Tips Mengendarai Motor Matic

Motor matic semakin hari semakain diminati, ini terbukti dengan semakin banyaknya yang berkeliaran dijalan.Ada keunggulan, juga ada kelemahan, bergitu juga dengan motor matic. Baca : Keunggulan kekurangan motor matic

Advertisement

Berkendara Aman dan benar dengan motor matic

Cara mengendarai motor matic pun berbeda dengan motor manual, karena karakteristiknya pun juga berbeda .Walaupun motor matic tergolong lebih mudah dikendarai, namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar aman dan motor awet.

1.Saat menstarter mesin

Pada saat starter motor matic menggunakan electrik starter, jangan lupa pegang rem depan belakang dengan kuat kuat. Hal ini agar motor tidak melocat pada saat mesin berhasil hidup.Dan juga, jangan menarik tuas gas dengan berlebihan, kalau perlu tidak usah ditarik.Hal ini karena sistem penghubung mesin dan roda hanya mengandalkan belt, dimana tidak ada posisi gigi netral.

2. Jangan terlalu dipaksa bergerak saat baru start

Pada motor matic biasanya agak berat pada tarikan pertama, hal ini sebenarnya untuk pengamanan pada saat motor distarter.Tarikan pertama yang berat ini karena putaran mesin masih belum mencapai putaran minimum untuk menggerakkan sistem (sentrifugal).jadi, sesuaikan tarikan gas dengan wajar, jangan terlalu dipaksa agar motor lebih awet.

3.Luangkan waktu untuk membiasakan

Bagi yang beralih dari motor manual kepada motor matic, awal awalnya harus bisa menyesuaikan diri dengan baik.Misalnya, letak tuas rem belakang kedua jenis motor ini berbeda.Sebab jangan sampai nanti pada saat membutuhkan rem segera, masih bingung mencari dimana letak rem belakang. Jadi, jika masih baru pertama menggunakan motor matic setelah sebelumnya terbiasa dengan motor manual, luangkan sedikit waktu untuk mengenali sistem pengendali baru dijalanan sepi.

Lihat Juga :  Tips merawat mesin mobil diesel

4. Peruntukan jalan

Walaupun motor matic mampu dipakai pada keadaan jalanan pegunungan, namun alangkah baiknya hanya digunakan pada  jalanan yang mendatar saja biar awet dan aman. Desain motor matic yang rendah, ini merujuk kepada penggunaan pada jalanan yang rata dan mulus saja. Setidaknya untuk teknologi yang ada saat ini, atau pada beberapa model motor matic.

5. Usahakan tidak melintasi turunan curam(pengalaman pribadi)

Jangan dipaksakan motor untuk menuruni turunan yang sangat curam, karena ini bisa sangat berbahaya. Sebab kenapa?,,,,,pada motor matic tidak dilengkapi dengan gear box seperti pada motor manual.Dengan demikian pada saat jalanan menurun pengereman, sistem rem tidak bisa dibantu oleh mesin melalui gearbox.Apalagi jalanan menurun tersebut jaraknya panjang sekali, rem bisa macet dan terbakar karena panas dan memuai.Setidaknya untuk teknologi pada motor matic yang ada hingga saat ini.
Ingatkah pada mobil listriknya Dahlan Iskan?,,,,,Kurang lebih sama dengan sistem rem pada motor matic.Beda dengan motor manual, dimana kita bisa menurunkan gigi percepatan untuk membantu menahan laju motor.Desain motor matic mungkin saat ini hanya untuk jalan mendatar saja.

Demikian tips berkendara dengan motor matic,semoga bermanfaat.Baca juga: Tips aman berkendara sepeda motor, agar memenuhi standar keamanan berkendara dijalan raya.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Tips Mengendarai Motor Matic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *