga 40% dari jumlah seluruh published artikel.Usahakan seminimal mungkin,kalau bisa hingga 0,00 %.


Penyebab lain lain:
Biasanya ini menimpa blog WP hosting sendiri,jika hosting tempat menyimpan blog tersebut kurang tangguh juga bisa menyebabkan banyak 404 error.Karena hosting yang kurang tangguh akan mengalami down, jika terlalu banyak resource yang keambil oleh situs yang dihotingnya.Kalau yang ini, solusi satu satunya adalah pindah ke webhosting yang  benar benar tangguh.

Cara menghapus error 404 di webmaster tools

1.Login ke webmaster tools google -> Pilih blog mana yang akan diatasi error 404nya.

2.Lihat,jika ada error klik di area “kesalahan perayapan”

Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

3.Klik di area “Tidak ditemukan”

Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

4.Lihat daftar halaman /url yang error 404 (tak ditemukan)

Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

5.Sementara liha di bar sebelah kanan,pengoptimalan -> Buka “Hapus Url” pada new tab (jendela baru)

Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

6.Sementara kembali pada langkah no 4 (lihat gambar pd langkah 4),Klik satu url error yang akan di hapus dari index,kemudian Salin alamat url(klik kanan copy) .

Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

7.Paste kan alamat url yang sudah dicopy tadi (langkah ke 6) -> Klik terus.Lakukan proses permintaan penghapusan sampai selesai.

Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

8.Lihat pada langkah ke enam.Jika langkah no 7 selesai,jangan lupa klik “Tandai sudah diperbaiki” -> Ok.

Teruskan untuk menghapus semua url yang error seperti pada langkah 6,7,8 hingga habis.Biasanya fix error masih pending, dan biasanya harus nunggu  keesokan harinya baru request penghapusan url ini sudah terpenuhi.

Demikian salah satu optimalisasi blog agar seo friendly,agar mendapatkan prioritas untuk menempati posisi yang terbaik.

Tags:

23 Comments

  1. Kopi hitam September 25, 2018
    • Supri September 25, 2018
  2. Booking Villa Lembang Desember 17, 2016
    • Supri Januari 27, 2017
  3. Kusuma rini Oktober 3, 2016
    • Supri Januari 27, 2017
  4. muhardilla irfana Agustus 28, 2016
  5. Uhen Hendrayana Februari 22, 2016
  6. Cleo Patria April 20, 2015
    • Supri Adi Mei 4, 2015
  7. Ali April 2, 2015
  8. game pc Januari 27, 2015
  9. Rolli putra Desember 23, 2014
  10. edysan November 19, 2014
  11. Intan Widasari November 8, 2014
  12. arief Juli 31, 2014
  13. JANGKTREK69 Mei 15, 2014
  14. pinwhell Desember 21, 2013
    • Supri Adi Desember 21, 2013
  15. Darminto Oktober 5, 2013
  16. M. Sofyan Daud Maret 2, 2013
  17. Sarip Usman November 25, 2012
    • Supri Adi November 25, 2012

Leave a Reply