Perbedaan Monitor LED dan LCD

Sudah tahukah Perbedaan Monitor LED dan LCD sekaligus tentang teknologi yang digunakan?

Advertisement

Ketika TV dan monitor komputer masih menggunakan monitor CRT (tabung sinar katoda) ,kehadiran LCD monitor sungguh amat mengesankan. Dominasi CRT telah berakhir dengan kedatangan monitor LCD, Plasma, DLP dan LED TV .
Kita sudah mendengar tentang monitor berbasis cahaya (LED), sekarang mari cari tahu lebih banyak tentang apa itu monitor LED dan bagaimana cara kerjanya.
Monitor jenis LED dan LCD pada dasarnya memiliki banyak kesamaan. Mungkin anda ingin tahu sedikit tentang monitor LED (Light Emitting Diode) dan LCD (Liquid Crystal Display) .

LED dan Monitor LCD
Mari kita mulai membahas perbandingan antara LED dan LCD monitor,  tentang perbedaan mendasar diantara keduanya.

Dasar Perbedaan LED dan LCD
LED dan LCD monitor bekerja berdasarkan pada teknologi yang sama untuk menampilkan gambar, tetapi berbeda hanya pada jenis backlighting digunakan.LED ini menggunakan lampu neon katoda dingin untuk backlighting, dimana dioda memancarkan cahaya.Ini adalah perbedaan utama antara kedua teknologi tampilan.
Jadi monitor LED dalam kenyataannya adalah hasil dari perbaikan atas monitor LCD.

Perbedaan Monitor LED dan LCD
IMG Source www.flickr.com

Tidak seperti monitor CRT yang menghasilkan cahaya mereka sendiri melalui insiden sinar katoda pada bahan fluorescent, layar LCD harus mengandalkan pencahayaan eksternal, tampilan mereka dihadirkan melalui manipulasi cahaya, melewati kristal cair terpolarisasi. Backlighting mempengaruhi kualitas gambar secara substansial dan LED menawarkan kualitas gambar yang lebih superior, dibandingkan dengan LCD.

Hal ini karena LED menawarkan gradasi jauh lebih dalam intensitas dan panjang gelombang spektrum cahaya yang lebih besar, memberikan kualitas warna yang lebih baik. Jenis monitor ini  menawarkan rasio kontras yang lebih baik dinamis juga. Jadi jika Anda Compare LED dan LCD monitor untuk perspektif game dan aplikasi grafis yang intensif, monitor LED adalah pilihan pasti lebih baik, karena mereka memberikan warna yang hidup dan lebih hidup, dengan gradasi yang lebih baik.

Ada dua jenis teknik backlighting LED digunakan. Salah satunya adalah dinamic RGB LED dan yang lainnya adalah edge LED. Sementara untuk LCD,Backlighting LED ditempatkan di belakang TV LCD atau layar monitor, sementara yang kedua menggunakan LED ditempatkan di sekitar tepi monitor, dari mana cahaya dibuat untuk meredakan belakang layar. Karena LED ditempatkan di sekitar lingkaran pada monitor tepi LED, maka hal ini bisa menjadi jauh lebih ramping daripada LCD .

Monitor LED memperbaiki salah satu masalah dasar pada LCD,yaitu adalah ketidakmampuannya untuk menampilkan warna hitam yang benar hitam. LED dapat menghasilkan warna hitam yang benar benar hitam.Dengan mematikan LED sepenuhnya, meningkatkan ‘kegelapan’ dan mampu memberikan proses kontras yang lebih baik.

Konsumsi Daya
Monitor LED adalah teknologi yang sangat baru-baru ini diperkenalkan dan mereka lebih dipilih daripada LCD monitor, karena kualitas gambar yang luar biasa kaya dan kenyamanan untuk mata. Satu keuntungan lagi yang monitor LED yang lebih dari LCD adalah faktor konsumsi daya. Monitor LED membutuhkan daya jauh lebih sedikit untuk mengoperasikan daripada lampu neon katoda dingin. Properti ini dapat dikaitkan dengan kebutuhan energi inheren yang rendah dari LED.

Monitor LED juga  jauh lebih lembut pada mata dari monitor LCD yang membuat orang lebih nyaman bekerja selama berjam-jam pada komputer desktop mereka. Konsumsi daya mereka adalah sebanyak 40% lebih rendah dari monitor LCD konvensional. Mereka juga jauh lebih ramah lingkungan, karena merkuri tidak digunakan dalam produksi mereka. LED lebih lama daripada lampu neon katoda dingin, dengan pengurangan output daya yang keci  yang membuat monitor ini tahan lama.

Biaya
Salah satu faktor utama untuk  teknologi LED adalah faktor harga tinggi. Pembuatan perangkat ini adalah sedikit lebih mahal saat ini dibandingkan dengan LCD. Namun, kesenjangan biaya secara perlahan akan menurunkan ,karena  permintaan untuk LED back-lit terus meningkat, di seluruh dunia. Bahkan komputer laptop masa kini sudah dilengkapi dengan monitor LED.
Hal ini akan membuat biaya untuk pembuatan teknologi ini nantinya akan turun, dan itu pasti akan menggantikan monitor LCD konvensional dalam jumlah besar secara keseluruhan.

Advertisement

Related Post

Sejarah Perkembangan Komputer Pada awalnya komputer dibuat bukanlah untuk media hiburan atau membuka situsĀ  internet, akan tetapi komputer difikirkan manusia untuk memecahkan ...
Cara Menulis huruf Arab di Word 2007 dan 2010 Mungkin kamu sudah sering mendapat kiriman dokumen dalam format word.Dan terkadang ada yang cukup menggelitik rasa penasaran,karena kamu melihat ada t...
Cara Masuk kedalam BIOS komputer Pada saat anda menghidupkan komputer anda apa yang terjadi?.. Lampu lampu pada keyboard menyala dan logo/merk dari komputer anda akan tampil di monito...
Jenis-Jenis Hardisk Komputer Hard disk drive adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data utama komputer. Hardisk termasuk jenis memori utama sebuah kom...

2 thoughts on “Perbedaan Monitor LED dan LCD

  1. suka led tv

    Berarti kesimpulannya LED TV itu kita bayar mahal di awal ya, pas sudah dibeli penggunaan listriknya pun lebih hemat dan banyak aplikasi bisa dimainkan. Kelas LCD mungkin ditengah-tengah, dan TV tabung paling bawah karena harga lebih hemat tapi penggunaan listriknya boros dan tidak support untuk banyak aplikasi.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *