Tips Merakit Komputer

Merakit komputer bisa menjadi pilihan bagi pengguna yang menginginkan spesifikasi komputer khusus, dimana tidak bisa didapatkan jika membeli komputer jadi.Keistimewaannya, komputer rakitan mudah diupgrade hardware sesuai keinginan dengan biaya yang lebih murah.
Biasanya yang suka komputer rakitan adalah para Gamers, dimana kebanyakan game game sekarang menuntut spesifikasi hardware yang tinggi.Baca: Spesifikasi Komputer untuk Game

Advertisement

Jika Kamu berfikir lebih baik merakit komputer, ini ada tips tips merakit komputer yang perlu diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhan.

Disini ada 6 komponen Utama yang perlu diperhatikan.

CPU/Prosesor

Jika komputer lebih banyak digunakan untuk mendukung software dengan grafis yang berat berat misalnya game, sepertinya AMD adalah prosessor pilihan terbaik.
Akan tetapi jika komputer lebih kepada pemakaian biasa dan awet, intel bisa menjadi pilihan.Keduanya adalah pemain besar di bidang industri CPU.

RAM

RAM merupakan salah satu jenis memori pada komputer.Kegunaan RAM adalah untuk membantu pekerjaan CPU.Oleh karena itu, Kapasitas RAM sangat menentukan kecepatan dari kinerja komputer.Jika komputer digunakan untuk menjalankan program berat berat misalnya game, maka semakin tinggi kapasitas RAM akan semakin baik.Generasi RAM semakin meningkat dari generasi ke generasi, dari DDR, DDR1, DDR2 atau DDR5.RAM generasi terbaru semakin meningkat kecepatan dan kapasitasnya, namun tentu harganya juga semakin meningkat.Pilih RAM komputer sesuai dengan kebutuhan, agar seimbang dengan dana yang dikeluarkan.

Lihat Juga :  Sejarah Microsoft Windows

GPU/VGA

VGA atau Video Graphic Arag adalah hardware komputer yang mendukung akselerasi grafis dan tampilan.Semakin tinggi spesifikasi VGA, maka semakin bagus pula tampilan dan grafis yang dihasilkan.Ukuran kecepatan GPU sama dengan CPU, yaitu diukur dengan satuan (Hz).Ada dua port yang tersedia untuk produk VGA terbaru, yaitu PCI Express dan AGP.PCI Express lebih baik dalam memberikan kualitas tampilan dai AGP.Namun, sesuaikan dengan kebutuhan kamu, sebab harga yang ada juga berbeda jauh.Jika komputer untuk keperluan biasa, pilih VGA yang biasa saja sehingga biaya lebih murah.

Hardisk

Kalau bisa hardisk ini pilihlah yang semakin besar kapasitasnya, walau apapun komputer nantinya akan dipergunakan.Sama saja jika seseorang akan membangun gudang, tentu ingin memiliki gudang dengan daya tampung yang banyak.Hal lainya adalah, software generasi sekarang cenderung memerlukan penyimpanan data yang besar.Namun ingat, sesuaikan dengan anggaran dana untuk merakit komputer yang ada.Akan tetapi tidak ada ruginya jika membeli Hardisk dengan kapasitas yang besar.Justru jika terlalu kecil, biasanya nanti akan timbul penyesalan karena harus membeli lagi yang lebih besar.

PSU/Power Supply

Power Supply adalah hardware komputer yang tak kalah penting.PSU harus disesuaikan dengan spesifikasi hardware komputer vital lainnya, seperti prosessor dan VGA sekelas monster.Jika spesifikasi VGA da CPU tinggi, maka semakin membutuhkan daya yang tinggi dari power supply.Sebab jika PSU tidak memadai, maka akan cepat untuk meleduk karena tidak kuat menyangga beban.Lagi lagi harga juga berbicara untuk menentukan pilihan kepada PSU.Ingat!!! PSU yang abal-abal beresiko tiba-tiba meleduk karena tidak kuat, dan ini bisa berakibat merusak hardware yang lain.

Lihat Juga :  Jenis jenis Memori pada Komputer

Motherboard

Motherboard yang tersedia sangat banyak pilihan dipasaran yang ada.Yang pertama adalah memilih reputasi dari produsen yang terbaik.Dan kedua, pilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu dengan komputer.Misalnya, motherboard A cocok untuk CPU B, atau Motherboard B lebih cocok untuk CPU A.
Sesuaikan kompabilitas motherboard dengan jenis RAM yang akan dipergunakan.Ini berkaitan dengan DANA, soalnya semakin tinggi versi RAM, maka semakin tinggi harganya .Baca : Jenis jenis Memori pada Komputer

Jangan menghemat anggaran tanpa memperhatikan kegunaan komputer, sebab sangat berpengaruh dengan kinerja dan daya tahan/umur komputer.Maunya menghemat, namun justru malah semakin pemborosan.Untuk itu, semoga tips diatas bisa membantu untuk merakit komputer yang sesuai dengan kebutuhan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

2 thoughts on “Tips Merakit Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *