Akibat komputer sering mati mendadak dan solusi untuk mengatasinya

3 comments :

Advertisement
Masalah lampu mati mendadak, adalah hal yang sudah biasa terjadi di indonesia.Listrik padam tak mengenal waktu, bahkan seringkali tanpa pemberitahuan.Dan ini seperti  seenaknya sendiri, seolah sudah tak peduli dengan kepentingan orang lain.
Itukan menurut kita sebagai pelanggan, sebab PLN juga banyak menghadapi masalah teknis yang tak terduga yang berujung pada pemadaman listrik.

Kalau kita hanya sekdar menonton TV sih, mati listrik pada bukanlah masalah yang begitu besar.Sebab TV juga nggak akan mengalami kerusakan, dan toh itu hanya hiburan semata.
Namun lain halnya ketika kita sedang melakukan pekerjaan komputasi, matinya listrik bisa menjadi masalah tersendiri.

Coba bayangkan, Pekerjaan yang kita lakukan dengan komputer sebenarnya tinggal finish, namun tiba tiba listrik padam yang berujung pada ikut matinya komputer kita.Dan lebih parahnya lagi, hasil kerja kita yang sebenarnya hampir finish tersebut belum disave.
Kejadian seperti itu dulu seringkali kali saya alami.Bagaimana rasanya coba, hasil pemikiran berjam-jam,  dan yang hampir selesai terpaksa harus diulang lagi dari awal.
Saya paling ingat dan tidak pernah lupa adalah ketika sedang menyelesaikan program PHP untuk situs saya.Program tersebut saya karejakan hampir setengah hari, dan sebenarnya hampir selesai untuk dilakukan pengujian.Lalu tiba tiba saja komputer mati mendadak.Saya segera sadar, jika itu karena arus listrik PLN yang putus.Mengingat program yang saya ketik di txt tersebut belum disave,tentu saja akan hilang begitu saja.Mungkin anda sudah bisa membayangkan perasaan saya saat itu, jengkel tapi nggak tahu mau ditumpahkan pada siapa.

Kasus kasus seperti itu mungkin tidak hanya pernah menimpa diri saya saja, dan saya kira banyak yang memiliki pengalaman yang serupa dengan saya.

Selain bisa merugikan hasil pekerjaan kita,  komputer yang mati mendadak bisa berakibat buruk pada komputer .Hal itu dikarenakan program program Sistem Operasi yang tidak ditutup dengan proses shutdown beresiko cepat rusak.Karena pada saat shutdown, komputer akan meregister  ulang  registry.Baca: Pentingnya shutdown saat mematikan komputer.

Jika terlalu sering mati mendadak,saya jamin komputer anda selanjutnya tidak akan bisa bekerja normal lagi.Biasanya ditandai dengan banyaknya terjadi pesan error saat menjalankan software.Itu salah satunya akibat banyaknya kerusakan file sistem operasi komputer karena sering mati mendadak.Bukan hanya sistem operasinya saja,hardisk pada komputer juga bisa fragmentasi dan badsector.
 Pada tahap lanjut anda harus melakukan instalasi ulang sistem operasi komputer,agar fungsinya bisa kembali normal seperti semula.

Namun sekarang saya sudah menemukan solusi untuk mengatasi masalah, jika listrik padam dengan tiba tiba.Sekarang saya kerja dengan komputer sudah tenang, tidak lagi was was mati listrik.Solusinya sangat sederhana,cukup menambahkan perangkat yang bernama UPS sebelum listrik dialirkan ke komputer.
Alat tersebut saat ini sudah banyak dijual ditoko toko khusus komputer, karena semakin banyaknya orang mengeluh pemadaman listrik.Anda bisa memilih model UPS yang disesuaikan dengan kebutuhan komputasi.Jika UPS hanya untuk melindungi satu komputer, pakai model yang kecil saja , dan untuk yang ini harganya hanya sekitar Rp 300 ribuan.

Bagaimana sih cara kerja dari UPS?..

UPS ini memang sebuah alat yang khusus dibuat untuk mengatasi masalah masalah seperti ini untuk komputer.
UPS ini didalamya ada semacam baterai yang bisa di charge.Pada saat anda menjalankan alat ini untuk komputer,secara otomatis alat ini akan melakukan pengisian pada baterai yang ada didalamnya.
Dan jika baterai sudah penuh menyimpan listrik,maka akan switch otomatis akan memutus arus pengisian.
Nah,jika suatu waktu listrik dari PLN terputus maka switch seketika akan otomatis mengarahkan arus dari baterai untuk menghidupi komputer anda.Itu artinya walaupun listrik PLN mendadak padam, komputer anda masih akan tetap hidup karena listriknya disuplay oleh baterai UPS tadi.
Namun ini hanya sementara saja,baterai UPS mampu bertahan hanya sekitar 15 menitan.15 menit tersebut sudah cukup untuk menyimpan hasil pekerjaan sekaligus untuk mematikan komputer sesuai dengan prosedur.
Dengan begitu maka tidak ada lagi rasa kesal akibat padamnya listrik disaat kita sedang bekerja dengan komputer.

Jika anda belum melengkapi komputer anda dengan UPS,direkomendasikan agar bisa kerja dengan lebih tenang.Hal ini terutama bagi yang sering bermasalah dengan arus listrik yang sering padam.
Harganya tidak seberapa dibanding biaya yang terkumpul akibat sering reparasi komputer.

Kalau biasa menggunakan laptop sih tidak ada masalah, karena laptop sudah ada baterainya sendiri.
Advertisement

3 komentar :

  1. gan kalau mati mendadak sekali gara2 UPS ane ga kuat,,, gimana dengan hardisk'y??? apakah masih aman??? hehe masih parno bgt gan,,, udah ganti hardisk 1 kali. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya sekali sih tidak akan terasa akibatnya, lama lama akan terasa pada kinerja jika sudah terlalu sering mati mendadak.Ini dia alsan kenapa komputer harus shutdown, baca klik disini

      Delete
  2. Mau tanya mas UPS bisa melindungi harddisk juga tidak.? maap td ga baca semuanya :).

    ReplyDelete

Arsip

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com