Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

Untuk membuat blog yang ramah SEO itu tidak hanya dilakukan dalam mengoptimasi onpage saja.Boleh jadi template blog sudah ringan,cara melakukan posting sudah bagus dan katakunci artikel sudah memadai.Namun yang tidak kalah pentingnya adalah terus memantau kesehatan situs di webmaster tool.Sebab kita tidak tahu masalah masalah besar yang tak tampak oleh mata dihadapi oleh blog kita.

Advertisement

Salah satu masalah kesehatan situs terbesar yang sering tak disadari adalah terjadinya banyak sekali error 404.
Error 404 yang terlalu banyak bisa memberatkan blog untuk mendapatkan posisi pencarian yang terbaik.Hal ini karena bot menilai dan kemudian mengindikasikan bahwa blog kamu adalah situs yang tidak informatif sehingga tidak memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna.Pada keadaan yang lebih parah, situs akan dianggap tidak layak untuk menempati posisi top ten dalam hasil pencarian.

Bukannya saya sok pintar atau soktahu,cuma sekedar menyadur pendapat dari orang lain.Namun hal ini sudah saya alami sendiri beberapa waktu lalu.
Kejadian yang pernah saya alami tersebut berawal dari domain ini(spiderbeat.com), yang sebelumnya adalah domain untuk wp dan kemudian  saya pindahkan  untuk custom blogger.
Nggak tanggung tanggung ,error halaman yang terjadi mencapai ratusan dari permalink halaman blog wp sebelumnya.Cukup lama saya mengatasi hal tersebut sekitar 3 bulanan baru selesai.
Karena penyebabnya hanya dikarenakan oleh permalink wp  yang lama,saya hanya cukup menggunakan robots.txt.
Nggak mungkinlah saya menghapus secara manual link link error 404 tersebut 1 per 1 karena jumlahnya mencapai ratusan.Dan Saya terpaksa harus mau nunggu selesai secara otomatis oleh robots.txt.
Dan Setelah semua error 404 habis,postingan menjadi lebih cepat terindex.

Penyebab error 404 webmaster tools

Kenapa hal ini bisa terjadi?,,,,ada 2 penyebab utama:

1.Link/postingan yang terhapus atau dihapus.
Postingan yang dihapus sudah pasti akan menimbulkan error 404.Kalau tidak segera diatasi akan lama sekali untuk bisa hilang dengan sendirinya.

Lihat Juga :  Cara agar template blog menjadi SEO friendly

Tips mencegahnya: Sebelum yakin untuk melakukan posting,sebaiknya dipikir baik baik, apakah artikel tersebut memang sudah layak untuk diterbitkan menurut kamu.Jadi jangan sampai nanti kamu menghapus postingan tersebut gara gara postingan tidak bagus.

Masalahnya, postingan yang sudah dishare kemana mana biasanya sangat sulit dihilangkan dari index.Karena setiap ada yang mengunjungi postingan yang sebenarnya sudah dihapus ,akan tetap memunculkan kembali error 404 webmaster tools.Semakin lama umur postingan tersebut,maka semakin tidak bagus jika kamu menghapusnya.

2.Kelakuan pengunjung mengetikkan alamat permalink dan kesalahan url dalam memberikan backlink.
Jika ada seseorang atau kamu sendiri salah mengetikkan url permalink postingan ,maka akan mengakibatkan index error 404 diwebmaster.

Contohnya:
Permalink yang benar adalah http://namablogku.com/2012/07/cara-menghilangkan-error/ ,kamu salah memasukkan alamat yang benar menjadi http://namablogku.com/2012/07/cara-menghilangkan-error

Kesalahan menaruh URL backlink: ini yang bisa berakibat sangat sulit untuk dihapus.Misalnya jika ada orang yang share artikel kamu, tapi salah dalam menuliskan URL permalink yang benar.
Bisa juga ada yang copas artikel kamu tersebut,maksudnya sebenarnya baik yaitu memberikan backlink untuk artikel kamu yang dicopas.Tapi dia salah/tidak lengkap dalam menaruh url postingan yang dimaksud.
Selama masih ada yang mangakses url permalink yang salah tulis dari blog kamu tersebut,maka selama itu pula error 404 akan selalu muncul.

Jalan satu satunya adalah terus memantau kesehatan situs dari masalah error 404 diwebmaster tools.Dan harus mau rajin rajin dan tidak bosan melakukan request penghapusan secara  rutin.

Lihat Juga :  Cara membuat blog yang Hebat

penting untuk diperhatikan bahwa, jangan sampai error 404 webmaster tools ini menumpuk hingga 40% dari jumlah seluruh published artikel.Usahakan seminimal mungkin,kalau bisa hingga 0,00 %.


Penyebab lain lain:
Biasanya ini menimpa blog WP hosting sendiri,jika hosting tempat menyimpan blog tersebut kurang tangguh juga bisa menyebabkan banyak 404 error.Karena hosting yang kurang tangguh akan mengalami down, jika terlalu banyak resource yang keambil oleh situs yang dihotingnya.Kalau yang ini, solusi satu satunya adalah pindah ke webhosting yang  benar benar tangguh.

Cara menghapus error 404 di webmaster tools

1.Login ke webmaster tools google -> Pilih blog mana yang akan diatasi error 404nya.

2.Lihat,jika ada error klik di area “kesalahan perayapan”

Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

3.Klik di area “Tidak ditemukan”

Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

4.Lihat daftar halaman /url yang error 404 (tak ditemukan)

Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

5.Sementara liha di bar sebelah kanan,pengoptimalan -> Buka “Hapus Url” pada new tab (jendela baru)

Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

6.Sementara kembali pada langkah no 4 (lihat gambar pd langkah 4),Klik satu url error yang akan di hapus dari index,kemudian Salin alamat url(klik kanan copy) .

Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

7.Paste kan alamat url yang sudah dicopy tadi (langkah ke 6) -> Klik terus.Lakukan proses permintaan penghapusan sampai selesai.

Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

8.Lihat pada langkah ke enam.Jika langkah no 7 selesai,jangan lupa klik “Tandai sudah diperbaiki” -> Ok.

Teruskan untuk menghapus semua url yang error seperti pada langkah 6,7,8 hingga habis.Biasanya fix error masih pending, dan biasanya harus nunggu  keesokan harinya baru request penghapusan url ini sudah terpenuhi.

Demikian salah satu optimalisasi blog agar seo friendly,agar mendapatkan prioritas untuk menempati posisi yang terbaik.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

17 thoughts on “Penyebab dan Cara mengatasi error 404 di webmaster tool

  1. Sarip Usman

    gan mau tanya, saya sudah coba remove menurut petunjuk agan di atas, namun setelah beberapa hari error masih tetep ada, dicoba lagi dihapus juga tetep masih ada. aneh juga link nya kayak gini gan http://lintastasik.blogspot.com/r?S-7= , itu akibat apa ya? kira-kira bisa disembuhkan gak? terimakasih sebelumnya 🙂

    Reply
    1. Supri Adi Post author

      Jika not found membandel,silahkan baca lagi poin no 1 baik baik,namun cobalah terus dihapus lagi jika muncul lagi.

      Kadang memang link yang muncul error tuh macem macem,,,bisa jadi itu perilaku pengunjung,salah menaruh link dsb.,,solusinya ya harus dihapus,,,itulah gunanya webmaster tools removal page/URL.

      Memang begitulah tantangannya ngeblog,,dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

      Trims telah mampir :),smoga membantu

      Reply
  2. Darminto

    gan jika Masalah kesehatan yang parah ditemukan di situs Anda permintaan halaman penting telah dihapus di webmaster goole gimana solusinya yah gan?
    mampir dulu ngopi dimari di blog saya gan hehehhe

    Reply
  3. pinwhell

    nah setelah itu pastinya muncul tanda seru bersegitiga warna kuning pada webmastertool yang bertuliskan laman penting telah dihapus? sebenarnya apa kegunaan notifikasi tersebut kang? apakah tidak apa2 jika dibiarkan saja? atau ada cara untuk membenahinya?

    Reply
    1. Supri Adi Post author

      Nah itulah, diatas kan sudah saya jelaskan. Jangan pernah menghapus postingan, lebih baik diganti isi/konten dengan yang baru yang dianggap lebih baik.

      Peringatan tsb bertujuan supaya Webmaster tahu, bahwa ada posting blog yang hilang.Dengan asumsi karena postingan tersebut adalah postingan yang mendatangkan visitor paling banyak, tentu akan mengurangi jumlah pengunjung.

      Tanda seru kuning"lama telah dihapus" itu biasanya karena halaman yang tinggi mendapat kunjungan telah hilang/notfound. Dan tentunya akan merugikan dari segi jumlah pengunjung. Hal ini Bisa juga dikarenakan server down pd saat bot google mengcrawl blog sobat.

      Jika karena server hosting yang bermasalah, bisa dilakukan "fetch as google" diwebmaster tootl, jika down server telah berakhir. Jika karena postingan dihapus, usahakan url postingan tersebut dibuat kembali. Jika memang postingan tersebut memang dikehendaki, kalau hanya 1 saja tak akan berpengaruh terhadap kesehatan blog keseluruhan.

      Thx tlah mampir, moga bisa membantu!

      Reply
  4. Cleo Patria

    Mas, saya baru membangun sebuah website, dan menggunakan websmater tool. Awalnya website saya sudah diindex oleh google, tetapi karena ada penambahan otomatis url pas di pencarian google maka website tersebut saya hapus dari webmaster tool. Selang satu hari saya buka google webmaster ternyata situs saya udah ada tanda pentung merah dan ketika saya check di sandbox checker situs saya udah kena sandbox. Bagaimana cara mengatasinya ya mas, karena yang kena sandbox adalah url situs utama (domain) bukan alamat postingan artikel.

    Reply
    1. Supri Adi Post author

      Menghapus situs di webmaster tool nggak berpengaruh terhadap sandbox, dan perlu diketahui bahwa sandbox checker tool nggak ada yg bisa jamin validitasntya. Sandbox adalah istilah untuk web yang kena tangguhkan dari hasil pencarian, yang bisa disebabkan oleh bermacam hal terutama SPAM. Cek domain Anda di pencarian, ketik "domain.com", jika masih muncul berarti tidak disandbox tapi bisa juga kena dance. Nah untuk itu periksa link balik yang menuju home page Anda, dan jika merasa ada link yang berkualitas rendah(tak relevan, spam link), silahkan didisavov saja – baca caranya disini https://support.google.com/webmasters/answer/2648487?hl=id

      Terimakasih telah berkunjung

      Reply
  5. muhardilla irfana

    kenapa tampilan google webmaster tools saya tidak seperti digambar ya saya kebingungan mengatasinya error 404 itu di laptop saya tidak bisa bisa,mohon jawabannya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *