Cara Kerja Router

Cara Kerja Router – Router, adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk mengarahkan lalu lintas data antara dua atau lebih jaringan komputer. Fungsi utama router adalah mengambil paket data dari satu jaringan, memutuskannya, dan mengirimkannya ke jaringan tujuan.

Berikut Pengertian Dan Cara Kerja Router

wireles router

Pengertian Router

Router adalah jenis perangkat keras  dan perangkat lunak dalam jaringan komputer yang bertugas mengarahkan lalu lintas data antara dua atau lebih jaringan. Fungsi utama router adalah memutuskan rute terbaik untuk paket data yang dikirim antar perangkat dalam jaringan dan antar jaringan yang berbeda.

Baca juga : Bagaimana Cara Internet Bisa Bekerja?, Urutan Dan Syaratnya

Berikut adalah beberapa poin inti terkait dengan pengertian router:

Penghubung Jaringan: Router menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda, baik secara nirkabel (wireless) maupun dengan kabel (wired). Dua jenis utama router yang umum digunakan adalah router nirkabel (Wi-Fi router) dan router kabel (Ethernet router). Router modern dapat bekerja dengan kombinasi keduanya wireless dan wired. Ini bisa menjadi jaringan lokal (LAN) di rumah atau kantor, atau jaringan yang lebih besar seperti internet.

Pemutusan Jaringan: Router memutuskan rute lalu lintas data. Ketika sebuah perangkat mengirim data, router memutuskan jalur terbaik untuk mencapai perangkat tujuan, termasuk perangkat di jaringan yang sama atau jaringan yang berbeda.

Paket Data: Data yang dikirimkan melalui jaringan dipecah menjadi paket-paket kecil. Router bekerja pada tingkat paket data, memeriksa dan mengirimkan paket-paket ini ke tempat yang benar.

Tabel Rute: Router menggunakan tabel rute untuk menentukan jalur terbaik untuk paket data. Tabel rute ini dapat dibangun secara manual oleh administrator atau secara otomatis melalui protokol routing.

Protokol Routing: Router menggunakan protokol routing untuk bertukar informasi dengan router lain di jaringan. Protokol ini membantu router memahami topologi jaringan dan menentukan jalur terbaik.

Manajemen Lalu Lintas: Router dapat melakukan manajemen lalu lintas, mengoptimalkan penggunaan bandwidth, mengontrol aliran data, dan memberikan layanan kualitas tertentu (QoS) untuk aplikasi yang memerlukannya.

Keamanan: Router sering dilengkapi dengan fitur keamanan, termasuk firewall, untuk melindungi jaringan dari ancaman luar misalnya peretasan.

Interface Jaringan: Router memiliki berbagai antarmuka jaringan yang mendukung berbagai jenis koneksi, seperti Ethernet, Wi-Fi, dan serat optik.

Router memainkan peran kunci dalam menjaga konektivitas dan mengelola lalu lintas data di dalam jaringan. Baik di rumah, di kantor, atau di tingkat penyedia layanan internet (ISP), router menjadi elemen penting dalam infrastruktur jaringan modern.

Baca Juga :  Apakah SMART TV itu?

Cara Kerja Router – Terjadi dalam beberapa proses

cara kerja router

Penerimaan Paket Data: Ketika sebuah perangkat di satu jaringan mengirim data ke perangkat di jaringan lain, data tersebut dipecah menjadi paket-paket kecil. Setiap paket memiliki informasi tentang alamat tujuan dan asal.

Penentuan Rute: Router memeriksa alamat tujuan setiap paket untuk menentukan rute terbaik untuk mengirimnya. Rute ini dapat ditentukan berdasarkan tabel rute yang dibangun oleh protokol routing.

Tabel Rute: Router memiliki tabel rute yang berisi informasi tentang bagaimana mencapai jaringan tujuan tertentu. Tabel rute ini dapat diperbarui secara dinamis oleh protokol routing atau secara manual oleh administrator jaringan.

Protokol Routing: Router menggunakan protokol routing untuk berkomunikasi dengan router lain dan bertukar informasi tentang jaringan. Protokol ini membantu router untuk memahami topologi jaringan dan memilih rute terbaik berdasarkan informasi tersebut.

Pemilihan Rute Terbaik: Router menentukan rute terbaik berdasarkan beberapa faktor seperti kecepatan, keandalan, dan biaya. Algoritma routing yang digunakan oleh router membantu dalam memilih rute yang paling efisien.

Pengalihan Paket: Setelah router menentukan rute terbaik, paket data dikirimkan ke router berikutnya dalam perjalanan menuju tujuan akhir. Router ini mungkin berada dalam jaringan lokal atau di jaringan yang lebih luas seperti internet.

Penggabungan Kembali Paket: Ketika paket mencapai router tujuan, router ini menggabungkan kembali paket-paket data menjadi data utuh dan mengirimkannya ke perangkat tujuan.

Komunikasi antar Jaringan: Router memungkinkan komunikasi antar jaringan yang berbeda, seperti antara jaringan lokal dan internet. Ini memastikan bahwa data dapat bepergian dengan aman dan efisien antar jaringan yang berbeda.

Kesimpulan

Router adalah perangkat yang menghubungkan dan mengelola lalu lintas data antar jaringan. Ada dua jenis utama router: nirkabel (Wi-Fi) dan dengan kabel (Ethernet). Router nirkabel memanfaatkan teknologi Wi-Fi untuk koneksi tanpa kabel fisik, sementara router dengan kabel menggunakan kabel Ethernet. Router modern seringkali menggabungkan keduanya, memberikan fleksibilitas pengguna untuk terhubung baik secara nirkabel maupun dengan kabel, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Fungsi utama router melibatkan pemutusan rute, tabel rute, protokol routing, manajemen lalu lintas, dan keamanan, menjadikannya elemen kunci dalam jaringan komputer. Demikian cara kerja router, semoga mudah dipahami dan bermanfaat!

Leave a Reply